Masayu D

18 Februari 2020 12:44

Iklan

Iklan

Masayu D

18 Februari 2020 12:44

Pertanyaan

benda diatas permukaan bumi memiliki percepatan gravitasi 1/4 percepatan gravitasi di permukaan bumi. jika bumi dianggap bulat sempurna dengan jari-jari R, berapakah jarak benda tersebut diatas permukaan bumi?


234

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Wiliam

Mahasiswa/Alumni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

26 Desember 2021 13:54

Jawaban terverifikasi

Halo, Masayu D. Kakak bantu jawab yaa. Jawaban dari jarak benda (yang dinotasikan ketinggian "h") pada soal ini yaitu sebesar R. Untuk menjawab soal ini, dibutuhkan manipulasi persamaan: Pertama kita mulai dari definisi kuat medan/percepatan gravitasi: 1) Kuat medan/percepatan gravitasi pada suatu planet (yang kita bahas disini adalah bumi, dengan anggapan bumi bentuknya bulat sempurna) dirumuskan dengan persamaan: g = G(M/R^2) Keterangan: g: percepatan gravitasi di permukaan bumi dengan nilainya sebesar 9,80665 m/s^2. G: konstanta gravitasi dengan nilai sebesar 6,67 x 10^(-11) Nm^2/kg^2 M: massa bumi (kg) R: jari-jari bumi (m) 2) Kalau bendanya berada di atas permukaan bumi dengan ketinggian 'h", maka besarnya kuat medan gravitasi/percepatan gravitasi pada benda tersebut kita rumuskan sebagai berikut: g' = G(M/(R+h)^2 Keterangan: g': percepatan gravitasi pada ketinggian h (m/s^2) G: konstanta gravitasi dengan nilai sebesar 6,67 x 10^(-11) Nm^2/kg^2 M: massa bumi (kg) R: jari-jari bumi (m) h: ketinggian benda tersebut dari permukaan bumi (m) Nah, di soal ini kita diberitahu bahwa nilai dari g' ini besarnya adalah 1/4 dari percepatan gravitasi di permukaan bumi, jadi besarnya g' ini bisa kita tulis: g' = 1/4 g. 3) Untuk mencari berapa besarnya nilai "h" ini, dari kedua rumus di atas, maka dapat kita lakukan prinsip perbandingan. Kita bandingkan g (persamaan 1) terhadap g' (persamaan 2) dengan definisinya, sehingga: g'/g = (G(M/R^2))/(G(M/(R+h)^2)) (1/4)g/g = (G(M/R^2))/(G(M/(R+h)^2)) Eliminasi variabel "g", "G", dan "M" pada bagian pembilang dan penyebut, berarti sekarang yang tersisa di persamaan kita sekarang ini hanya: 1/4 = ((R+h)^2)/(1/R^2) yang bisa kita sederhanakan lagi bentuknya menjadi: 1/4 = (R/(R+h))^2 Kita kali silang penyebut dan pembilang antar kedua ruas kiri dan ruas kanan, sehingga bentuknya sekarang menjadi: (R+h)^2 = 4(R^2) Kedua ruas kiri dan kanan yang mengandung variabel kuadrat ini kita hilangkan kuadratnya dengan mengakarkan mereka, sehingga: R+h = √(4)*R Di mana √(4) = 2, sehingga: R+h = 2R Dengan demikian solusi dari "h" adalah: h = 2R - R h = R. Oleh karena itu, ketika benda tersebut diketahui memiliki percepatan gravitasi sebesar 1/4 g pada ketinggian "h", berarti ketinggian h=R. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Allan A

20 Februari 2020 05:41

setengah dari jari jari


KawaiiChan K

23 Februari 2020 09:16

G1 G2 = R2 kuadrat per 1 kuadrat g 4 g = r 2 kuadrat 1 kuadrat 4 = r 2 kuadrat per x kuadrat akar 4 kuadrat = akar 2 kuadrat 2 r = R2 jadi jarak benda di atas permukaan bumi sama dengan 2 r kurang r = r


KawaiiChan K

23 Februari 2020 09:17

jawabannya adalah R

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebuah benda bergetar Di ujung bawah pegas dengan frekuensi 2 hz dan amplitudo 4 akar 3.berapa kecepatan sudut saat simoanganya setengah kali amplitudonya?

8

0.0

Jawaban terverifikasi