Adilla M

01 September 2020 15:19

Iklan

Iklan

Adilla M

01 September 2020 15:19

Pertanyaan

ciri pengawasan sosial resmi dan tidak resmi !


47

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Nisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

29 Desember 2021 03:58

Jawaban terverifikasi

Hallo Adilla! kaka bantu jawab yaa :) Jawaban dari pertanyaan diatas, ciri dari pengawasan resmi yaitu dilakukan oleh lembaga resmi negara sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan sanksi yang jelas dan mengikat. Sedangkan ciri pengawasan tidak resmi yaitu dilakukan tanpa rumusan aturan yang jelas atau tanpa sanksi hukum yang tegas. Yuk simak penjelasannya! Pengendalian sosial atau pengawasan sosial adalah suatu konfigurasi untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Berdasarkan Pelaku Pengendalian Sosial dibagi menjadi empat yaitu : 1. Pengendalian pribadi, yaitu pengaruh yang datang dari orang atau tokoh tertentu (panutan). Pengaruh ini dapat bersifat baik ataupun buruk. 2. Pengendalian institusional, yaitu pengaruh yang ditimbulkan dari adanya suatu institusi atau lembaga. Pola perilaku lembaga tersebut tidak hanya mengawasi para anggota lembaga itu saja, akan tetapi juga mengawasi dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di sekitar lembaga tersebut berada. Misalnya kehidupan para santri di pondok pesantren akan mengikuti aturan, baik dalam hal pakaian, tutur sapa, sikap, pola pikir, pola tidur, dan sebagainya. Dalam hal ini, pengawasan dan pengaruh dari pondok pesantren tersebut tidak hanya terbatas pada para santrinya saja, namun juga kepada masyarakat di sekitar pondok pesantren. 3. Pengendalian resmi, yaitu pengendalian atau pengawasan sosial yang dilakukan oleh lembaga resmi negara sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan sanksi yang jelas dan mengikat. Pengendalian resmi dilakukan oleh aparat negara, seperti kepolisian, satpol PP, kejaksaan, ataupun kehakiman untuk mengawasi ketaatan warga masyarakat terhadap hukum yang telah ditetapkan. 4. Pengendalian tidak resmi, yaitu pengendalian atau pengawasan sosial yang dilakukan tanpa rumusan aturan yang jelas atau tanpa sanksi hukum yang tegas. Meskipun demikian, pengendalian tidak resmi juga memiliki efektivitas dalam mengawasi atau mengendalikan perilaku masyarakat. Hal ini dikarenakan sanksi yang diberikan kepada pelaku penyimpangan berupa sanksi moral dari masyarakat lain, misalnya dikucilkan atau bahkan diusir dari lingkungannya. Pengendalian tidak resmi dilakukan oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, ataupun tokoh agama yang memiliki kharisma dan dipandang sebagai panutan masyarakat. Terima kasih sudah bertanya dan gunakan roboguru, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Tasya T

03 Oktober 2020 08:16

pengawasan sosial resmi di atur atau di kendalikan dengan bagan2 tertentu yang berada pada bidang tersebut. sedangkan pengawasan sosial tidak resmi adalah pengendalian dengan Lingkungan sekitar contohnya keluarga, kerabat dan teman2


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

suatu penyelesaian konflik dapat dilakukan memalui berbagai metode. salah satunya dengan menghadirkan pihak ketiga. namun, jika pihak ketiga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, maka dapat menunjuk pengadilan. dari uraian tersebut, konflik sosial diselesaikan melalui metode?

24

5.0

Jawaban terverifikasi