Andi L

02 Februari 2020 14:06

Iklan

Iklan

Andi L

02 Februari 2020 14:06

Pertanyaan

bukti bahwa raja balaputradewa adalah raja yang cakap dalam memerintah dan berhasil menjadikan kerajaan sriwijaya menjadi kerajaan yang besar ?


23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Rafika

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

27 Desember 2021 10:36

Jawaban terverifikasi

Hai Andi L., kakak bantu jawab ya. Bukti kebesaran kerajaan Sriwijaya tertulis dalam prasasti Nalanda. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Dalam prasasti Nalanda, disebutkan Raja Balaputradewa menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Benggala yang saat itu diperintah oleh Raja Dewapala Dewa. Raja Benggala menghadiahkan sebidang tanah kepada Balaputradewa untuk pendirian sebuah asrama bagi para pelajar dan siswa yang sedang belajar di Nalanda, India. Bahkan bentuk asrama itu mempunyai kesamaan arsitektur dengan candi Muara Jambi, yang berada di Provinsi Jambi saat ini. Pendirian ini membuktikan bahwa, Balaputeradewa memfokuskan pemerintahannya pada bidang pendidikan dan agama. Selain itu, Pada masa kejayaannya, daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, dan sebagian Jawa. Dalam sejarah kepemimpinan Balaputradewa, Sriwijaya mengembangkan pelabuhannya menjadi pusat perdagangan internasional. Barang dagangan Sriwijaya meliiputi emas, perak, gading gajah, penyu, kemenyan, kapulaga, kapur barus, pinang, kayu gaharu, cendana, minyak kayu putih, lada dan damar. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Bagas K

08 Februari 2020 20:58

1.ditemukannya prasasti nalanda diindia 2.raja sering mengirim utusan kenegara lain salah satu sumber tertulis dicina 3.raja menguasai jalur perdagangan terutama selat malaka


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan bagaimana jalannya pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid

7

0.0

Jawaban terverifikasi