Anindita A

11 Agustus 2024 07:29

Iklan

Anindita A

11 Agustus 2024 07:29

Pertanyaan

Ceritakan kembali secara singkat kasus tersebut.Itu termasuk pengalaman sila ke berapa? Sebutkan alasan kalian, termasuk butir butir Pancasila yang relevan dengan kasus tersebut. Tuliskan nilai baik yang kalian dapatkan dari contoh kasus tersebut.

Ceritakan kembali secara singkat kasus tersebut.Itu termasuk pengalaman sila ke berapa? Sebutkan alasan kalian, termasuk butir butir Pancasila yang relevan dengan kasus tersebut. Tuliskan nilai baik yang kalian dapatkan dari contoh kasus tersebut.

 

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

00

:

42

:

21

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

26 September 2024 22:37

Jawaban terverifikasi

<p>Cerita Singkat Kasus:</p><p>Kasus ini menceritakan tentang <strong>Raeni</strong>, anak seorang tukang becak yang berhasil menjadi wisudawan terbaik di Universitas Negeri Semarang dengan IPK 3,96. Meskipun berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, Raeni tidak pernah merasa bahwa kemiskinan adalah hambatan untuk berprestasi. Dia berharap pengalamannya dapat menginspirasi orang lain bahwa orang miskin tidak dilarang untuk sukses. Raeni datang ke acara wisudanya dengan naik becak yang dikayuh oleh ayahnya dan memberikan pidato mewakili para wisudawan. Untuk menambah uang sakunya, Raeni bekerja sebagai asisten di laboratorium ekonomi dan memberikan kursus privat. Selain itu, ia juga mengajar anak-anak mengaji di kampungnya.</p><p>Sila Pancasila yang Terkait:</p><p>Kasus ini termasuk pengalaman yang berkaitan dengan <strong>Sila ke-5 Pancasila: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia</strong>.</p><p>Alasan:</p><p><strong>Keadilan Sosial</strong>: Raeni menunjukkan bahwa semua orang, tanpa memandang latar belakang ekonomi, berhak untuk mendapatkan pendidikan dan kesempatan yang sama untuk berprestasi. Meskipun berasal dari keluarga miskin, Raeni tidak merasa dirinya dibatasi untuk meraih kesuksesan. Ini adalah wujud nyata dari keadilan sosial, di mana setiap individu diberi kesempatan yang adil untuk berkembang.</p><p><strong>Butir Pancasila yang Relevan</strong>:</p><ol><li><strong>Mewujudkan keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.</strong></li><li><strong>Mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia, tanpa memandang status sosial.</strong></li><li><strong>Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan memperjuangkan kesetaraan hak untuk memperoleh pendidikan.</strong></li></ol><p>Nilai Baik yang Dapat Diambil dari Kasus:</p><ol><li><strong>Kerja Keras</strong>: Raeni menunjukkan semangat pantang menyerah meskipun berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.</li><li><strong>Inspirasi untuk Orang Lain</strong>: Kesuksesan Raeni menjadi motivasi bagi orang-orang lain yang mungkin merasa terhalang oleh keterbatasan ekonomi.</li><li><strong>Tanggung Jawab Sosial</strong>: Raeni tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, tetapi juga berkontribusi pada masyarakat dengan mengajar anak-anak mengaji di kampungnya.</li><li><strong>Kemandirian</strong>: Raeni mengambil inisiatif untuk menambah penghasilannya melalui pekerjaan paruh waktu dan membantu keluarganya.</li></ol><p>Kasus ini mengajarkan bahwa dengan tekad yang kuat dan semangat yang tinggi, keterbatasan ekonomi bukanlah hambatan untuk mencapai impian dan membantu orang lain.</p>

Cerita Singkat Kasus:

Kasus ini menceritakan tentang Raeni, anak seorang tukang becak yang berhasil menjadi wisudawan terbaik di Universitas Negeri Semarang dengan IPK 3,96. Meskipun berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, Raeni tidak pernah merasa bahwa kemiskinan adalah hambatan untuk berprestasi. Dia berharap pengalamannya dapat menginspirasi orang lain bahwa orang miskin tidak dilarang untuk sukses. Raeni datang ke acara wisudanya dengan naik becak yang dikayuh oleh ayahnya dan memberikan pidato mewakili para wisudawan. Untuk menambah uang sakunya, Raeni bekerja sebagai asisten di laboratorium ekonomi dan memberikan kursus privat. Selain itu, ia juga mengajar anak-anak mengaji di kampungnya.

Sila Pancasila yang Terkait:

Kasus ini termasuk pengalaman yang berkaitan dengan Sila ke-5 Pancasila: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Alasan:

Keadilan Sosial: Raeni menunjukkan bahwa semua orang, tanpa memandang latar belakang ekonomi, berhak untuk mendapatkan pendidikan dan kesempatan yang sama untuk berprestasi. Meskipun berasal dari keluarga miskin, Raeni tidak merasa dirinya dibatasi untuk meraih kesuksesan. Ini adalah wujud nyata dari keadilan sosial, di mana setiap individu diberi kesempatan yang adil untuk berkembang.

