Lusita L

15 Februari 2024 09:32

Iklan

Iklan

Lusita L

15 Februari 2024 09:32

Pertanyaan

ciri utama dari bagian generator arus searah

ciri utama dari bagian generator arus searah


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 11:35

Jawaban terverifikasi

<p>Bagian generator arus searah memiliki beberapa ciri utama sebagai berikut:</p><p><strong>Komutator:</strong></p><ul><li>Komutator merupakan bagian kunci pada generator arus searah. Ini adalah suatu perangkat berbentuk cakram yang terpasang pada poros rotor. Fungsinya adalah untuk mengubah arah aliran arus dalam gulungan medan belitan sehingga menghasilkan arus searah di luar generator.</li></ul><p><strong>Gulungan Medan Belitan:</strong></p><ul><li>Gulungan medan belitan merupakan kumpulan kumparan yang dipasang pada medan magnet permanen atau medan magnet elektromagnetik. Ketika rotor berputar, gulungan medan belitan memotong garis-garis medan magnet, menghasilkan perbedaan potensial dan arus listrik.</li></ul><p><strong>Koil Rotor:</strong></p><ul><li>Koil rotor adalah bagian rotor generator yang berisi gulungan konduktor. Ketika rotor berputar dalam medan magnet stator, terjadi perubahan fluks magnetik yang menginduksi arus listrik dalam koil rotor.</li></ul><p><strong>Sistem Pengisian:</strong></p><ul><li>Generator arus searah sering digunakan dalam sistem pengisian kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor. Fungsi utama generator dalam konteks ini adalah menghasilkan arus listrik untuk mengisi baterai.</li></ul><p><strong>Kegunaan dalam Aplikasi Tertentu:</strong></p><ul><li>Generator arus searah umumnya digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan arus listrik searah, seperti dalam pembangkit listrik mobil, sistem penerangan darurat, dan beberapa peralatan elektronik portabel.</li></ul><p><strong>Kestabilan Arus:</strong></p><ul><li>Arus yang dihasilkan oleh generator arus searah bersifat stabil dan bergerak dalam satu arah (searah), tidak mengalami perubahan arah seperti pada generator arus bolak-balik (arus AC).</li></ul>

Bagian generator arus searah memiliki beberapa ciri utama sebagai berikut:

Komutator:

  • Komutator merupakan bagian kunci pada generator arus searah. Ini adalah suatu perangkat berbentuk cakram yang terpasang pada poros rotor. Fungsinya adalah untuk mengubah arah aliran arus dalam gulungan medan belitan sehingga menghasilkan arus searah di luar generator.

Gulungan Medan Belitan:

  • Gulungan medan belitan merupakan kumpulan kumparan yang dipasang pada medan magnet permanen atau medan magnet elektromagnetik. Ketika rotor berputar, gulungan medan belitan memotong garis-garis medan magnet, menghasilkan perbedaan potensial dan arus listrik.

Koil Rotor:

  • Koil rotor adalah bagian rotor generator yang berisi gulungan konduktor. Ketika rotor berputar dalam medan magnet stator, terjadi perubahan fluks magnetik yang menginduksi arus listrik dalam koil rotor.

Sistem Pengisian:

  • Generator arus searah sering digunakan dalam sistem pengisian kendaraan bermotor, seperti mobil atau sepeda motor. Fungsi utama generator dalam konteks ini adalah menghasilkan arus listrik untuk mengisi baterai.

Kegunaan dalam Aplikasi Tertentu:

  • Generator arus searah umumnya digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan arus listrik searah, seperti dalam pembangkit listrik mobil, sistem penerangan darurat, dan beberapa peralatan elektronik portabel.

Kestabilan Arus:

  • Arus yang dihasilkan oleh generator arus searah bersifat stabil dan bergerak dalam satu arah (searah), tidak mengalami perubahan arah seperti pada generator arus bolak-balik (arus AC).

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa beb4n penyusutan tidak dilaporkan dalam arus kas pada bagian aktivitas operasi dalam metode langsung

5

0.0

Jawaban terverifikasi