Anse M

25 April 2022 13:00

Iklan

Iklan

Anse M

25 April 2022 13:00

Pertanyaan

Berdasarkan karakteristik partikel-partikel zat padat, zat cair, dan gas, jelaskan mengapa gelombang bunyi merambat lebih cepat di dalam zat padat dibandingkan ketika merambat di dalam zat cair maupun gas dan bunyi juga merambat lebih cepat di dalam zat cair dibandingkan ketika merambat di dalam gas.


73

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Syarif

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

26 April 2022 04:37

Jawaban terverifikasi

Hallo Anse, jawaban soal ini adalah kecepatan rambat bunyi bergantung kepada tingkat kerapatan partikel penyusun medium. Semakin rapat partikel penyusun suatu medium bunyi akan merambat semakin cepat. Bunyi merupakan gelombang mekanik yang membutuhkan medium untuk merambat. Medium perambatan bunyi dapat berupa zat padat, zat cair atau gas. Saat bunyi merambat pada suatu medium, partikel penyusun medium tersebut akan bergetar. Getaran tersebut akan merambat dari satu partikel ke partikel lainnya. Semakin rapat partikel penyusun suatu medium bunyi akan merambat semakin cepat. Hal inilah yang menyebabkan bunyi lebih cepat merambat di zat padat dibanding zat cair dan gas karena partikel zat padat lebih rapat dibanding partikel zat cair dan gas. Begitu juga bunyi lebih cepat merambat pada zat cair dibanding gas karena partikel zat cair lebih rapat dari partikel gas. Jadi gelombang bunyi merambat lebih cepat di dalam zat padat dibandingkan ketika merambat di dalam zat cair maupun gas dan bunyi juga merambat lebih cepat di dalam zat cair dibandingkan ketika merambat di dalam gas karena kecepatan rambat bunyi bergantung kepada tingkat kerapatan partikel penyusun medium. Semakin rapat partikel penyusun suatu medium bunyi akan merambat semakin cepat.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

roda a, b dan c dihubungkan dengan tali (ra= 2 cm, rb = 4 cm, rc = 6 cm) seperti gambar. jika kecepatan sudut roda c sebesar 60 rad.s-1, maka kecepatan linier roda b adalah....m/s a. 720,0 b. 72,0 c. 10,8 d. 7,2 e. 3,6

281

2.0

Jawaban terverifikasi