Butir Pancasila yang Relevan:

  1. Mewujudkan keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia, tanpa memandang status sosial.
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan memperjuangkan kesetaraan hak untuk memperoleh pendidikan.

Nilai Baik yang Dapat Diambil dari Kasus:

  1. Kerja Keras: Raeni menunjukkan semangat pantang menyerah meskipun berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.
  2. Inspirasi untuk Orang Lain: Kesuksesan Raeni menjadi motivasi bagi orang-orang lain yang mungkin merasa terhalang oleh keterbatasan ekonomi.
  3. Tanggung Jawab Sosial: Raeni tidak hanya fokus pada dirinya sendiri, tetapi juga berkontribusi pada masyarakat dengan mengajar anak-anak mengaji di kampungnya.
  4. Kemandirian: Raeni mengambil inisiatif untuk menambah penghasilannya melalui pekerjaan paruh waktu dan membantu keluarganya.

Kasus ini mengajarkan bahwa dengan tekad yang kuat dan semangat yang tinggi, keterbatasan ekonomi bukanlah hambatan untuk mencapai impian dan membantu orang lain.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermati teks berikut! Semangat gotong royong Saat ini masyarakat tengah menghadapi cuaca ekstrim akibat musim pancaroba. Musim pancaroba adalah perallihan dari musim panas ke musim hujan, seperti terjadinya hujan deras yang disertai dengan petir dan angin kencang. Kondisi tersebut terjadi di berbagai daerah di indonesia. Bahkan ada beberapa daerah yang dilanda angin puting beliung. Bersyukur kejadian tersebut tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa walaupun kerugian materi yang diderita cukup besar. Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak. Peran para pemuka agama juga cukup besar bagi warga yang terkena bencana, mereka memberikan bimbingan mental atau nasehat agar warga tetap tabah dan tidak patah semangat dalam menghadapi bencana tersebut. Mereka memotivasi warga agar dapat menghadapi bencana tersebut agar dapat bangkit dan segera melakukan tindakan- tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan ke kondisi semula atau bahkan menjadi lebih baik. Pihak pemerintah daerah juga melakukan berbagai upaya pertolongan, seperti pendirian posko pengungsian dan dapur umum serta penyediaan tenaga medis dan tenaga SAR untuk membantu warga yang terdampak. Pemerintah juga segera memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak serta menyediakan bantuan untuk rekonstruksi rumah warga yang rusak. Berkat partisipasi dan tindakan cepat dari berbagai pihak tersebut, proses pemulihan lokasi bencana dapat berjalan dengan baik dan lancar. Wargapun dapat kembali beraktifitas seperti semula Berdasarkan teks semangat gotong royong, perhatikan paragraf pertama pada kalimat "Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak." Kalimat tersebut merupakan contoh dari tindakan sosial yaitu..... A. tindakan afektif B. tradisional C. berorientasi nilai D. rasional instrumental E. insidental

