Sarah S

02 Januari 2022 19:13

Iklan

Iklan

Sarah S

02 Januari 2022 19:13

Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan gejala interaksi sosial asosiatif adalah, KECUALI .... (A) Bergotong-royong membersihkan pekarangan sekolah. (B) Penggalangan dana untuk korban bencana alam. (C) Melakukan wawancara untuk memperoleh informasi. (D) Merebaknya black champagne menjelang pemilihan umum. (E) Bermusyawarah untuk menyelesaikan perselisihan.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Kurnianingsih

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

13 Januari 2022 04:35

Jawaban terverifikasi

Hallo Sarah, kakak bantu jawab yaa. Jadi, jawaban yang peling tepat adalah yang (D) Merebaknya black champagne menjelang pemilihan umum. Yuk disimak pembahasannya ya. Konsep pada soal masuk pada interaksi sosial yang bersifat disosiatif. Yang mana pada interaksi sosial ini merupakan hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Sehingga interaksi sosial ini dapat dikatakan sebagai aktivitas masyarakat yang dapat menimbulkan banyak gejala sosial di lingkungan sosialnya. Karena, interaksi sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat memiliki sifat-sifat yang akan mempengaruhi bentuk interaksinya, seperti interaksi bersifat asosiatif dan disosiatif. Jika dianalisis pada bentuk interaksi asosiatif adalah interaksi yang sengaja dilakukan untuk menjalin kerja sama dan juga mengarah pada persatuan dan kesatuan masyarakat, yang dapat terwujud dalam mencapai kepenntingan bersama melalui gotong royong, kerja sama, membangun empati dan lain sebagainya. Dengan contohnya adalah membantu orang lain yang sedang kesusahan, bermusyawarah dan banyak contoh lainnya. Dari penjelasan tersebut, bisa di ketahui bahwa yang bukan termasuk interaksi asosiatif yaitu Merebaknya black champagne menjelang pemilihan umum. Karena pada kegiatan tersebut termasuk dalam bentuk interaksi disosiatif yang mengarah pada perpecahan dan konflik antar masyarakat. Terimakasih ya sudah menggunakan Roboguru, semoga membantu. :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Urbanisasi merupakan perpindahan masyarakat dari desa ke kota. Perpindahan ini dinamakan mobilitas .... (A) Vertical (B) Geografis (C) Antargenerasi (D) Intragenerasi (E) Vertikal naik

17

0.0

Jawaban terverifikasi