IHSAN R

17 Februari 2024 10:05

Iklan

Iklan

IHSAN R

17 Februari 2024 10:05

Pertanyaan

Berikan masing-masing tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang sosial dan budaya


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

18 Februari 2024 08:45

Jawaban terverifikasi

<h2>Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Sosial dan Budaya:</h2><p><strong>Bidang Sosial:</strong></p><ol><li><strong>Melakukan kegiatan bakti sosial:</strong> Contohnya, membantu korban bencana alam, mengadakan donor darah, atau membersihkan lingkungan bersama.</li><li><strong>Menjaga kerukunan antarumat beragama:</strong> Contohnya, dengan menghadiri perayaan keagamaan tetangga, saling menghormati perbedaan, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian.</li><li><strong>Menjadi relawan dalam kegiatan sosial:</strong> Contohnya, menjadi pengajar di taman bacaan, membantu di panti asuhan, atau menjadi relawan penanggulangan bencana.</li></ol><p><strong>Bidang Budaya:</strong></p><ol><li><strong>Melestarikan budaya bangsa:</strong> Contohnya, dengan mempelajari tarian tradisional, mempelajari bahasa daerah, dan menggunakan pakaian adat dalam acara resmi.</li><li><strong>Menjaga nilai-nilai luhur bangsa:</strong> Contohnya, dengan menghormati orang tua, menjaga sopan santun, dan menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong.</li><li><strong>Mempromosikan budaya bangsa kepada dunia internasional:</strong> Contohnya, dengan mengikuti festival budaya internasional, menjadi duta budaya, atau mempromosikan budaya bangsa di media sosial.</li></ol><p><strong>Contoh Lainnya:</strong></p><ul><li>Mengikuti program Keluarga Berencana (KB)</li><li>Membayar pajak tepat waktu</li><li>Mengikuti upacara bendera</li><li>Menjaga kelestarian alam dan lingkungan</li><li>Berpartisipasi dalam kegiatan ronda malam</li><li>Menolak tawaran suap</li><li>Melawan hoax dan ujaran kebencian</li><li>Menjaga nama baik bangsa di luar negeri</li></ul><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Bela negara bukan hanya tentang mengangkat senjata, tetapi juga tentang melakukan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa. Perwujudan bela negara dapat dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk bidang sosial dan budaya.</p>

Perwujudan Bela Negara dalam Bidang Sosial dan Budaya:

Bidang Sosial:

  1. Melakukan kegiatan bakti sosial: Contohnya, membantu korban bencana alam, mengadakan donor darah, atau membersihkan lingkungan bersama.
  2. Menjaga kerukunan antarumat beragama: Contohnya, dengan menghadiri perayaan keagamaan tetangga, saling menghormati perbedaan, dan tidak menyebarkan ujaran kebencian.
  3. Menjadi relawan dalam kegiatan sosial: Contohnya, menjadi pengajar di taman bacaan, membantu di panti asuhan, atau menjadi relawan penanggulangan bencana.

Bidang Budaya:

  1. Melestarikan budaya bangsa: Contohnya, dengan mempelajari tarian tradisional, mempelajari bahasa daerah, dan menggunakan pakaian adat dalam acara resmi.
  2. Menjaga nilai-nilai luhur bangsa: Contohnya, dengan menghormati orang tua, menjaga sopan santun, dan menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong.
  3. Mempromosikan budaya bangsa kepada dunia internasional: Contohnya, dengan mengikuti festival budaya internasional, menjadi duta budaya, atau mempromosikan budaya bangsa di media sosial.

Contoh Lainnya:

  • Mengikuti program Keluarga Berencana (KB)
  • Membayar pajak tepat waktu
  • Mengikuti upacara bendera
  • Menjaga kelestarian alam dan lingkungan
  • Berpartisipasi dalam kegiatan ronda malam
  • Menolak tawaran suap
  • Melawan hoax dan ujaran kebencian
  • Menjaga nama baik bangsa di luar negeri

Kesimpulan:

Bela negara bukan hanya tentang mengangkat senjata, tetapi juga tentang melakukan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa. Perwujudan bela negara dapat dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk bidang sosial dan budaya.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

