Lena L

15 Agustus 2022 10:43

Iklan

Lena L

15 Agustus 2022 10:43

Pertanyaan

Cari Nilai Desil 6 dari data berikut!

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

19

:

47

:

56

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Y. Endriska

04 Januari 2023 04:43

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban: 66,325</p><p><br>Ingat konsep berikut ini:<br>Di = Tb + (((i/10)n - fk)/(f)) x p<br>Keterangan<br>Di = nilai desil ke-i<br>Tb = tepi bawah kelas desil ke-i<br>i = 1,2,3, ...,9<br>n = jumlah frekuensi/banyak data<br>fk = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas desil ke-i<br>p = panjang kelas</p><p>Langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi:<br>1) menentukan jangkauan/Range (R)<br>R = data max - data min<br>2) menentukan banyak kelas interval (k)<br>k = 1 + 3,3 log n<br>n = banyak data<br>3) menentukan panjang kelas interval (p)<br>p = R/k<br>4) Menyusun tabel</p><p>&nbsp;</p><p>Langkah-langkah menyusun tabel:<br>1) nilai max = 85&nbsp;<br>nilai min = 16<br>R = 85 - 16 = 69</p><p><br>2) n = 66<br>k = 1 + 3,3 log 66<br>k = 1 + 3,3 (1,82)<br>k = 1 + 6,006<br>k = 7,006 = 7</p><p><br>3) p = R/k<br>p = 69/7<br>p = 9,85 = 10</p><p>Tabel terlampir di bawah ini.</p><p>&nbsp;</p><p>Letak desil ke-6 berada di antara data ke &nbsp;data ke-((6/10) x n) dan &nbsp;data ke-((6/10) x n + 1)<br>= data ke-(6/10) x n&nbsp;<br>= data ke-(6/10) x 66&nbsp;<br>= data ke-39,66<br>dan&nbsp;<br>= data ke-(6/10) x n&nbsp;<br>= data ke-(6/10) x 66 + 1<br>= data ke-39,66 + 1<br>= data ke-40,66<br>terletak pada rentang 66 - 75</p><p><br>Tb = 66 - 0,5 = 65,5</p><p>fk = 39</p><p>f = 8<br>Di = Tb + (((i/10)n - fk)/(f)) x p</p><p>D6 = 65,5 + ((6/10) x 66) - 39)/(8)) x 10</p><p>D6 = 65,5 + (39,66 - 39)/(8) x 10</p><p>D6 = 65,5 + (0,66)/(8) x 10</p><p>D6 = 65,5 + 0,825</p><p>D6 = 66,325</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, hasil dari desil data tersebut adalah 66,325.</p>

Jawaban: 66,325


Ingat konsep berikut ini:
Di = Tb + (((i/10)n - fk)/(f)) x p
Keterangan
Di = nilai desil ke-i
Tb = tepi bawah kelas desil ke-i
i = 1,2,3, ...,9
n = jumlah frekuensi/banyak data
fk = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas desil ke-i
p = panjang kelas

Langkah-langkah membuat tabel distribusi frekuensi:
1) menentukan jangkauan/Range (R)
R = data max - data min
2) menentukan banyak kelas interval (k)
k = 1 + 3,3 log n
n = banyak data
3) menentukan panjang kelas interval (p)
p = R/k
4) Menyusun tabel

 

Langkah-langkah menyusun tabel:
1) nilai max = 85 
nilai min = 16
R = 85 - 16 = 69


2) n = 66
k = 1 + 3,3 log 66
k = 1 + 3,3 (1,82)
k = 1 + 6,006
k = 7,006 = 7


3) p = R/k
p = 69/7
p = 9,85 = 10

Tabel terlampir di bawah ini.

 

Letak desil ke-6 berada di antara data ke  data ke-((6/10) x n) dan  data ke-((6/10) x n + 1)
= data ke-(6/10) x n 
= data ke-(6/10) x 66 
= data ke-39,66
dan 
= data ke-(6/10) x n 
= data ke-(6/10) x 66 + 1
= data ke-39,66 + 1
= data ke-40,66
terletak pada rentang 66 - 75


Tb = 66 - 0,5 = 65,5

fk = 39

f = 8
Di = Tb + (((i/10)n - fk)/(f)) x p

D6 = 65,5 + ((6/10) x 66) - 39)/(8)) x 10

D6 = 65,5 + (39,66 - 39)/(8) x 10

D6 = 65,5 + (0,66)/(8) x 10

D6 = 65,5 + 0,825

D6 = 66,325

 

Jadi, hasil dari desil data tersebut adalah 66,325.

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dari himpunan pasangan berurutan berikut.manakah yang kemungkinan merupakan ko- respondensi satu-satu? a. {(1, 1), (2, 2), (3, 3), (4,4)} b. {(1, 2), (2, 3), (3, 4). (4,5)} c. {(2,7). (4,8). (6,9). (8,7)} d. {(3.4), (5,7). (7, 9). (9,6)}

252

4.0

Jawaban terverifikasi