Fahr R

07 Mei 2024 13:17

Iklan

Iklan

Fahr R

07 Mei 2024 13:17

Pertanyaan

BUATLAH ANALISIS BAB 6 KELAS 9 TENTANG BELA NEGARA DALAM KONTEKS NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

09 Mei 2024 13:23

Jawaban terverifikasi

1. Pengertian Bela Negara: - Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. - Bela Negara bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. 2. Landasan Hukum Bela Negara: - Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 30 ayat (1). - Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. - Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Tentara Nasional Indonesia. 3. Bentuk-bentuk Bela Negara: - Partisipasi dalam pembangunan nasional. - Keterlibatan dalam kegiatan sosial, budaya, ekonomi, dan politik. - Kesediaan untuk membela negara dalam situasi darurat. 4. Pentingnya Bela Negara dalam Konteks NKRI: - Menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama. - Mempertahankan ideologi Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. - Mencegah ancaman disintegrasi bangsa dan negara. 5. Peran Warga Negara dalam Bela Negara: - Memiliki rasa cinta tanah air dan bangga sebagai warga negara Indonesia. - Menghargai simbol-simbol negara dan melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. - Berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan kegiatan sosial, budaya, ekonomi, dan politik. - Siap sedia membela negara dalam situasi darurat. Secara keseluruhan, Bela Negara dalam konteks NKRI merupakan konsep yang sangat penting untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, serta menanamkan rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara pada setiap warga negara.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

10 Mei 2024 00:53

Jawaban terverifikasi

<p>Bab 6 kelas 9 tentang bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) cenderung memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya konsep bela negara sebagai bagian integral dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Analisis bab ini akan menyoroti beberapa konsep kunci yang umumnya terdapat dalam materi bela negara kelas 9, dengan konteks pada NKRI:</p><p><strong>Pemahaman tentang Bela Negara</strong>: Bab ini mungkin dimulai dengan memberikan definisi tentang apa itu bela negara. Ini bisa mencakup penjelasan bahwa bela negara adalah kewajiban setiap warga negara untuk melindungi, mempertahankan, dan memajukan keutuhan wilayah, kedaulatan, dan keutuhan bangsa.</p><p><strong>Patriotisme dan Cinta Tanah Air</strong>: Dalam konteks NKRI, siswa akan diajak untuk memahami pentingnya memiliki rasa cinta dan kesetiaan terhadap tanah air Indonesia. Hal ini mencakup rasa bangga dan memiliki identitas nasional yang kuat sebagai bagian dari warga negara Indonesia.</p><p><strong>Bela Negara dalam Kehidupan Sehari-hari</strong>: Materi ini akan menggambarkan bagaimana bela negara tidak hanya terbatas pada konteks militer, tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Siswa akan diajak untuk memahami bahwa bela negara dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghormati simbol-simbol negara, serta menghargai keberagaman budaya dan suku bangsa.</p><p><strong>Kewajiban Wajib Militer dan Pertahanan Negara</strong>: Bagian ini mungkin memberikan pemahaman tentang kewajiban wajib militer bagi warga negara Indonesia, serta peran TNI (Tentara Nasional Indonesia) dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Siswa akan diajak untuk memahami pentingnya memiliki pertahanan yang kuat sebagai bagian dari strategi menjaga integritas negara.</p>

Bab 6 kelas 9 tentang bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) cenderung memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya konsep bela negara sebagai bagian integral dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Analisis bab ini akan menyoroti beberapa konsep kunci yang umumnya terdapat dalam materi bela negara kelas 9, dengan konteks pada NKRI:

Pemahaman tentang Bela Negara: Bab ini mungkin dimulai dengan memberikan definisi tentang apa itu bela negara. Ini bisa mencakup penjelasan bahwa bela negara adalah kewajiban setiap warga negara untuk melindungi, mempertahankan, dan memajukan keutuhan wilayah, kedaulatan, dan keutuhan bangsa.

Patriotisme dan Cinta Tanah Air: Dalam konteks NKRI, siswa akan diajak untuk memahami pentingnya memiliki rasa cinta dan kesetiaan terhadap tanah air Indonesia. Hal ini mencakup rasa bangga dan memiliki identitas nasional yang kuat sebagai bagian dari warga negara Indonesia.

Bela Negara dalam Kehidupan Sehari-hari: Materi ini akan menggambarkan bagaimana bela negara tidak hanya terbatas pada konteks militer, tetapi juga mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Siswa akan diajak untuk memahami bahwa bela negara dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti menjaga kebersihan lingkungan, menghormati simbol-simbol negara, serta menghargai keberagaman budaya dan suku bangsa.

Kewajiban Wajib Militer dan Pertahanan Negara: Bagian ini mungkin memberikan pemahaman tentang kewajiban wajib militer bagi warga negara Indonesia, serta peran TNI (Tentara Nasional Indonesia) dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Siswa akan diajak untuk memahami pentingnya memiliki pertahanan yang kuat sebagai bagian dari strategi menjaga integritas negara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah yang dimaksud perubahan dalam kebijakan luar negeri di Indonesia? bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama internasional?

6

0.0

Jawaban terverifikasi