Ayu M

12 Agustus 2020 00:18

Iklan

Iklan

Ayu M

12 Agustus 2020 00:18

Pertanyaan

cara menghitung dengan jangka Sorong


53

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Tutut

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

19 Januari 2022 01:00

Jawaban terverifikasi

Halo Ayu M. Kakak bantu jawab ya. Jangka sorong merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur diamter suatu benda. Berikut cara mengukur jangka sorong : 1. Pastikan skala menunjukkan angka nol ketika ke dua rahang jangka sorong tertutup. 2. Letakkan benda yang akan diukur pada kedua rahang jangka soorng. Pastikan dua rahang mengapit benda. 3. Kemudian baca skala utama dan skala nonius pada jangka sorong. - Skala utama adalah skala yang tertera pada rahang tetap, dibaca mulai dari angka 0 pada rahang tetap sampai angka didepan skala 0 pada skala nonius (rahang geser). - Skala nonius adalah skala yang terbaca pada rahang geser. Carilah skala nonius yang berimpit (segaris lurus) dengan skala utama, kemudian dikalikan dengan skala terkecil (nonius) jangka sorong yaitu 0,01 cm. Contoh :

alt

Iklan

Iklan

Aldino M

18 Agustus 2020 13:35

Ada dua angka NOL pada jangka sorong di bawah. Yang pertama pada skala atas (ujung kiri), yang kedua di baris bawahnya agak ke tengah.Perhatikan garis pertama sebelum angka NOL yang bawah. setelah angka 1 adalah 1,1, kemudian 1,2, 1,3 dan seterusnya. Sehingga disini kita dapat angka 1,2.Perhatikan garis yang berhimpit antara skala atas dan skala bawah, cari yang nyambung dengan lurus garis atas dan bawahnyaKetikkan jawabanmu di sini # maaf kalau salah 🙏🙏


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

suatu logam yang sudah di panaskan memiliki suhu 105°C.Jika di ukur menggunakan termometer fahrenheit,suhu logam tersebut sebesar?

1

5.0

Jawaban terverifikasi