Siti H

20 Juni 2022 02:09

Iklan

Iklan

Siti H

20 Juni 2022 02:09

Pertanyaan

Berilah sebuah contoh gambaran penerapan mengenai bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan hal mutlak yang harus diterapkan nilai-nilai dasar nya dikehidupan masyarakat Indonesia dalam rangka menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab !


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. SRI

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

25 Juni 2022 11:46

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum. Contohnya seperti saat pelaksanaan tilang dimana tidak terdapat perbedaan setiap orang yang melakukan pelanggaran wajib ditilang dan mempertanggungjawabkan kesalahannya. Penyelenggaraan negara harus berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Pancasila sebagai dasar negara, hal ini berarti bahwa setiap tindakan rakyat dan Negara Indonesia harus sesuai dengan Pancasila. Pancasila dan UUD 1945 merupakan nilai dasar yang harus dijadikan sebagai pedoman oleh seluruh bangsa Indonesia. Salah satunya fungsi Pancasila dan UUD 1945 yaitu menciptakan masyarakat yang bertanggung jawab. Hal ini karena setiap orang memiliki hak-haknya masing-masing, di samping memiliki hak setiap orang juga harus melaksanakan kewajibannya. Salah satu contohnya adalah setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum. Mereka memiliki kedudukan sama, seperti saat pelaksanaan tilang dimana tidak terdapat perbedaan setiap orang yang melakukan pelanggaran wajib ditilang dan mempertanggungjawabkan kesalahannya. Jadi contoh gambaran penerapan mengenai bahwa Pancasila dan UUD 1945 yaitu saat pelaksanaan tilang dimana tidak terdapat perbedaan setiap orang yang melakukan pelanggaran wajib ditilang dan mempertanggungjawabkan kesalahannya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Segala sumber kekayaan yang terdapat di Indonesia berada di bawah kekuasaan ... A. negara bekas penjajah B. pejabat negara yang berpengaruh C. pemerintah untuk kepentingan seluruh rakyat D. pihak swasta E. warga negara Indonesia

303

0.0

Jawaban terverifikasi