Bintang N

29 Februari 2024 07:28

Iklan

Iklan

Bintang N

29 Februari 2024 07:28

Pertanyaan

Berikan penjelasan dengan contoh-contonya yang menggambarkan bahwa sebagai bangsa yang memiliki jati diri Pancasila, maka lima prinsip atau lima sila dari Pancasila tersebut harus terinternalisasi dalam sikap dan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia !

Berikan penjelasan dengan contoh-contonya yang menggambarkan bahwa sebagai bangsa yang memiliki jati diri Pancasila, maka lima prinsip atau lima sila dari Pancasila  tersebut harus terinternalisasi dalam sikap dan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia !
 


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

06 Maret 2024 20:57

Jawaban terverifikasi

Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, seharusnya terinternalisasi dalam sikap dan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia. Berikut adalah penjelasan dengan contoh-contoh yang menggambarkan bagaimana lima sila Pancasila seharusnya tercermin dalam kehidupan sehari-hari: Ketuhanan Yang Maha Esa: Contoh: Menghormati dan mengakui keberagaman agama dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, berpartisipasi dalam perayaan agama, menghargai tempat ibadah, dan menjaga toleransi antarumat beragama. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Contoh: Menunjukkan sikap keadilan dan beradab dalam interaksi sehari-hari. Misalnya, memperlakukan orang lain dengan hormat tanpa memandang suku, ras, agama, dan status sosial, serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial untuk membantu sesama. Persatuan Indonesia: Contoh: Menciptakan persatuan dan solidaritas di antara masyarakat Indonesia. Misalnya, merayakan perayaan nasional bersama-sama, berkolaborasi dalam kegiatan gotong royong, dan menjaga persatuan di tengah perbedaan. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Contoh: Mengedepankan semangat musyawarah dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Misalnya, aktif terlibat dalam perayaan pemilihan umum, mendukung transparansi dalam pemerintahan, dan memberikan masukan untuk perbaikan kebijakan. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Contoh: Menunjukkan kepedulian terhadap keadilan sosial dan pemerataan. Misalnya, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, mendukung program-program pemberdayaan masyarakat, dan berkontribusi untuk menciptakan lingkungan sosial yang adil.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

16 Maret 2024 01:11

Jawaban terverifikasi

<p>berikut adalah penjelasan beserta contoh-contoh yang menggambarkan bagaimana lima prinsip atau lima sila dari Pancasila harus terinternalisasi dalam sikap dan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia:</p><p><strong>Ketuhanan Yang Maha Esa</strong>: Masyarakat Indonesia menunjukkan penghargaan dan rasa hormat terhadap beragam kepercayaan agama dan spiritualitas. Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari, orang Indonesia dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing tanpa adanya diskriminasi atau intoleransi terhadap agama lain.</p><p><strong>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab</strong>: Masyarakat Indonesia menunjukkan sikap empati, keadilan, dan toleransi dalam berinteraksi dengan sesama. Contohnya, ketika terjadi bencana alam, masyarakat Indonesia secara bersama-sama memberikan bantuan kepada sesama tanpa memandang suku, agama, atau ras.</p><p><strong>Persatuan Indonesia</strong>: Masyarakat Indonesia membangun kesatuan dan persatuan meskipun terdiri dari beragam suku, budaya, dan agama. Contohnya, dalam momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, seluruh masyarakat merayakan bersama dengan semangat kebangsaan yang sama.</p><p><strong>Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan</strong>: Masyarakat Indonesia menghargai demokrasi dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Contohnya, dalam pemilihan umum, masyarakat secara aktif menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang dianggap mampu mewakili kepentingan rakyat.</p><p><strong>Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia</strong>: Masyarakat Indonesia memperjuangkan kesetaraan dan keadilan dalam memperoleh akses terhadap sumber daya dan kesempatan. Contohnya, pemerintah dan masyarakat berupaya untuk memberikan akses pendidikan dan kesehatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi.</p><p><br>&nbsp;</p>

berikut adalah penjelasan beserta contoh-contoh yang menggambarkan bagaimana lima prinsip atau lima sila dari Pancasila harus terinternalisasi dalam sikap dan perilaku sehari-hari masyarakat Indonesia:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Masyarakat Indonesia menunjukkan penghargaan dan rasa hormat terhadap beragam kepercayaan agama dan spiritualitas. Contohnya, dalam kehidupan sehari-hari, orang Indonesia dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing tanpa adanya diskriminasi atau intoleransi terhadap agama lain.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Masyarakat Indonesia menunjukkan sikap empati, keadilan, dan toleransi dalam berinteraksi dengan sesama. Contohnya, ketika terjadi bencana alam, masyarakat Indonesia secara bersama-sama memberikan bantuan kepada sesama tanpa memandang suku, agama, atau ras.

Persatuan Indonesia: Masyarakat Indonesia membangun kesatuan dan persatuan meskipun terdiri dari beragam suku, budaya, dan agama. Contohnya, dalam momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, seluruh masyarakat merayakan bersama dengan semangat kebangsaan yang sama.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Masyarakat Indonesia menghargai demokrasi dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Contohnya, dalam pemilihan umum, masyarakat secara aktif menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang dianggap mampu mewakili kepentingan rakyat.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Masyarakat Indonesia memperjuangkan kesetaraan dan keadilan dalam memperoleh akses terhadap sumber daya dan kesempatan. Contohnya, pemerintah dan masyarakat berupaya untuk memberikan akses pendidikan dan kesehatan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada dasarnya nasionalisme merupakan gejala psikologis dalam wujud rasa persamaan sekelompok manusia, yang memunculkan kesadaran sebagai bangsa. Berikut ini yang tidak termasuk konsep dasar yang mendasari rasa persamaan tersebut adalah : …. A. Pengalaman sejarah bangsa B. Persatuan dan cita-cita bersama C. Semangat persatuan dan kesatuan D. Rasa senasib sepenanggungan E. Rasa bangga yang berlebihan terhadap bangsa dan negara

5

0.0

Jawaban terverifikasi