Silvia K

04 September 2020 12:25

Iklan

Iklan

Silvia K

04 September 2020 12:25

Pertanyaan

buatkan bagan atau skema pembelahan sel secara meiosis dan mitosis


33

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. WIJAYA

07 Maret 2022 04:51

Jawaban terverifikasi

Halo Silvia, kakak bantu jawab yaa:) Skema pembelahan meiosis dan mitosis bisa dilihat pada gambar ya. Mari kita bahas! Pembelahan sel merupakan proses pembagian sel induk menjadi dua atau lebih sel anakan. Proses pembelahan sel ini dapat terjadi pada makhluk hidup uniseluler seperti bakteri, maupun pada makhluk hidup multiseluler seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Tahapan pembelahan sel secara mitosis yaitu: 1. Profase - Benang kromatin berubah menjadi kromosom - Sentriol memisah dan terbentuk benang spindel - Membran nukleus mulai hilang, nukleolus mulai menghilang 2. Metafase - Kromosom berjajar di bidang pembelahan. 3. Anafase - Kromosom terpisah dan masing-masing kromatid ditarik oleh benang spindel bergerak menuju kutuh yang berlawanan 4. Telofase - Kromatid telah sampai di kutub, kromatid berubah menjadi benang kromatin - Benang spindel menghilang - Nukleolus mulai tampak dan terjadi pembagian sitoplasma. Sedangkan meiosis memiliki tahapan sebagai berikut: 1. Profase 1 - Kromatin memadat - Kromosom homolog saling berdekatan membentuk sinapsis (ikatan) - Sentrosom membelah menjadi 2 sentriol dan bergerak menuju kutub berlawanan - Kromosom membentuk tetrad - Terjadi pindah silang (saling tukar gen) antara kromosom homolog - Terbentuk benang spindel 2. Metafase 1 - Kromosom homolog saling berhadapan di bidang ekuator 3. Anafase 1 - Benang spindel memendek - Kromosom homolog ditarik ke kutub masing-masing - Terjadi reduksi kromosom (pengurangan kromosom) dari 2n (sel induk) menjadi n (sel anak) 4. Telofase 1 - Terjadi Sitokinesis (pembagian sitoplasma) - Sel membelah menjadi dua bagian - Membran inti terlihat kembali - Sentriol menjadi sentrosom kembali 5. Profase 2 - Membran inti terfragmentasi - Sentrosom menjadi 2 sentriol - Sentriol bergerak ke arah kutub berlawanan - Terbentuk benang spindel 6. Metafase 2 - Kromosom berjejer di bidang ekuator 7. Anafase 2 - Benang spindel memendek - Kromatid di tarik ke arah kutub berlawanan 8. Telofase 2 - Terjadi Sitokinesis (pembagian sitoplasma) sel menjadi 2 bagian - Membran inti terlihat kembali - Sentriol menjadi sentrosom kembali - Terbentuk 4 anakan sel yang memiliki kromosom haploid (n) setengah dari sel induk yang diploid (2n). Semoga jawabannya membantu ya!

alt

Iklan

Iklan

Aulia P

05 September 2020 08:13

Pembelahan sel sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Ada dua jenis pembelahan sel, pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Berikut ini penjelasannya: Pembelahan sel Mengutip Kemdikbud RI, pembelahan sel sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Sel mengalami pembelahan karena untuk pertumbuhan, perbaikan dan reproduksi. Pertumbuhan Salah satu ciri makhluk hidup adalah pertumbuhan. Makhluk hidup dapat tumbuh karena sel-selnya bertambah banyak. Semakin banyak sel dalam makhluk hidup maka semakin besar ukuran makhluk hidup itu. Perbaikan Ketika tubuh terluka, setelah beberapa waktu bagian tubuh yang luka akan menutup seperti semula. Bagian tubuh yang mengalami luka itu terjadi kerusakan jaringan. Perbaikan kerusakan jaringan pada tubuh adalah hasil proses pembelahan sel. Reproduksi Reproduksi atau perkembangbiakan adalah salah satu ciri makhluk hidup. Para proses reproduksi seksual, diperlukan sel kelamin untuk membentuk individu baru (anakan). Proses pembentukan sel kelamin ini dilakukan dengan cara pembelahan sel


Aulia P

05 September 2020 08:14

Jenis pembelahan sel Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula). Teori ini dinyatakan oleh Rudolf Virchow pada 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Jenis pembelahan sel ada dua macam yaitu pembelahan mitosis dan meiosis. Berikut ini penjelasan macam pembelahan sel: 1. Pembelahan mitosis Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini dihasilkan sel anak yang mempunyai jumlah kromosom sama dengan kromosom sel induk. Pembelahan mitosis adalah tipe pembelahan sel yang menghasilkan 2 sel anakan. Sel anakan ini mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

organisme transgenik diperoleh dengan cara?

217

0.0

Jawaban terverifikasi