Sofi K

24 Agustus 2023 00:52

Iklan

Iklan

Sofi K

24 Agustus 2023 00:52

Pertanyaan

berdasarkan stimulus terdapat pertanyaan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara di wilayah khatulistiwa yang sangat mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna apakah pertanyaan tersebut dapat dikatakan akurat jelaskan


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

24 Agustus 2023 08:19

Jawaban terverifikasi

<p>Pertanyaan tersebut dapat dikatakan akurat. Indonesia memang terletak di wilayah khatulistiwa, dan kondisi geografis serta iklimnya menciptakan lingkungan yang sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna. Wilayah khatulistiwa memiliki ciri-ciri tertentu yang menghasilkan keragaman hayati yang tinggi.</p><p>Beberapa alasan mengapa Indonesia sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna adalah sebagai berikut:</p><p><strong>Keanekaragaman Hayati</strong>: Indonesia dikenal dengan sebutan "Negeri Seribu Pulau" karena memiliki banyak pulau-pulau yang beragam. Setiap pulau memiliki ekosistem unik dan berbeda, yang menghasilkan beragam flora dan fauna.</p><p><strong>Iklim Tropis</strong>: Iklim tropis di Indonesia menciptakan kondisi yang hangat dan lembap sepanjang tahun. Ini sangat menguntungkan bagi tanaman dan hewan yang berasal dari lingkungan tropis, karena memberikan mereka lingkungan yang sesuai untuk tumbuh dan berkembang.</p><p><strong>Lahan Basah</strong>: Indonesia memiliki banyak lahan basah seperti hutan hujan tropis dan rawa-rawa. Lahan basah ini merupakan habitat yang sangat penting bagi banyak spesies flora dan fauna, termasuk spesies endemik.</p><p><strong>Keragaman Ekosistem</strong>: Indonesia memiliki berbagai ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, hutan mangrove, hutan pegunungan, hingga terumbu karang. Ini menciptakan beragam habitat bagi berbagai jenis makhluk hidup.</p><p><strong>Spesies Endemik</strong>: Indonesia memiliki banyak spesies endemik, artinya spesies yang hanya ada di wilayah tertentu. Keberadaan spesies-spesies ini menunjukkan pentingnya lingkungan Indonesia sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan yang unik.</p><p>Namun, meskipun Indonesia memiliki lingkungan yang mendukung, keragaman hayati dan ekosistemnya juga menghadapi berbagai tantangan, seperti deforestasi, perubahan iklim, perburuan ilegal, dan kerusakan habitat. Penting untuk menjaga dan melestarikan lingkungan ini untuk keberlanjutan dan kelangsungan hayati.</p>

Pertanyaan tersebut dapat dikatakan akurat. Indonesia memang terletak di wilayah khatulistiwa, dan kondisi geografis serta iklimnya menciptakan lingkungan yang sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna. Wilayah khatulistiwa memiliki ciri-ciri tertentu yang menghasilkan keragaman hayati yang tinggi.

Beberapa alasan mengapa Indonesia sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna adalah sebagai berikut:

Keanekaragaman Hayati: Indonesia dikenal dengan sebutan "Negeri Seribu Pulau" karena memiliki banyak pulau-pulau yang beragam. Setiap pulau memiliki ekosistem unik dan berbeda, yang menghasilkan beragam flora dan fauna.

Iklim Tropis: Iklim tropis di Indonesia menciptakan kondisi yang hangat dan lembap sepanjang tahun. Ini sangat menguntungkan bagi tanaman dan hewan yang berasal dari lingkungan tropis, karena memberikan mereka lingkungan yang sesuai untuk tumbuh dan berkembang.

Lahan Basah: Indonesia memiliki banyak lahan basah seperti hutan hujan tropis dan rawa-rawa. Lahan basah ini merupakan habitat yang sangat penting bagi banyak spesies flora dan fauna, termasuk spesies endemik.

Keragaman Ekosistem: Indonesia memiliki berbagai ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, hutan mangrove, hutan pegunungan, hingga terumbu karang. Ini menciptakan beragam habitat bagi berbagai jenis makhluk hidup.

Spesies Endemik: Indonesia memiliki banyak spesies endemik, artinya spesies yang hanya ada di wilayah tertentu. Keberadaan spesies-spesies ini menunjukkan pentingnya lingkungan Indonesia sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan yang unik.

Namun, meskipun Indonesia memiliki lingkungan yang mendukung, keragaman hayati dan ekosistemnya juga menghadapi berbagai tantangan, seperti deforestasi, perubahan iklim, perburuan ilegal, dan kerusakan habitat. Penting untuk menjaga dan melestarikan lingkungan ini untuk keberlanjutan dan kelangsungan hayati.


Iklan

Iklan

Kevin L

Gold

24 Agustus 2023 08:33

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】:Ya. 【Penjelasan】:Indonesia memang terletak di wilayah Khatulistiwa, yang dikenal dengan iklim tropisnya. Iklim tropis ini memberikan kelembaban dan suhu yang stabil sepanjang tahun, yang sangat mendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan berbagai jenis flora dan fauna. Kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Selain itu, posisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau juga memberikan habitat yang beragam bagi spesies-spesies tertentu untuk berkembang. Oleh karena itu, pernyataan bahwa Indonesia mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai flora dan fauna karena letaknya di wilayah Khatulistiwa adalah akurat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Fungsi lapisan ozon di atmosfer adalah.,,

254

0.0

Jawaban terverifikasi