Anthony S

13 April 2024 07:36

Iklan

Iklan

Anthony S

13 April 2024 07:36

Pertanyaan

Berikut ini adalah pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia, KECUALI ... (A) Clostridium botulinum-penghasil toksin (B) Lactobacillus bulgaricus-sebagai probiotik (C) Streptomyces coelicolor-penghasil antibiotik (D) Candida albicans-penyebab keputihan pada wanita (E) Pseudomonas aeruginosa-pendegradasi limbah organik.


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Juni 2024 12:42

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah: (D) Candida albicans-penyebab keputihan pada wanita. Penjelasan: (A) Clostridium botulinum adalah bakteri yang menghasilkan toksin botulinum, yang dapat menyebabkan botulisme pada manusia. (B) Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri probiotik yang digunakan dalam pembuatan yogurt dan memiliki manfaat bagi pencernaan manusia. (C) Streptomyces coelicolor adalah bakteri yang menghasilkan banyak antibiotik, seperti streptomisin. (E) Pseudomonas aeruginosa adalah bakteri yang sering ditemukan di lingkungan air dan tanah, serta dapat mendegradasi limbah organik. Namun, Candida albicans sebenarnya adalah sejenis ragi dan bukan bakteri. Candida albicans adalah patogen yang umumnya ditemukan pada manusia dan dapat menyebabkan infeksi ragi pada area tubuh tertentu, seperti mulut atau vagina, tetapi bukanlah penyebab langsung keputihan pada wanita. Penyebab keputihan pada wanita dapat melibatkan sejumlah faktor, termasuk perubahan hormonal, infeksi bakteri, atau jamur lainnya seperti Candida spp. Jadi, yang tidak sesuai dengan pasangan mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia adalah: (D) Candida albicans-penyebab keputihan pada wanita.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

Dijawab sehari yang lalu

Jawaban yang benar adalah : D Penjelasan: Candida albicans adalah jenis ragi atau jamur yang dapat ditemukan di dalam tubuh manusia, terutama di saluran pencernaan, mulut, dan vagina. Ketika kondisi tubuh tidak seimbang, misalnya karena penurunan sistem kekebalan tubuh atau perubahan lingkungan di dalam vagina, Candida albicans dapat berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan infeksi, seperti keputihan pada wanita. Keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans biasanya disertai dengan gejala seperti gatal, nyeri, dan keluarnya cairan putih kekuningan dari vagina. Infeksi jamur ini dapat diobati dengan obat antijamur yang diresepkan oleh dokter. Meskipun Candida albicans dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, namun secara umum, mikroorganisme ini tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi kehidupan manusia seperti mikroorganisme prokariotik lainnya yang disebutkan dalam pertanyaan. Oleh karena itu, Candida albicans tidak termasuk dalam pasangan yang benar antara mikroorganisme prokariotik dan perannya dalam kehidupan manusia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan

Iklan