Habibah T

28 Juni 2024 07:18

Iklan

Iklan

Habibah T

28 Juni 2024 07:18

Pertanyaan

berikan contoh penerapan pemanfaatan energi dari sampah di Indonesia

berikan contoh penerapan pemanfaatan energi dari sampah di Indonesia


17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erin W

28 Juni 2024 07:36

Jawaban terverifikasi

<p>PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) merupakan proyek yang telah diterapkan di Indonesia di beberapa wilayah untuk memanfaatkan energi dari sampah. Proyek ini mengubah sampah menjadi listrik menggunakan teknologi insinerasi. Sampah dibakar untuk menghasilkan uap yang menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik.</p><p>&nbsp;</p>

PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) merupakan proyek yang telah diterapkan di Indonesia di beberapa wilayah untuk memanfaatkan energi dari sampah. Proyek ini mengubah sampah menjadi listrik menggunakan teknologi insinerasi. Sampah dibakar untuk menghasilkan uap yang menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

28 Juni 2024 10:07

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa contoh penerapan pemanfaatan energi dari sampah di Indonesia:</p><p><strong>Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Bantargebang</strong>: Terletak di TPA Bantargebang, Bekasi, proyek ini adalah salah satu inisiatif besar dalam mengubah sampah menjadi energi listrik. PLTSa Bantargebang mengolah sampah menjadi listrik yang kemudian disalurkan ke jaringan listrik nasional.</p><p><strong>Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) di Bali</strong>: Di Bali, ada beberapa inisiatif yang mengubah limbah organik dari pasar dan rumah tangga menjadi biogas. Biogas ini digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk memasak dan juga untuk menghasilkan listrik.</p><p><strong>Proyek Pengolahan Sampah Menjadi Energi di Surabaya</strong>: Surabaya memiliki beberapa proyek pengolahan sampah menjadi energi, termasuk insinerator yang mengubah sampah menjadi listrik. Proyek ini juga membantu mengurangi volume sampah yang harus ditimbun di TPA.</p><p><strong>Proyek PLTSa di Bandung</strong>: Pemerintah Kota Bandung telah menginisiasi proyek PLTSa untuk mengolah sampah menjadi listrik. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan sampah sekaligus menyediakan sumber energi terbarukan bagi kota.</p><p><strong>Pengolahan Sampah Organik Menjadi Biogas di Yogyakarta</strong>: Di beberapa daerah di Yogyakarta, sampah organik diolah menjadi biogas melalui proses fermentasi. Biogas ini kemudian digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan menghasilkan listrik dalam skala kecil.</p>

Berikut adalah beberapa contoh penerapan pemanfaatan energi dari sampah di Indonesia:

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Bantargebang: Terletak di TPA Bantargebang, Bekasi, proyek ini adalah salah satu inisiatif besar dalam mengubah sampah menjadi energi listrik. PLTSa Bantargebang mengolah sampah menjadi listrik yang kemudian disalurkan ke jaringan listrik nasional.

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) di Bali: Di Bali, ada beberapa inisiatif yang mengubah limbah organik dari pasar dan rumah tangga menjadi biogas. Biogas ini digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk memasak dan juga untuk menghasilkan listrik.

Proyek Pengolahan Sampah Menjadi Energi di Surabaya: Surabaya memiliki beberapa proyek pengolahan sampah menjadi energi, termasuk insinerator yang mengubah sampah menjadi listrik. Proyek ini juga membantu mengurangi volume sampah yang harus ditimbun di TPA.

Proyek PLTSa di Bandung: Pemerintah Kota Bandung telah menginisiasi proyek PLTSa untuk mengolah sampah menjadi listrik. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan sampah sekaligus menyediakan sumber energi terbarukan bagi kota.

Pengolahan Sampah Organik Menjadi Biogas di Yogyakarta: Di beberapa daerah di Yogyakarta, sampah organik diolah menjadi biogas melalui proses fermentasi. Biogas ini kemudian digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan menghasilkan listrik dalam skala kecil.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

14

5.0

Jawaban terverifikasi