19 Februari 2024 04:49

Jawaban terverifikasi

<p>Perwujudan bela negara dalam bidang sosial dan budaya dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berikut adalah tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang sosial dan budaya:</p><p><strong>Bidang Sosial</strong></p><p><strong>Gotong Royong:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Gotong royong adalah prinsip kerja sama dan gotong royong dalam masyarakat. Ini mencakup partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan bersama, seperti membersihkan lingkungan, membangun infrastruktur, atau membantu warga yang membutuhkan.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Gotong royong mencerminkan semangat kebersamaan dan solidaritas, yang merupakan fondasi kuat untuk membangun masyarakat yang kokoh dan bersatu.</li></ul><p><strong>Partisipasi dalam Program Sosial:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Partisipasi dalam program sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, atau turut serta dalam kampanye kesehatan.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Dengan aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial, masyarakat dapat membantu sesama dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama, menciptakan fondasi sosial yang kuat.</li></ul><p><strong>Pemberdayaan Masyarakat:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Melalui pelatihan dan pendidikan, pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan warga untuk lebih mandiri dan berkontribusi pada pembangunan lokal.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Masyarakat yang terampil dan mandiri memiliki potensi untuk lebih efektif dalam mendukung pembangunan nasional dan lokal.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Bidang Budaya</strong></p><p><strong>Pelestarian Budaya Lokal:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Upaya untuk melestarikan warisan budaya, tradisi, dan kesenian lokal, seperti tarian tradisional, seni rupa, atau bahasa daerah.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Pelestarian budaya lokal adalah bentuk perlindungan terhadap identitas nasional dan kekayaan budaya yang memperkaya keberagaman Indonesia.</li></ul><p><strong>Promosi Bahasa Indonesia:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Mendukung dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi yang bersama dan bersifat inklusif di berbagai lapisan masyarakat.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Bahasa yang kuat dan bersama memainkan peran kunci dalam menyatukan bangsa dan memperkuat jati diri nasional.</li></ul><p><strong>Partisipasi dalam Festival dan Pameran Budaya:</strong></p><ul><li><strong>Deskripsi:</strong> Mengikuti dan mendukung festival budaya atau pameran seni yang memperlihatkan kekayaan budaya dari berbagai daerah.</li><li><strong>Peran dalam Bela Negara:</strong> Melalui partisipasi dalam kegiatan budaya, masyarakat dapat memperlihatkan kekayaan seni dan budaya yang menjadi aset bangsa, serta menguatkan persatuan di tengah keberagaman.</li></ul>

Perwujudan bela negara dalam bidang sosial dan budaya dapat ditemukan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berikut adalah tiga contoh perwujudan bela negara dalam bidang sosial dan budaya:

Bidang Sosial

Gotong Royong:

  • Deskripsi: Gotong royong adalah prinsip kerja sama dan gotong royong dalam masyarakat. Ini mencakup partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan bersama, seperti membersihkan lingkungan, membangun infrastruktur, atau membantu warga yang membutuhkan.
  • Peran dalam Bela Negara: Gotong royong mencerminkan semangat kebersamaan dan solidaritas, yang merupakan fondasi kuat untuk membangun masyarakat yang kokoh dan bersatu.

Partisipasi dalam Program Sosial:

  • Deskripsi: Partisipasi dalam program sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, atau turut serta dalam kampanye kesehatan.
  • Peran dalam Bela Negara: Dengan aktif berpartisipasi dalam kegiatan sosial, masyarakat dapat membantu sesama dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama, menciptakan fondasi sosial yang kuat.

Pemberdayaan Masyarakat:

  • Deskripsi: Melalui pelatihan dan pendidikan, pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan warga untuk lebih mandiri dan berkontribusi pada pembangunan lokal.
  • Peran dalam Bela Negara: Masyarakat yang terampil dan mandiri memiliki potensi untuk lebih efektif dalam mendukung pembangunan nasional dan lokal.

 

Bidang Budaya

Pelestarian Budaya Lokal:

  • Deskripsi: Upaya untuk melestarikan warisan budaya, tradisi, dan kesenian lokal, seperti tarian tradisional, seni rupa, atau bahasa daerah.
  • Peran dalam Bela Negara: Pelestarian budaya lokal adalah bentuk perlindungan terhadap identitas nasional dan kekayaan budaya yang memperkaya keberagaman Indonesia.

Promosi Bahasa Indonesia:

  • Deskripsi: Mendukung dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi yang bersama dan bersifat inklusif di berbagai lapisan masyarakat.
  • Peran dalam Bela Negara: Bahasa yang kuat dan bersama memainkan peran kunci dalam menyatukan bangsa dan memperkuat jati diri nasional.

Partisipasi dalam Festival dan Pameran Budaya:

  • Deskripsi: Mengikuti dan mendukung festival budaya atau pameran seni yang memperlihatkan kekayaan budaya dari berbagai daerah.
  • Peran dalam Bela Negara: Melalui partisipasi dalam kegiatan budaya, masyarakat dapat memperlihatkan kekayaan seni dan budaya yang menjadi aset bangsa, serta menguatkan persatuan di tengah keberagaman.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya diskriminasi di masyarakat adalah A Melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya toleransi dan saling menghormati. B Semua jawaban di atas benar. C Memperkuat peran lembaga-lembaga yang menangani masalah diskriminasi. D Menerapkan hukum yang tegas bagi pelaku diskriminasi. SOAL SEBELUMNYA RAGU-RAGU SOAL

7

0.0

Jawaban terverifikasi