Varell V

30 Mei 2024 14:56

Iklan

Iklan

Varell V

30 Mei 2024 14:56

Pertanyaan

Belanja negara merupakan kewajiban pemerintah pusat yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih, yang terdiri atas belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan A. organisasi, fungsi, dan jenisnya B. organisasi, fungsi, dan waktunya C. organisasi, waktu, dan jenisnya D. fungsi, jenis, dan sumbernya E. fungsi, waktu, dan sumbernya


6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Mei 2024 20:26

Jawaban terverifikasi

<p>Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan:</p><p>D. Fungsi, jenis, dan sumbernya.</p><p><strong>Fungsi</strong>: Berdasarkan tujuan penggunaannya, belanja negara dapat diklasifikasikan menjadi berbagai kategori seperti belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertahanan, dan sebagainya.</p><p><strong>Jenis</strong>: Belanja negara dapat dibagi berdasarkan jenisnya, seperti belanja modal (pembelian barang modal untuk investasi), belanja pegawai (gaji dan tunjangan pegawai), belanja barang dan jasa (pembelian barang dan jasa untuk operasional pemerintah), dan sebagainya.</p><p><strong>Sumber</strong>: Belanja negara juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber pendanaannya, seperti belanja yang didanai oleh pendapatan negara (pajak, penerimaan negara bukan pajak), belanja yang didanai oleh pinjaman (utang dalam negeri atau luar negeri), dan belanja yang didanai oleh dana hibah.</p>

Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan:

D. Fungsi, jenis, dan sumbernya.

Fungsi: Berdasarkan tujuan penggunaannya, belanja negara dapat diklasifikasikan menjadi berbagai kategori seperti belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertahanan, dan sebagainya.

Jenis: Belanja negara dapat dibagi berdasarkan jenisnya, seperti belanja modal (pembelian barang modal untuk investasi), belanja pegawai (gaji dan tunjangan pegawai), belanja barang dan jasa (pembelian barang dan jasa untuk operasional pemerintah), dan sebagainya.

Sumber: Belanja negara juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber pendanaannya, seperti belanja yang didanai oleh pendapatan negara (pajak, penerimaan negara bukan pajak), belanja yang didanai oleh pinjaman (utang dalam negeri atau luar negeri), dan belanja yang didanai oleh dana hibah.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! Sungai adalah air yang mengalir secara alamiah melalui sebuah saluran alam. Berdasarkan debit airnya, sungai dibagi dalam tiga jenis, yaitu sungai permanen, sungai periodik, dan sungai episodik. Sungai permanen adalah sungai yang debit airnya hampir tetap sepanjang tahun. Baik pada musim penghujan maupun musim kemarau perbedaan debit airnya tidak terlalu besar. Sungai Periodin adalah sungai yang airnya melimpah pada musim penghujan dan musim kemarau. Sungai-sungai jenis ini sering terdapat di Pulau Jawa karena daerah aliran sungai di Pulau Jawa sudah berubah menjadi daerah pertanian. Sungai episodik adalah sungai yang debit airnya besar pada musim penghujan dan kering pada musim kemarau. