Ariya P

02 Februari 2024 14:56

Iklan

Iklan

Ariya P

02 Februari 2024 14:56

Pertanyaan

Butuh sekarang

Butuh sekarang

alt

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 05:14

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah E.</p><p>&nbsp;</p><p>Akulturasi budaya adalah proses pertukaran dan penyatuan elemen-elemen budaya yang berbeda, yang dapat terjadi sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dalam konteks ini, akulturasi budaya dapat mengarah pada homogenisasi atau penyebaran budaya massa.</p><p>Pengaruh negatif dari kemajuan Iptek dalam bidang sosial budaya, khususnya terjadinya akulturasi budaya dan perkembangan menjadi budaya massa (opsi e), mencakup beberapa aspek:</p><ol><li>Kehilangan Identitas Kultural: Akulturasi budaya seringkali menyebabkan kehilangan elemen-elemen unik dari suatu budaya karena adanya asimilasi dengan budaya lain. Identitas kultural mungkin menjadi kabur atau terancam.</li><li>Kesenjangan Kekuatan Budaya: Dalam proses akulturasi, budaya besar atau dominan mungkin memiliki kecenderungan untuk mengungguli dan mendominasi budaya kecil atau minoritas, menghasilkan bentuk budaya baru yang lebih mirip dengan budaya besar.</li><li>Perubahan Nilai dan Norma: Akulturasi dapat menyebabkan perubahan nilai-nilai dan norma dalam masyarakat, kadang-kadang menuju ke arah nilai-nilai yang diimpor dari budaya asing, sehingga mengubah tata nilai sosial tradisional.</li><li>Penciptaan Budaya Massa: Dalam beberapa kasus, akulturasi dapat mengarah pada penciptaan budaya massa yang seragam dan kurang memiliki kedalaman serta keunikan. Ini dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman budaya.</li></ol>

jawabannya adalah E.

 

Akulturasi budaya adalah proses pertukaran dan penyatuan elemen-elemen budaya yang berbeda, yang dapat terjadi sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dalam konteks ini, akulturasi budaya dapat mengarah pada homogenisasi atau penyebaran budaya massa.

Pengaruh negatif dari kemajuan Iptek dalam bidang sosial budaya, khususnya terjadinya akulturasi budaya dan perkembangan menjadi budaya massa (opsi e), mencakup beberapa aspek:

  1. Kehilangan Identitas Kultural: Akulturasi budaya seringkali menyebabkan kehilangan elemen-elemen unik dari suatu budaya karena adanya asimilasi dengan budaya lain. Identitas kultural mungkin menjadi kabur atau terancam.
  2. Kesenjangan Kekuatan Budaya: Dalam proses akulturasi, budaya besar atau dominan mungkin memiliki kecenderungan untuk mengungguli dan mendominasi budaya kecil atau minoritas, menghasilkan bentuk budaya baru yang lebih mirip dengan budaya besar.
  3. Perubahan Nilai dan Norma: Akulturasi dapat menyebabkan perubahan nilai-nilai dan norma dalam masyarakat, kadang-kadang menuju ke arah nilai-nilai yang diimpor dari budaya asing, sehingga mengubah tata nilai sosial tradisional.
  4. Penciptaan Budaya Massa: Dalam beberapa kasus, akulturasi dapat mengarah pada penciptaan budaya massa yang seragam dan kurang memiliki kedalaman serta keunikan. Ini dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman budaya.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

14 Februari 2024 13:46

Jawaban terverifikasi

Dari pertanyaan yang kamu berikan, topik yang sedang dibahas adalah tentang pengaruh negatif kemajuan iptek dalam bidang sosial budaya. Penjelasan: Kemajuan iptek, khususnya dalam bidang komunikasi dan informasi, memang membawa banyak manfaat, seperti mempermudah komunikasi, penyebaran informasi, dan akses terhadap berbagai budaya. Namun, di sisi lain, kemajuan iptek juga bisa membawa dampak negatif, terutama dalam konteks sosial budaya. Salah satu dampak negatifnya adalah terjadinya akulturasi budaya dan berkembangnya budaya massa. Akulturasi budaya adalah proses penyerapan budaya asing ke dalam budaya lokal yang bisa mengakibatkan hilangnya identitas budaya lokal. Sementara itu, budaya massa adalah budaya yang dibentuk oleh media massa dan cenderung bersifat seragam, sehingga mengurangi keanekaragaman budaya. Kesimpulan: Jadi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah E. terjadinya akulturasi budaya dan berkembang menjadi budaya massa.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pemerintah ingin membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia sebagai sumber energi listrik karena ketersediaan minyak bumi di Indonesia yang semakin berkurang. PLTN ini menghasilkan energi listrik yang besar, murah, dan aman apabila ditempatkan di wilayah yang tidak memiliki pergerakan lempeng atau potensi gempa. Dengan memperhatikan peta jalur lempeng tektonik di atas, daerah di pulau manakah yang tepat untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)? a. pulau Jawa b. pulau Sumatra c. pulau Kalimantan d. pulau Sulawesi butuh bngt plis

0

0.0

Jawaban terverifikasi