W C

21 September 2020 06:19

Iklan

Iklan

W C

21 September 2020 06:19

Pertanyaan

buatlah deskripsi tentang penerapan persamaan bernoulli dalam hidup sehari-hari , tuliskan minimal 7 penerapan bernoulli .


54

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Kurnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

15 Januari 2022 07:45

Jawaban terverifikasi

Hai, kakak bantu jawab ya. Hukum Bernoulli berbunyi "Jumlah dari tekanan, serta energi kinetik dan energi potensial tiap volume yang berada di setiap titik aliran fluida adalah sama". Tekanan + Ekinetik + Epotensial = konstan Penerapan Hukum Bernoulli dalam kehidupan sehar-hari : 1. Alat penyemprot : saat kita menekan alat semprotan maka tekanan cairannya akan rendah dan kecepatan cairan pada alat tersebut akan tinggi sehingga dapat keluar dari alat penyemprot tersebut. 2. Gaya angkat pesawat : ketika pesawat bersiap untuk take-off di landasan pacu, tekanan pada sisi atas badan pesawat tersebut akan lebih kecil daripada bagian bawah badan pesawat, dan kecepatan di bagian atas badan pesawat lebih tinggi daripada di bagian bawahnya, sehingga pesawat dapat naik ke atas permukaan. 3. Tabung pitot : alat yang digunakan untuk mengukur kelajuan gas. 4. Venturimeter : alat yang dipasang pada suatu pipa aliran untuk mengukur kelajuan zat cair. 5. Cerobong asap pabrik : asap dari proses pembakaran akan memiliki suhu yang tinggi, sehingga massa jenis udaranya menjadi kecil. Udara yang memiliki massa jenis yang kecil akan mudah untuk bergerak ke atas. Aliran udara yang semakin cepat maka tekanan udara tersebut menjadi kecil dan sebaliknya jika aliran udaranya rendah maka tekanannya menjadi besar. 6. Karburator : Karburator terdapat pada mesin kendaraan motor/mobil. Pada karburator terdapat ruang venturi (bagian yang menyempit), bila udara melewati ruang venturi maka kecepatan udara akan meningkat sehingga tekanan udara pada ruang venturi akan menjadi rendah. Karena adanya perbedaan tekanan, maka bahan bakar akan keluar sehingga terjadi pembakaran bahan bakar (bensin/solar) dan mobil/motor dapat bergerak. 7. Semprotan parfum : Saat kamu menekan tombol parfum ke bawah, cairan bagian bawah akan bergerak dengan kelajuan rendah. Akibatnya, tekanannya di cairan bagian bawah akan semakin tinggi. Hal itu mampu mendorong cairan untuk bergerak ke atas melalui selang parfum yang berukuran kecil. Saat sampai di atas selang, udara di bagian pengisap akan keluar bersamaan dengan semburan parfum.


Iklan

Iklan

Pininta T

08 Oktober 2020 05:21

Penerapan prinsip hukum Bernoulli, adalah, tangki berlubang (penampungan air), alat penyemprot (obat nyamuk dan parfum), karburator, venturimeter, tabung pitot, dan gaya angkat pesawat terbang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebuah silinder dengan momen inersia 8 kgm2 berputar dengan kecepatan 10 rad/s. Pada satu waktu, silinder lain dengan momeb inersia 6 kgm2 berkopel dalam poros yang sama dengan silinder sebelumnya. Kecepatan kedua silinder tersebut menjadi ... rad/s

15

0.0

Jawaban terverifikasi