Rezky P

18 Oktober 2023 06:27

Iklan

Rezky P

18 Oktober 2023 06:27

Pertanyaan

Benda yang gaya tarik antara zat penyusunnya sangat lemah adalah​ ... a. besi b. raksa c. aluminium d. gas oksigen

Benda yang gaya tarik antara zat penyusunnya sangat lemah adalah​ ...

 a. besi 

b. raksa 

c. aluminium 

d. gas oksigen

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

22

:

17

:

36

Klaim

8

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Rendi R

Community

18 Oktober 2023 06:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah <strong>(d) gas oksigen</strong>.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Gas oksigen memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang sangat lemah. Hal ini karena jarak antar partikel gas oksigen sangat jauh dan partikel-partikelnya bergerak bebas.</p><p>&nbsp;</p><p>Besi, aluminium, dan raksa adalah benda padat. Benda padat memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang kuat. Hal ini karena jarak antar partikel benda padat sangat dekat dan partikel-partikelnya saling tarik-menarik.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut adalah penjelasan singkat tentang gaya tarik antara zat penyusun benda padat, cair, dan gas:</p><ul><li><strong>Benda padat</strong> memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang kuat. Hal ini karena jarak antar partikel benda padat sangat dekat dan partikel-partikelnya saling tarik-menarik.</li><li><strong>Benda cair</strong> memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang lemah. Hal ini karena jarak antar partikel benda cair lebih jauh daripada benda padat, tetapi masih cukup dekat untuk saling tarik-menarik.</li><li><strong>Benda gas</strong> memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang sangat lemah. Hal ini karena jarak antar partikel benda gas sangat jauh dan partikel-partikelnya bergerak bebas.</li></ul>

Jawaban yang benar adalah (d) gas oksigen

 

Gas oksigen memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang sangat lemah. Hal ini karena jarak antar partikel gas oksigen sangat jauh dan partikel-partikelnya bergerak bebas.

 

Besi, aluminium, dan raksa adalah benda padat. Benda padat memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang kuat. Hal ini karena jarak antar partikel benda padat sangat dekat dan partikel-partikelnya saling tarik-menarik.

 

Berikut adalah penjelasan singkat tentang gaya tarik antara zat penyusun benda padat, cair, dan gas:

  • Benda padat memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang kuat. Hal ini karena jarak antar partikel benda padat sangat dekat dan partikel-partikelnya saling tarik-menarik.
  • Benda cair memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang lemah. Hal ini karena jarak antar partikel benda cair lebih jauh daripada benda padat, tetapi masih cukup dekat untuk saling tarik-menarik.
  • Benda gas memiliki gaya tarik antara zat penyusunnya yang sangat lemah. Hal ini karena jarak antar partikel benda gas sangat jauh dan partikel-partikelnya bergerak bebas.

Rezky P

18 Oktober 2023 06:38

terimakasih kak

Iklan

Sumber W

Community

18 Oktober 2023 07:26

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban :&nbsp;</p><p>D. Gas Oksigen</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p>Zat gas adalah zat yang gaya tarik antar pertikelnya sangat lemah sehingga volume zat gak cepat memenuhi ruang</p>

Jawaban : 

D. Gas Oksigen

 

Penjelasan :

Zat gas adalah zat yang gaya tarik antar pertikelnya sangat lemah sehingga volume zat gak cepat memenuhi ruang


R. Mutia

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

18 Oktober 2023 23:27

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah d. gas oksigen.</p><p>&nbsp;</p><p>Soal ini dapat diselesaikan dengan memahami karakteristik zat berbentuk padat, cair, dan gas. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah:</p><p>1. Zat padat, karakteristiknya:</p><p>- bentuknya tetap (tidak mengikuti wadah)</p><p>- volume tetap</p><p>- gaya tarik antar partikel penyusun sangat kuat</p><p>&nbsp;</p><p>2. Zat cair, karakteristiknya:</p><p>- bentuknya berubah ( mengikuti wadah)</p><p>- volume tetap</p><p>- gaya tarik antar partikel penyusun tidak sekuat zat padat, tetapi lebih kuat daripada zat gas</p><p>&nbsp;</p><p>3. Zat gas, karakteristiknya:</p><p>- bentuknya berubah (mengikuti wadah)</p><p>- volume berubah (mengikuti wadah)</p><p>- gaya tarik antar partikel penyusun paling lemah dari zat padat dan cair.</p><p>&nbsp;</p><p>Dari pilihan jawaban, gaya tarik paling lemah yang tergolong gas adalah gas oksigen.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi jawaban yang tepat adalah d. gas oksigen.</p>

Jawaban yang benar adalah d. gas oksigen.

 

Soal ini dapat diselesaikan dengan memahami karakteristik zat berbentuk padat, cair, dan gas. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah:

1. Zat padat, karakteristiknya:

- bentuknya tetap (tidak mengikuti wadah)

- volume tetap

- gaya tarik antar partikel penyusun sangat kuat

 

2. Zat cair, karakteristiknya:

- bentuknya berubah ( mengikuti wadah)

- volume tetap

- gaya tarik antar partikel penyusun tidak sekuat zat padat, tetapi lebih kuat daripada zat gas

 

3. Zat gas, karakteristiknya:

- bentuknya berubah (mengikuti wadah)

- volume berubah (mengikuti wadah)

- gaya tarik antar partikel penyusun paling lemah dari zat padat dan cair.

 

Dari pilihan jawaban, gaya tarik paling lemah yang tergolong gas adalah gas oksigen.

 

Jadi jawaban yang tepat adalah d. gas oksigen.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan