Cintaning A

21 Agustus 2023 11:45

Iklan

Iklan

Cintaning A

21 Agustus 2023 11:45

Pertanyaan

Berikut termasuk implikasi prinsip persamaan kedudukan warga negara, kecuali.... a. tidak ada diskriminasi terhadap indivis atau kelompok tertentu b. dalam hal tertentu ada pengistimewaan terhadap kelompok masyarakat tertentu c. semua warga negara diperlakukan sama dalam hukum dan pemerintahan d. tidak ada pengistimewaan terhadap kelompok individu masyarakat tertentu e. semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan Mohon bantuannya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Berikut termasuk implikasi prinsip persamaan kedudukan warga negara, kecuali....

a. tidak ada diskriminasi terhadap indivis atau kelompok tertentu

b. dalam hal tertentu ada pengistimewaan terhadap kelompok masyarakat tertentu

c. semua warga negara diperlakukan sama dalam hukum dan pemerintahan 

d. tidak ada pengistimewaan terhadap kelompok individu masyarakat tertentu

e. semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan

Mohon bantuannya kak, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


160

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 12:23

Jawaban terverifikasi

Prinsip persamaan kedudukan warga negara adalah prinsip yang menyatakan bahwa semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan pemerintahan. Ini berarti bahwa tidak ada diskriminasi yang dilakukan terhadap individu atau kelompok tertentu berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau faktor lainnya. Implikasi dari prinsip persamaan kedudukan warga negara adalah sebagai berikut: a. Tidak ada diskriminasi terhadap individu atau kelompok tertentu: Prinsip ini menjamin bahwa tidak ada perlakuan yang tidak adil atau diskriminatif terhadap individu atau kelompok tertentu berdasarkan karakteristik pribadi mereka. c. Semua warga negara diperlakukan sama dalam hukum dan pemerintahan: Prinsip ini menjamin bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan perlindungan hukum dan perlakuan yang adil dari pemerintah. d. Tidak ada pengistimewaan terhadap kelompok individu masyarakat tertentu: Prinsip ini menegaskan bahwa tidak ada kelompok individu masyarakat tertentu yang diberikan perlakuan istimewa atau keistimewaan yang tidak adil dibandingkan dengan kelompok lainnya. e. Semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan: Prinsip ini menjamin bahwa semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya tanpa adanya hambatan atau diskriminasi. Namun, pilihan b. "dalam hal tertentu ada pengistimewaan terhadap kelompok masyarakat tertentu" tidak termasuk dalam implikasi prinsip persamaan kedudukan warga negara. Prinsip persamaan kedudukan warga negara menekankan pada kesetaraan dan tidak adanya pengistimewaan yang tidak adil terhadap kelompok tertentu.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 12:28

Jawaban terverifikasi

<p>Prinsip persamaan kedudukan warga negara, atau equality before the law, menekankan bahwa semua warga negara harus diperlakukan sama di hadapan hukum dan pemerintahan. Ini berarti bahwa tidak ada diskriminasi yang tidak adil terhadap individu atau kelompok tertentu. Implikasi utama dari prinsip ini adalah bahwa hukum dan pemerintahan harus adil dan tidak memihak, serta bahwa hak dan kewajiban setiap warga negara harus dihormati dan diterapkan tanpa pandang bulu.</p><p>Namun, dalam beberapa kasus, terutama dalam rangka mendukung kelompok masyarakat yang mungkin membutuhkan perlindungan khusus atau pemulihan dari ketidaksetaraan sebelumnya, ada situasi di mana ada pengistimewaan tertentu yang diberikan untuk kelompok tertentu. Ini disebut sebagai affirmative action atau tindakan afirmatif.</p><p>Tindakan afirmatif adalah langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah atau lembaga-lembaga untuk mengatasi ketidaksetaraan yang sistemik atau ketidakadilan yang dialami oleh kelompok tertentu, terutama kelompok minoritas atau yang terpinggirkan. Tujuannya adalah untuk mencapai persamaan sebenarnya dengan memberikan dukungan atau kesempatan khusus kepada kelompok yang terdiskriminasi secara historis. Contoh tindakan afirmatif termasuk kuota khusus dalam pendidikan atau pekerjaan untuk kelompok tertentu.</p><p>Jadi, implikasi prinsip persamaan kedudukan warga negara adalah bahwa semua warga negara harus diperlakukan sama di hadapan hukum dan pemerintahan, tetapi dalam beberapa situasi tertentu, tindakan afirmatif bisa diambil untuk mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang ada. Oleh karena itu, jawaban b ("dalam hal tertentu ada pengistimewaan terhadap kelompok masyarakat tertentu") adalah implikasi yang tidak sepenuhnya akurat dalam konteks prinsip persamaan kedudukan warga negara.</p>

Prinsip persamaan kedudukan warga negara, atau equality before the law, menekankan bahwa semua warga negara harus diperlakukan sama di hadapan hukum dan pemerintahan. Ini berarti bahwa tidak ada diskriminasi yang tidak adil terhadap individu atau kelompok tertentu. Implikasi utama dari prinsip ini adalah bahwa hukum dan pemerintahan harus adil dan tidak memihak, serta bahwa hak dan kewajiban setiap warga negara harus dihormati dan diterapkan tanpa pandang bulu.

Namun, dalam beberapa kasus, terutama dalam rangka mendukung kelompok masyarakat yang mungkin membutuhkan perlindungan khusus atau pemulihan dari ketidaksetaraan sebelumnya, ada situasi di mana ada pengistimewaan tertentu yang diberikan untuk kelompok tertentu. Ini disebut sebagai affirmative action atau tindakan afirmatif.

Tindakan afirmatif adalah langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah atau lembaga-lembaga untuk mengatasi ketidaksetaraan yang sistemik atau ketidakadilan yang dialami oleh kelompok tertentu, terutama kelompok minoritas atau yang terpinggirkan. Tujuannya adalah untuk mencapai persamaan sebenarnya dengan memberikan dukungan atau kesempatan khusus kepada kelompok yang terdiskriminasi secara historis. Contoh tindakan afirmatif termasuk kuota khusus dalam pendidikan atau pekerjaan untuk kelompok tertentu.

Jadi, implikasi prinsip persamaan kedudukan warga negara adalah bahwa semua warga negara harus diperlakukan sama di hadapan hukum dan pemerintahan, tetapi dalam beberapa situasi tertentu, tindakan afirmatif bisa diambil untuk mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang ada. Oleh karena itu, jawaban b ("dalam hal tertentu ada pengistimewaan terhadap kelompok masyarakat tertentu") adalah implikasi yang tidak sepenuhnya akurat dalam konteks prinsip persamaan kedudukan warga negara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan aspek trigatra dalam wawasan nusantara!

172

0.0

Jawaban terverifikasi