Faradilla J

23 Januari 2023 21:53

Iklan

Iklan

Faradilla J

23 Januari 2023 21:53

Pertanyaan

ciri-ciri tindakan sosial tradisional

ciri-ciri tindakan sosial tradisional


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Januari 2024 02:54

Jawaban terverifikasi

<p>Tindakan sosial tradisional memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:</p><ol><li>Bersifat non-rasional: Tindakan sosial tradisional dilakukan karena kebiasaan, tanpa perencanaan secara sadar, dan tidak didasarkan pada pertimbangan rasional.</li><li>Dilakukan karena adat dan kebiasaan: Tindakan sosial tradisional dilakukan karena adat dan kebiasaan yang telah diwariskan dari generasi sebelumnya.</li><li>Berorientasi pada nilai-nilai tradisional: Tindakan sosial tradisional dilakukan untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional yang dianggap penting oleh masyarakat.</li><li>Tidak terlalu terbuka terhadap perubahan: Tindakan sosial tradisional cenderung tidak terbuka terhadap perubahan dan lebih mempertahankan kebiasaan lama.</li><li>Dilakukan secara kolektif: Tindakan sosial tradisional dilakukan secara kolektif oleh masyarakat yang memiliki nilai dan norma yang sama.</li></ol>

Tindakan sosial tradisional memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

  1. Bersifat non-rasional: Tindakan sosial tradisional dilakukan karena kebiasaan, tanpa perencanaan secara sadar, dan tidak didasarkan pada pertimbangan rasional.
  2. Dilakukan karena adat dan kebiasaan: Tindakan sosial tradisional dilakukan karena adat dan kebiasaan yang telah diwariskan dari generasi sebelumnya.
  3. Berorientasi pada nilai-nilai tradisional: Tindakan sosial tradisional dilakukan untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional yang dianggap penting oleh masyarakat.
  4. Tidak terlalu terbuka terhadap perubahan: Tindakan sosial tradisional cenderung tidak terbuka terhadap perubahan dan lebih mempertahankan kebiasaan lama.
  5. Dilakukan secara kolektif: Tindakan sosial tradisional dilakukan secara kolektif oleh masyarakat yang memiliki nilai dan norma yang sama.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Januari 2024 00:44

Jawaban terverifikasi

Tindakan sosial tradisional memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tindakan sosial tradisional: 1. Memiliki akar dan dasar yang kuat dalam budaya dan tradisi masyarakat. 2. Dilakukan berdasarkan norma-norma dan nilai-nilai yang telah ada sejak zaman dulu. 3. Dilakukan secara kolektif oleh masyarakat atau kelompok-kelompok yang memiliki ikatan sosial yang erat. 4. Tidak terlalu banyak perubahan atau pergeseran dalam pelaksanaannya dari generasi ke generasi. 5. Tidak terlalu dipengaruhi oleh perkembangan atau perubahan zaman. 6. Bersifat rutin dan dilakukan secara berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari. 7. Lebih mengutamakan kepentingan kelompok atau masyarakat daripada kepentingan individu. Itulah beberapa ciri-ciri tindakan sosial tradisional. Seiring dengan perkembangan zaman, tindakan sosial tradisional dapat mengalami perubahan atau bahkan menghilang seiring dengan modernisasi dan globalisasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

67

0.0

Jawaban terverifikasi