Atika I

24 Agustus 2023 02:07

Iklan

Iklan

Atika I

24 Agustus 2023 02:07

Pertanyaan

cabang ilmu fisika yang diterapkan pada motor

cabang ilmu fisika yang diterapkan pada motor


15

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 02:11

Jawaban terverifikasi

Cabang ilmu fisika yang diterapkan pada motor adalah fisika mekanika, fisika listrik dan magnet, serta fisika termodinamika. 1. Fisika Mekanika: Fisika mekanika diterapkan pada motor untuk memahami prinsip-prinsip gerakan dan kekuatan yang terlibat dalam operasi motor. Konsep mekanika, seperti hukum Newton tentang gerak dan gaya, digunakan untuk mengoptimalkan desain dan kinerja motor. 2. Fisika Listrik dan Magnet: Fisika listrik dan magnet diterapkan pada motor untuk memahami prinsip dasar motor listrik. Medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik dalam kumparan-kumparan motor berperan dalam menghasilkan gaya yang menyebabkan gerakan rotor. Konsep elektromagnetisme digunakan untuk merancang motor yang efisien dan kuat. 3. Fisika Termodinamika: Fisika termodinamika diterapkan pada motor untuk memahami aspek-aspek yang terkait dengan energi panas dan transfer energi. Proses pembakaran bahan bakar dalam motor pembakaran internal melibatkan konversi energi panas menjadi energi mekanik. Prinsip-prinsip termodinamika digunakan untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi kerugian panas dalam operasi motor. Dalam pengembangan dan pemeliharaan motor, pemahaman yang baik tentang prinsip fisika ini sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja dan efisiensi motor.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

26 Agustus 2023 23:37

Jawaban terverifikasi

<p>Cabang ilmu fisika yang diterapkan pada motor adalah <strong>Mekanika</strong>. Mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerakan dan interaksi benda-benda dalam ruang, baik itu benda padat, cairan, atau gas. Dalam konteks motor, mekanika sangat penting untuk memahami bagaimana motor berfungsi, bagaimana gaya-gaya yang bekerja padanya, dan bagaimana energi dikonversi menjadi gerakan.</p><p>Beberapa konsep dalam mekanika yang diterapkan pada motor meliputi:</p><p><strong>Dinamika:</strong> Mempelajari gerakan dan penyebabnya. Ini termasuk konsep gaya, percepatan, dan hukum Newton. Dalam motor, prinsip dinamika digunakan untuk menganalisis bagaimana gaya yang diberikan pada mesin menghasilkan gerakan yang diinginkan.</p><p><strong>Kinetika:</strong> Mempelajari energi dan perubahannya dalam suatu sistem. Ini termasuk energi kinetik dan potensial, serta prinsip-prinsip tentang bagaimana energi dikonversi. Dalam motor, konsep kinetika penting untuk memahami bagaimana energi bahan bakar diubah menjadi energi mekanik yang menggerakkan motor.</p><p><strong>Mekanika Fluida:</strong> Mempelajari perilaku cairan dan gas dalam berbagai kondisi. Dalam motor, mekanika fluida diterapkan pada sistem pendinginan, pelumasan, dan bahan bakar.</p><p><strong>Mekanika Benda Padat:</strong> Mempelajari gerakan dan interaksi benda padat. Ini termasuk studi tentang torsi, momen inersia, dan deformasi. Dalam motor, mekanika benda padat digunakan untuk menganalisis pergerakan komponen mesin dan transmisi tenaga.</p><p><strong>Getaran dan Gelombang:</strong> Dalam beberapa jenis motor, seperti motor berpendingin internal atau motor listrik, konsep getaran dan gelombang digunakan untuk menganalisis dinamika sistem dan mengoptimalkan kinerjanya.</p><p>Mekanika memberikan dasar teoretis yang kuat untuk pemahaman tentang berbagai aspek yang terlibat dalam operasi dan performa motor, mulai dari pergerakan mesin hingga perubahan energi dan daya yang terlibat.</p>

Cabang ilmu fisika yang diterapkan pada motor adalah Mekanika. Mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerakan dan interaksi benda-benda dalam ruang, baik itu benda padat, cairan, atau gas. Dalam konteks motor, mekanika sangat penting untuk memahami bagaimana motor berfungsi, bagaimana gaya-gaya yang bekerja padanya, dan bagaimana energi dikonversi menjadi gerakan.

Beberapa konsep dalam mekanika yang diterapkan pada motor meliputi:

Dinamika: Mempelajari gerakan dan penyebabnya. Ini termasuk konsep gaya, percepatan, dan hukum Newton. Dalam motor, prinsip dinamika digunakan untuk menganalisis bagaimana gaya yang diberikan pada mesin menghasilkan gerakan yang diinginkan.

Kinetika: Mempelajari energi dan perubahannya dalam suatu sistem. Ini termasuk energi kinetik dan potensial, serta prinsip-prinsip tentang bagaimana energi dikonversi. Dalam motor, konsep kinetika penting untuk memahami bagaimana energi bahan bakar diubah menjadi energi mekanik yang menggerakkan motor.

Mekanika Fluida: Mempelajari perilaku cairan dan gas dalam berbagai kondisi. Dalam motor, mekanika fluida diterapkan pada sistem pendinginan, pelumasan, dan bahan bakar.

Mekanika Benda Padat: Mempelajari gerakan dan interaksi benda padat. Ini termasuk studi tentang torsi, momen inersia, dan deformasi. Dalam motor, mekanika benda padat digunakan untuk menganalisis pergerakan komponen mesin dan transmisi tenaga.

Getaran dan Gelombang: Dalam beberapa jenis motor, seperti motor berpendingin internal atau motor listrik, konsep getaran dan gelombang digunakan untuk menganalisis dinamika sistem dan mengoptimalkan kinerjanya.

Mekanika memberikan dasar teoretis yang kuat untuk pemahaman tentang berbagai aspek yang terlibat dalam operasi dan performa motor, mulai dari pergerakan mesin hingga perubahan energi dan daya yang terlibat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

roda a, b dan c dihubungkan dengan tali (ra= 2 cm, rb = 4 cm, rc = 6 cm) seperti gambar. jika kecepatan sudut roda c sebesar 60 rad.s-1, maka kecepatan linier roda b adalah....m/s a. 720,0 b. 72,0 c. 10,8 d. 7,2 e. 3,6

407

3.5

Jawaban terverifikasi