Adinda F

26 Januari 2023 15:17

Iklan

Iklan

Adinda F

26 Januari 2023 15:17

Pertanyaan

contoh arbitrase


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Marisha A

05 Februari 2023 11:23

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu contoh arbitrase adalah sengketa Indonesia dengan dua perusahaan asing, yakni Planet Mining dan Churchill Mining. Dalam kasus ini, prosedur arbitrase dilaksanakan dengan bantuan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) serta Investor state dispute settlement (ISDS).</p><p>Planet dan Churchill Mining diketahui mengajukan gugatan terhadap pemerintah Indonesia senilai USD 2 miliar. Kejadian ini dilatarbelakangi oleh tindakan pemerintah Indonesia (Bupati Kutai Timur) yang menarik Izin Usaha Pertambangan. Dalam gugatan tersebut, Indonesia dianggap telah melanggar kesepakatan P4M RI-Inggris.</p><p>Namun, saat proses persidangan berlangsung, Planet dan Churchill Mining ternyata terbukti memalsukan dokumen perizinan, sehingga kegiatan investasi yang mereka lakukan termasuk ilegal. Pada akhirnya, Indonesia pun memenangkan kasus sengketa tersebut. Sementara, Planet dan Churchill Mining membayar ganti rugi senilai USD 8,7 juta.</p>

Salah satu contoh arbitrase adalah sengketa Indonesia dengan dua perusahaan asing, yakni Planet Mining dan Churchill Mining. Dalam kasus ini, prosedur arbitrase dilaksanakan dengan bantuan International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) serta Investor state dispute settlement (ISDS).

Planet dan Churchill Mining diketahui mengajukan gugatan terhadap pemerintah Indonesia senilai USD 2 miliar. Kejadian ini dilatarbelakangi oleh tindakan pemerintah Indonesia (Bupati Kutai Timur) yang menarik Izin Usaha Pertambangan. Dalam gugatan tersebut, Indonesia dianggap telah melanggar kesepakatan P4M RI-Inggris.

Namun, saat proses persidangan berlangsung, Planet dan Churchill Mining ternyata terbukti memalsukan dokumen perizinan, sehingga kegiatan investasi yang mereka lakukan termasuk ilegal. Pada akhirnya, Indonesia pun memenangkan kasus sengketa tersebut. Sementara, Planet dan Churchill Mining membayar ganti rugi senilai USD 8,7 juta.


Iklan

Iklan

Dania A

27 Januari 2023 13:11

<p>Haii aku bantu jawab yaaa,aku nemu di brainly.</p><p>arbitrase adalah <strong>cara untuk mencapai sebuah kompromi melalui pihak ketiga, sebab pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri</strong>. Pihak ketiga ini dipilih oleh kedua belah pihak atau badan berwenang.&nbsp;<br>Contoh: Masalah antar karyawan tentang gaji.</p>

Haii aku bantu jawab yaaa,aku nemu di brainly.

arbitrase adalah cara untuk mencapai sebuah kompromi melalui pihak ketiga, sebab pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Pihak ketiga ini dipilih oleh kedua belah pihak atau badan berwenang. 
Contoh: Masalah antar karyawan tentang gaji.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Identifikasikan lima dampak positif konflik sosial!

16

0.0

Jawaban terverifikasi