Putri S

12 Oktober 2022 12:35

Iklan

Iklan

Putri S

12 Oktober 2022 12:35

Pertanyaan

Cara melakukan penelitian beserta contohnya


42

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

02 November 2022 04:04

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah 1) membuat rancangan penelitian; 2) mengumpulkan data penelitian; 3) mengolah data yang didapatkan; 4) menyusun laporan penelitian; dan 5) menyampaikan hasil penelitian.</p><p>&nbsp;</p><p>Simak penjelasannya berikut ini!</p><p>Langkah-langkah dalam melakukan/membuat penelitian sosial, antara lain:</p><p>1. Membuat rancangan penelitian, tahapan awal dalam penelitian sosial dimana peneliti menentukan bagaimana penelitian akan dilakukan. Tahap ini meliputi penentuan topik penelitian, penulisan judul, menentukan rumusan masalah, menetapkan tujuan penelitian, dan menuliskan metode/jenis penelitian.</p><p>2. Mengumpulkan data penelitian, tahapan ini peniliti melakukan pengumpulan informasi dari berbagai sumber data yang berkaitan. Umumnya tahapan ini dapat dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan studi pustaka.</p><p>3. Mengolah data, tahapan ini peneliti mengolah data yang didapatkan agar dihasilkan suatu informasi yang bermanfaat. Khusus untuk penelitian kuantitatif biasanya akan dibantu oleh aplikasi statistik.</p><p>4. Penyusunan laporan penelitian, menuangkan data yang yang telah diolah menjadi tulisan utuh dan menjawab pertanyaan penelitian.</p><p>5. Menyampaikan hasil penelitian, tahapan peneliti menyebarluaskan hasil penelitian yang telah ia lakukan agar dapat bermanfaat bagi pihak lain.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi jawabannya adalah 1) membuat rancangan penelitian; 2) mengumpulkan data penelitian; 3) mengolah data yang didapatkan; 4) menyusun laporan penelitian; dan 5) menyampaikan hasil penelitian.</p>

Jawabannya adalah 1) membuat rancangan penelitian; 2) mengumpulkan data penelitian; 3) mengolah data yang didapatkan; 4) menyusun laporan penelitian; dan 5) menyampaikan hasil penelitian.

 

Simak penjelasannya berikut ini!

Langkah-langkah dalam melakukan/membuat penelitian sosial, antara lain:

1. Membuat rancangan penelitian, tahapan awal dalam penelitian sosial dimana peneliti menentukan bagaimana penelitian akan dilakukan. Tahap ini meliputi penentuan topik penelitian, penulisan judul, menentukan rumusan masalah, menetapkan tujuan penelitian, dan menuliskan metode/jenis penelitian.

2. Mengumpulkan data penelitian, tahapan ini peniliti melakukan pengumpulan informasi dari berbagai sumber data yang berkaitan. Umumnya tahapan ini dapat dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi, dan studi pustaka.

3. Mengolah data, tahapan ini peneliti mengolah data yang didapatkan agar dihasilkan suatu informasi yang bermanfaat. Khusus untuk penelitian kuantitatif biasanya akan dibantu oleh aplikasi statistik.

4. Penyusunan laporan penelitian, menuangkan data yang yang telah diolah menjadi tulisan utuh dan menjawab pertanyaan penelitian.

5. Menyampaikan hasil penelitian, tahapan peneliti menyebarluaskan hasil penelitian yang telah ia lakukan agar dapat bermanfaat bagi pihak lain.

 

Jadi jawabannya adalah 1) membuat rancangan penelitian; 2) mengumpulkan data penelitian; 3) mengolah data yang didapatkan; 4) menyusun laporan penelitian; dan 5) menyampaikan hasil penelitian.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

962

0.0

Jawaban terverifikasi