10

0.0

Jawaban terverifikasi

Kondisi kehidupan bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan belum stabil. Dibawah ini adalah penyabab ketidakstabilan kehidupan politik pada masa awal kemerdekaan, kecuali... A. Pertentangan antar partai B. Gangguan dari Belanda yang ingin berkuasa kembali C. Munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan D. Terjadinya bentrokan antar etnis E. Munculnya gangguan keamanan dalam negeri 2. Pada tanggal 3 November 1945 diterbitkan maklumat pemerintah mengenai pendirian partai partai politik. Sebelum adanya maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945, Indonesia merencanakan satu partai tunggal yaitu... A. Masyumi D. PNI B. PKI E. NU C. PSI 3. Terbentuknya Kabinet Sjahrir tanggal 14 November 1945 merupakan suatu bentuk penyelewengan pertama pemerintah RI terhadap UUD 1945. Sejak tanggal 14 November 1945 Indonesia menganut sistem pemerintahan... A. Presidensial B. Liberalisme C. Parlementer D. Terpimpin E. Aristokrasi 4. Berdirinya partai partai politik telah mendorong Sutan Sjahrir yang berasal dari partai Sosialis untuk menghidupkan bentuk pemerintahan dengan cabinet parlementer. Hal ini dilakukan dengan alasan... A. agar perjuangan bangsa Indonesia mendapat dukungan dari negara negara barat B. mengikuti arus perpolitikan Indonesia yang mulai berkembang C. sesuai dengan perkembangan ideology di Indonesia D. sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 E. permintaan dari Presiden Soekarno. 5. Pada masa awal kemerdekaan, system pemerintahan berubah dari presidensial menjadi parlementer. Salah satu alasan dan pertimbangan perubahan system pemerintahan dari presidensial ke parlementer pada awal kemerdekaan adalah... A. Demokrasi bisa segera ditegakkan secara benar B. Parlementer sangat cocok untuk bangsa Indonesia C. Presidensial tidak sesuai dengan Indonesia yang multi etnis. D. Presidensial terlalu sulit untuk diterapkan dalam pemerintahan E. Mempermudah perundingan dengan Belanda 6. Sampai dengan awal tahun 1946, keadaan ibu kota Jakarta semakin kacau. Pemerintah terus didesak dan diteror oleh pemerintah asing.Pada saat ibukota dipindahkan ke Yogyakarta, Perdana Menteri Sjahrir masih berkedudukan di Jakarta untuk... A. menghadapi terror Belanda B. menjalankan roda pemerintahan dari pusat C. menghimpun kekuatan menghadapi Belanda D. menciptakan pemerintahan tandingan E. mengadakan hubungan dengan luar negeri 7. Kondisi kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan tidak stabil. Keadaan ekonomi pada awal kemerdekaan mengalami kekacauan, salah satu factor penyebab antara lain... A. Adanya Blokade ekonomi oleh Belanda B. Rakyat Indonesia hanya mengandalkan pendapatan dalam pertanian . C. Banyaknya investor asing yang mengintervensi perekonomian Indonesia D. Rendahnya sumber daya manusia Indonesia dalam perekonomian E. Sering terjadi konflik horizontal dalam negeri Indonesia 8. Kondisi kehidupan ekonomi pada masa awal kemerdekaan tidak stabil karena terjadi inflasi. Terjadinya inflasi pada masa awal kemerdekaan disebabkan oleh... A. Indonesia belum memiliki mata uang yang sah B. Tentara Jepang masih menguasai sebagian besar sector ekonomi C. Terjadinya pertempuran pertempuran diberbagai daerah. D. Peredaran mata uang Jepang yang belum terkendali E. Munculnya perusahaan perusahaan asing milik Belanda 9. Indonesia harus dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi pada masa awal kemerdekaan. Salah satu upaya bangsa Indonesia dalam melakukan perbaikan ekonomi pada awal kemerdekaan dilakukan dengan cara ... A. Menaikkan pajak dan bea Cukai B. Meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan untuk diekspor C. Mengeluarkan mata uang sendiri (ORI) D. Mengisi kas pemerintah yang kosong E. Mengedarkan uang secara besar besaran. 10. Salah satu penyebab kacaunya kondisi perekonomian Indonesia pada masa awal kemerdekaan karena kas negara kosong. Upaya pemerintah Republik Indonesia mengisi kas negara yang kosong pada awal Kemerdekaan adalah ... A. Menasionalisasi De Javasche Bank B. Membuat kebijakan Gunting Syafruddin C. Mendevaluasi mata uang rupiah D. Sistim ekonomi Gerakan Benteng E. Menyelenggarakan pinjaman Nasional

43

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

1. Pembukaan UUD 1945 menegaskan bahwa penjajahan diatas dunia harus di hapuskan karena... 2. Makna UUD NRI... 3. Amandemen memiliki pengertian... 4. Amandemen terhadap UUD 1945 tidaklah dilakukan tanpa kesepakatan dasar mengenai batasan-batasan perundang-undangan. Yang termasuk batasan tersebut adalah... 5. Kewajiban pelajar terhadap UUD 1945 adalah... 6. Usaha yang paling tepat untuk dilakukan oleh setuap warga negara dalam menyebarkan perulaku positif terhadap UUD 1945 adalah... 7. Perwujudan sikap setia terhadap UUD 1945 yang disahkan oleh para pendiri negara adalah 8. Sebutkan sistematika UUD 1945 saat ini! 9. Sebutkan dan jelaskan 2 sifat UUD 1945 10. Sebutkan dan tuliskan isi pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang A. Pendidikan B. Agama C. Kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat 11. Dalam perjuangan bahasa indonesia pendiri bangsa memasukan tujuan bangsa indonesia. Dasarnegara dan cita-cita bangsa indonesia, dasar negara dan cita-cita bangsa indonesia yang termuat dalam... 12. Pancasila merupakan dasar negara indonesia, hal itu termuat dalam UUD negara indonesia tahun 1945 alinea ke... 13. Pembukaan UUD dasar NRI tahun 1945 dan proklamasi kemerdekaan merupakab satu kesatuan yang dibuat karena... 14. Tujuan bangsa indonesia adalah... 15. Aturan-aturan dasar yang dipakai sebagai landasan dasar dan sumber berlakunya seluruh hukum atau perundang-undangan dan penyelenggaraan pemerintah negara pada suatu wilayah disebut... 16. UUD NRI 1945 merupakan bentuk peraturan tertinggi dan yang menjadi dasar dan sumber bagi perturang yang lebih rendah merupakan kedudukan UUD sebagai... 17. UUD NRI bersifat singkat artinya... 18. Melalui sidang MPR, telah melakukan amandemen terhadap UUD NRI 1945 sebanyak... 19. Amandemen kedua dilakukan dan ditetapkan dalam sidang tahunan MPR pada tahun... 20. Dampak jika tidak ada UUD NRI ? Mohon tolong bantu dijawab ya

8

0.0

Jawaban terverifikasi