Velisia Y

17 Juli 2023 14:44

Iklan

Velisia Y

17 Juli 2023 14:44

Pertanyaan

Ciri ciri penyerbukan sendiri, silang, tetangga dan bastar adalah ...

Ciri ciri penyerbukan sendiri, silang, tetangga dan bastar adalah ...

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

23

:

37

:

00

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Cleopatra A

17 Juli 2023 15:13

Jawaban terverifikasi

<p>Penyerbukan Sendiri</p><p>Penyerbukan sendiri terjadi jika serbuk sari dan kepala putik berasal dari satu bunga. Penyerbukan sendiri dapat terjadi pada saat bunga belum mekar atau saat bunga sudah mekar.</p><p>Penyerbukan Tetangga</p><p>Penyerbukan tetangga terjadi jika serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari bunga lain yang masih berada di satu pohon. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara tetangga adalah jagung.</p><p>Penyerbukan Silang</p><p>Penyerbukan silang terjadi jika serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari pohon yang berbeda namun masih tanaman yang sejenis. Penyerbukan silang biasanya terjadi pada tanaman berumah dua seperti melinjo dan pinus</p><p>Penyerbukan Bastar</p><p>Penyerbukan bastar terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda varietas namun masih dalam satu spesies. Contohnya adalah serbuk sari dari jambu batu daging merah menyerbuki putik dari jambu batu daging putih.</p><p>Selain empat jenis penyerbukan tersebut ada pula penyerbukan yang dibedakan berdasarkan faktor bantuan luar yaitu:</p><p>Penyerbukan dengan bantuan angin</p><p>Penyerbukan dengan bantuan air</p><p>Penyerbukan dengan bantuan hewan</p><p>Penyerbukan dengan bantuan hewan.</p>

Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri terjadi jika serbuk sari dan kepala putik berasal dari satu bunga. Penyerbukan sendiri dapat terjadi pada saat bunga belum mekar atau saat bunga sudah mekar.

Penyerbukan Tetangga

Penyerbukan tetangga terjadi jika serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari bunga lain yang masih berada di satu pohon. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya secara tetangga adalah jagung.

Penyerbukan Silang

Penyerbukan silang terjadi jika serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari pohon yang berbeda namun masih tanaman yang sejenis. Penyerbukan silang biasanya terjadi pada tanaman berumah dua seperti melinjo dan pinus

Penyerbukan Bastar

Penyerbukan bastar terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda varietas namun masih dalam satu spesies. Contohnya adalah serbuk sari dari jambu batu daging merah menyerbuki putik dari jambu batu daging putih.

Selain empat jenis penyerbukan tersebut ada pula penyerbukan yang dibedakan berdasarkan faktor bantuan luar yaitu:

Penyerbukan dengan bantuan angin

Penyerbukan dengan bantuan air

Penyerbukan dengan bantuan hewan

Penyerbukan dengan bantuan hewan.


Velisia Y

17 Juli 2023 15:18

Makasih

Iklan

Hmmm H

17 Juli 2023 15:34

Jawaban terverifikasi

<p>*ciri ciri Penyerbukan sendiri:umumnya tidak menghasilkan keturunan yg bervariasi, kepala putik dan benang sari terletak berdekatan, bunganya kecil dan bewarna putih, bunga tidak terbuka jarang terjadi</p><p>*ciri ciri penyerbukan silang:Serbuk sari yang berasal dari tanaman berbeda akan tetapi masih memiliki jenis yang sama,Tanaman cenderung memiliki benang sari yang lebih tinggi atau pun panjang dari putik untuk memudahkan transfer ke individu lainnya,Membutuhkan bantuan abiotik seperti angin dan air dan biotik seperti serangga, burung dan juga kelelawar.</p><p>*ciri ciri penyerbukan tetangga:bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga,serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari bunga lain yang masih berada di satu pohon,anakan yg dihasilkan adalah gabungan sifat kedua induk.</p><p>*Ciri ciri penyerbukan bastar: serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda varietas namun masih dalam satu spesies, bisa menghasilkan spesies baru.</p>

*ciri ciri Penyerbukan sendiri:umumnya tidak menghasilkan keturunan yg bervariasi, kepala putik dan benang sari terletak berdekatan, bunganya kecil dan bewarna putih, bunga tidak terbuka jarang terjadi

*ciri ciri penyerbukan silang:Serbuk sari yang berasal dari tanaman berbeda akan tetapi masih memiliki jenis yang sama,Tanaman cenderung memiliki benang sari yang lebih tinggi atau pun panjang dari putik untuk memudahkan transfer ke individu lainnya,Membutuhkan bantuan abiotik seperti angin dan air dan biotik seperti serangga, burung dan juga kelelawar.

*ciri ciri penyerbukan tetangga:bunga jantan dan bunga betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga,serbuk sari yang menempel pada kepala putik berasal dari bunga lain yang masih berada di satu pohon,anakan yg dihasilkan adalah gabungan sifat kedua induk.

*Ciri ciri penyerbukan bastar: serbuk sari berasal dari bunga tumbuhan lain yang berbeda varietas namun masih dalam satu spesies, bisa menghasilkan spesies baru.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan