Nabilla N

04 Maret 2024 15:25

Iklan

Nabilla N

04 Maret 2024 15:25

Pertanyaan

Berikut yang merupakan dampak positif reformasi di bidang sosial adalah.....

Berikut yang merupakan dampak positif reformasi di bidang sosial adalah.....

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

54

:

34

Klaim

10

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

05 Maret 2024 02:49

Jawaban terverifikasi

Jawabannya c. Kesetaraan etnis tionghoa dengan lainnya. Simak penjelasannya yuk, Reformasi adalah perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa. Indonesia pernah mengalami Reformasi pada tahun 1998 yaitu tuntutan untuk adanya perubahan dalam berbagai bidang baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum dll. Adanya Reformasi ini selain berhasil menurunkan Suharto dari jabatan presiden, juga membawa beberapa dampak positif, diantaranya. 1. Masyarakat yang sebelum era reformasi dikekang kebebasannya dalam menyampaikan aspirasi, apalagi mengkritik pemerintahan, kini dapat menyampaikan aspirasi dan kritiknya tersebut dengan bebas. 2. Setiap individu mendapatkan kesempatan untuk berpolitik terbuka lebar tanpa takut untuk mengkritik lawan politiknya agar bisa membentuk pemerintahan yang lebih demokratis. 3. Indonesia menjadi lebih terbuka terhadap dunia internasional, sehingga mobilitas terhadap berbagai bidang semakin berkembang. Dengan demikian, jawabannya c. Kesetaraan etnis tionghoa dengan lainnya


Iklan

Suli P

06 Maret 2024 01:40

Jawaban terverifikasi

Jawban : b. Kehidupan politik semakin demokratis Penjelasan : Reformasi di Indonesia pada tahun 1998 bertujuan untuk menghapuskan otoritarianisme dan membawa perubahan positif, termasuk dalam aspek sosial dan politik. Kehidupan politik yang semakin demokratis adalah salah satu dampak positif Reformasi, memberikan ruang lebih besar bagi partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan politik.


Nanda R

Community

05 Maret 2024 22:27

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Dampak positif Reformasi di bidang sosial, khususnya pada pilihan b (Kehidupan politik semakin demokratis), mencakup perubahan signifikan dalam sistem politik Indonesia. Reformasi pada tahun 1998 membuka ruang yang lebih besar bagi partisipasi politik rakyat, mengakhiri rezim otoriter Orde Baru. Hal ini menciptakan lingkungan politik yang lebih terbuka dan inklusif, memungkinkan masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses politik, pemilihan umum, dan pengambilan keputusan.</p><p>Kehidupan politik yang semakin demokratis juga melibatkan berbagai pihak dalam pengambilan keputusan, mendukung kebebasan berpendapat, serta memberikan kesempatan bagi berbagai kelompok untuk mengemukakan aspirasi dan kepentingan mereka secara lebih terbuka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah dan menciptakan lingkungan politik yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.</p>

jawabannya adalah B.

 

Dampak positif Reformasi di bidang sosial, khususnya pada pilihan b (Kehidupan politik semakin demokratis), mencakup perubahan signifikan dalam sistem politik Indonesia. Reformasi pada tahun 1998 membuka ruang yang lebih besar bagi partisipasi politik rakyat, mengakhiri rezim otoriter Orde Baru. Hal ini menciptakan lingkungan politik yang lebih terbuka dan inklusif, memungkinkan masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses politik, pemilihan umum, dan pengambilan keputusan.

Kehidupan politik yang semakin demokratis juga melibatkan berbagai pihak dalam pengambilan keputusan, mendukung kebebasan berpendapat, serta memberikan kesempatan bagi berbagai kelompok untuk mengemukakan aspirasi dan kepentingan mereka secara lebih terbuka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah dan menciptakan lingkungan politik yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.


Aghniya S

06 Maret 2024 01:58

Emang benar?

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan