Miracle S

28 Februari 2024 12:21

Iklan

Iklan

Miracle S

28 Februari 2024 12:21

Pertanyaan

Bocil adalah seorang peneliti tanaman buah. Dia menemukan pohon jambu air berbatang pendek dan berbuah manis. Penasaran dengan jenis genotipnya, ia kemudian melakukan uji silang ( testcross ) dengan hasil dimana perbandingan fenotip F1 nya adalah 1 : 1. Bagaimanakah genotip dari induk jambunya?

Bocil adalah seorang peneliti tanaman buah. Dia menemukan pohon jambu air berbatang pendek dan berbuah manis. Penasaran dengan jenis genotipnya, ia kemudian melakukan uji silang (testcross) dengan hasil dimana perbandingan fenotip F1 nya adalah 1 : 1. Bagaimanakah genotip dari induk jambunya?


11

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

KH. K

29 Februari 2024 01:17

Jawaban terverifikasi

Dari perbandingan fenotip F1 yang dihasilkan (1:1), dapat disimpulkan bahwa salah satu induk jambu air tersebut harus homozigot dominan (AA) sedangkan yang lain homozigot resesif (aa). Jika kita menyebut gen dominan sebagai A dan gen resesif sebagai a, maka hasil uji silang menunjukkan bahwa genotip induk jambu air tersebut adalah Aa x Aa.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perkawinan antara pria bisu tuli (BBtt) dengan wanita bisu tuli (bbTT) ternyata menghasilkan keturunan F1 yang semuanya normal. Jika F1 dikawinkan dengan sesamanya maka rasio fenotip keturunan F2 adalah A. 9 normal : 7 bisu tuli B. 2 normal : 1 bisu tuli C. 3 normal : 1 bisu tuli D. 15 normal : 1 bisu tuli E. 5 normal : 11 bisu tuli

14

0.0

Jawaban terverifikasi