Vionny A

06 April 2020 15:58

Iklan

Iklan

Vionny A

06 April 2020 15:58

Pertanyaan

Bola konduktor bermuatan listrik positif 500 μC yang berjari-jari 4 cm dari pusat bola (0). OA = 3cm, OB = 5cm, OC = 8cm, OD = 10. Posisi manakah yang memiliki kuat medan listrik terbesar?


13

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Asma

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

03 Januari 2022 16:50

Jawaban terverifikasi

Hallo Vionny, kakak bantu jawab yaa Posisi yang memiliki kuat medan paling besar adalah OB. Diketahui: q= 500 μC R= 4cm ra= 3 cm rb= 5 cm rc=8 cm rd= 10 cm Ditanya: Posisi yang memiliki kuat medan listrik terbesar ? Jawab: Ketika bola konduktor berongga diberi muatan listrik, maka muatan tersebut akan tersebar merata dipermukaan bola. Hal ini menyebakan di dalam bola tidak terdapat muatan. Terdapat 2 kondisi yang mempengaruhi kuat medan listrik dalam bola bermuatan, yaitu : 1. Jika jaraknya lebih kecil daripada jari-jari bola maka kuat medan listrik dititik tersebut adalah nol (0), sehingga OA memiliki kuat medan listrik nol. 2. Jika jarak titik lebih besar dari jari-jari maka kuat medan listrik dirumuskan dengan : E= kq/r^2 Berdasarkan rumus tersebut, didapat hubungan kuat medan listrik (E) berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya (r), sehingga semakin kecil jarak, kuat medan semakin besar. Dengan demikian, posisi yang memiliki kuat medan paling besar adalah OB.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kawat yang panjangnya 20cm berada dalam medan magnet yang induksi magnetiknya 0,8w/m2. jika gaya yang dialami kawat 2,4 N, berapa kuat arusnya, (arah arus tegak lurus medan magnet).

1

0.0

Jawaban terverifikasi