Alfiyah N

05 Mei 2024 11:38

Iklan

Alfiyah N

05 Mei 2024 11:38

Pertanyaan

Cermatilah kalimat berikut ini! Upaya evakuasi terus dilakukan Basarnas terhadap belasan petambang masih terjebak di dalam terowongan bawah tanah di Kabupaten Pangandaran. Penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah adalah… A. Basarnas C. petambang B. Evakuasi D. Pangandaran

Cermatilah kalimat berikut ini!
Upaya evakuasi terus dilakukan Basarnas terhadap belasan petambang masih terjebak di dalam terowongan bawah 
tanah di Kabupaten Pangandaran.
Penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah adalah…
A. Basarnas
C. petambang
B. Evakuasi
D. Pangandaran

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

37

:

49

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:23

Jawaban terverifikasi

<p><br>Kata yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan adalah C. petambang. Seharusnya kata tersebut ditulis sebagai "petambang".</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut penjelasannya:</p><p><strong>Basarnas</strong>: Ini adalah singkatan dari "Badan SAR Nasional", yang merujuk pada badan yang bertanggung jawab atas pencarian dan penyelamatan di Indonesia. Penulisan "Basarnas" sesuai dengan aturan penulisan karena itu adalah singkatan yang telah disepakati dan dikenal secara umum.</p><p><strong>petambang</strong>: Ini adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Seharusnya kata ini ditulis sebagai "petambuhan" atau "petambang" (jika merujuk pada pekerja tambang). Kemungkinan terjadi kesalahan ketik atau kesalahan penulisan dalam kalimat tersebut.</p><p><strong>Evakuasi</strong>: Kata ini ditulis dengan benar. "Evakuasi" merujuk pada proses penyelamatan dan pemindahan orang-orang dari tempat yang berbahaya atau darurat.</p><p><strong>Pangandaran</strong>: Ini adalah nama sebuah kabupaten di Indonesia. Penulisan "Pangandaran" sesuai dengan aturan penulisan.</p>


Kata yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan adalah C. petambang. Seharusnya kata tersebut ditulis sebagai "petambang".

 

Berikut penjelasannya:

Basarnas: Ini adalah singkatan dari "Badan SAR Nasional", yang merujuk pada badan yang bertanggung jawab atas pencarian dan penyelamatan di Indonesia. Penulisan "Basarnas" sesuai dengan aturan penulisan karena itu adalah singkatan yang telah disepakati dan dikenal secara umum.

petambang: Ini adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Seharusnya kata ini ditulis sebagai "petambuhan" atau "petambang" (jika merujuk pada pekerja tambang). Kemungkinan terjadi kesalahan ketik atau kesalahan penulisan dalam kalimat tersebut.

Evakuasi: Kata ini ditulis dengan benar. "Evakuasi" merujuk pada proses penyelamatan dan pemindahan orang-orang dari tempat yang berbahaya atau darurat.

Pangandaran: Ini adalah nama sebuah kabupaten di Indonesia. Penulisan "Pangandaran" sesuai dengan aturan penulisan.


Iklan

Kevin L

Gold

05 Mei 2024 12:29

Jawaban terverifikasi

Kalimat: "Upaya evakuasi terus dilakukan Basarnas terhadap belasan petambang masih terjebak di dalam terowongan bawah tanah di Kabupaten Pangandaran." Dari kalimat tersebut, terdapat satu penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah, yaitu: C. petambang Kata "petambang" seharusnya ditulis dengan huruf "p" kecil, bukan "P" besar. Penulisan yang benar adalah "petambang". Alasannya adalah: - Kata "petambang" merupakan kata benda yang menunjukkan orang yang bekerja sebagai penambang. - Dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), kata benda yang menunjukkan pekerjaan atau profesi ditulis dengan huruf kecil, bukan huruf besar. Contoh lain: - Petani, bukan Petani - Dokter, bukan DOKTER - Guru, bukan GURU Jadi, penulisan yang benar pada kalimat tersebut adalah "petambang", bukan "Petambang".


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan