Geo G

02 Agustus 2022 14:46

Iklan

Iklan

Geo G

02 Agustus 2022 14:46

Pertanyaan

berikut ini pernyataan yang salah tentang karakteristik lapisan atmosfer bumi adalah…. a. troposfer, lokasi terjadinya cuaca. b. stratosfer, tempat terjadinya hujan. c. mesosfer, tempat meteorid terbakar. d. termosfer, lokasi terjadinya aurora e. eksosfer, ruang antar planet.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Hudayanti

29 Agustus 2022 17:00

Jawaban terverifikasi

Jawab : B Stratosfer, tempat terjadinya hujan Atmosfer terdiri atas beberapa lapisan. Lapisan- lapisan tersebut adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Berikut penjelasannya 1. Troposfer - Merupakan tempat terjadinya cuaca dan iklim, serta berbagai peristiwa cuaca seperti hujan, petir, angin, dan awan - Suhu di lapisan ini akan turun sekitar 0,5ᵒ hingga 0.6ᵒ Celcius ketika mengalami kenaikan tiap 100 meter. - Memiliki ketinggian yang berbeda- beda di setiap tempatnya. Misalnya di daerah garis ekuator ketinggiannya bisa mencapai 16 km, sedangkan di daerah kutub ketinggiannya hanya sekitar 8 km. 2. Stratosfer - Terdapat lapisan ozon, yakni lapisan yang melindungi Bumi dari radiasi sinar ultraviolet dengan cara menyerapnya. Karena lapisan ozon menyerap sinar dari matahari inilah yang menyebabkan suhunya semakin tinggi justru sekalin naik. - Merupakan lapisan atmosfer yang terendar nomor dua, yakni berada di atas lapisan troposfer - Merupakan lapisan yang berada di ketinggian sekitar 12 hingga 16 km 3. Mesosfer - Berada di ketinggian sekitar 60 hingga 80 km - Mempunyai suhu yang rendah, yakni antara -50ᵒ hingga -70ᵒ Celcius. - Merupakan lapisan yang melindungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Benda langit yang jatuh akan terbakar di lapisan ini dan akan berubah menjadi meteor. Meteor tersebut akan terbakan dan hancur di lapisan ini dan berubah menjadi kepingan- kepingan yang disebut dengan meteorit. Meteorit tersebut akan habis sebelum mencapai permukaan Bumi. 4. Termosfer - Terdapat lapisan ionosfer, yaitu lapisan yang berfungsi sebagai penyebar gelombang radio dan gelombang komunikasi lainnya. - Berada di ketinggian sekitar 80 hingga 800 km - Suhu di lapisan ini sangat panas, dimana di puncak lapisan ini suhu dapat mencapai lebih dari 1000ᵒ Celcius. Oleh karena itulah lapisan ini juga dibut sebagai lapisan pana (hot layer) 5. Eksosfer - Merupakan lapisan tertinggi dari semua lapisan atmosfer - Berada di ketinggian lebih dari 800 km - Gaya gravitasi sangat kecil karena berada di paling luar Bumi Dalam soal yang ditanyakan adalah pernyataan yang salah dari fungsi lapisan atmosfer, dilihat dari pilihannya stratosfer bukan sebagai tempat terjadinya hujan, karena hujan terjadi di lapisan yang paling dekat dengan lapisan bumi yaitu troposfer. Oleh karena itu jawabannya adalah B (Stratosfer, tempat terjadinya hujan)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kota di Indonesia yang menurut sejarah pertumbuhannya berasal dari pertambangan adalah .... a. Dumai, Tembagapura, Bogor b. Bandung, Pematang Siantar, Cepu c. Palembang, Deli Serdang, Soroako d. Jakarata, Kuala Tanjung, Surabaya e. Sawah Lunto, Soroako, Bontang, Duma

329

0.0

Jawaban terverifikasi