Bella B

03 Mei 2022 01:16

Iklan

Iklan

Bella B

03 Mei 2022 01:16

Pertanyaan

Cermati teks anekdot berikut! (1) Nasrudin berjalan di pasar sambil diikuti sekelompok pengikutnya. (2) Apapun yang dilakukannya, para pengikutnya segera mengikuti. Setiap beberapa langkah, ia akan berhenti kemudian melambaikan tanyanya ke udara, menyentuh kakinya, dan melompat sambil berseru, ”Hu Hu Hu!” Pengikutnya juga berhenti dan melakukan persis sama seperti yang ia lakukan. (3) Salah satu pedagang yang kenal dengan Nasrudin secara diam-diam bertanya kepadanya, ”Apa yang kamu lakukan, kawan lamaku? Mengapa orang-orang ini menirumu?” ”Aku menjadi Sheik Sufi,” jawabnya, ”Mereka ini adalah murid-muridku (pencari kebenaran spiritual). Aku menolong mereka untuk mencari pencerahan.” (4) ”Bagaimana kamu tahu bilamana mereka telah mencapai pencerahan?” tanya si pedagang, ”Itu merupakan yang paling mudah!” jawab Nasrudin. ”Setiap pagi aku menghitung jumlah mereka.” (5) Setiap orang yang tidak datang lagi mereka telah memperoleh pencerahan! c. Tuliskan nomor kalimat yang berupa abstraksi dari teks anekdot tersebut!


72

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Yuliati

Mahasiswa/Alumni STKIP PGRI PASURUAN

28 Juli 2022 01:37

Jawaban terverifikasi

Kalimat yang berupa abstraksi terdapat pada kalimat nomor (1). Teks anekdot adalah teks yang berisi kritikan terhadap seseorang dengan bahasa humoris. Struktur teks anekdot adalah sebagai berikut. 1. Abstrak adalah pembahasan awal dari teks anekdot. 2. Orientasi adalah latar belakang cerita. 3. Krisis berisi konflik. 4. Reaksi menampilkan respon dari tokoh. 5. Koda berisi kesimpulan. Berdasarkan uraian di atas, kalimat yang merupakan abstraksi adalah kalimat nomor (1) Nasrudin berjalan di pasar sambil diikuti sekelompok pengikutnya. Karena berisikan pengenalan tokoh Nasrudin. Jadi, kalimat yang berupa abstraksi terdapat pada kalimat nomor (1).


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, karena beliau menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin. Hadirin sekalian yang berbahagia! Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan pertolongan kita, akan mendapatkan haq-Nya. Perhatikan kalimat berikut! Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini. Kalimat tersebut termasuk …. A. salam pembuka B. ucapan terima kasih C. pengenalan topik D. tema E. judul

799

0.0

Jawaban terverifikasi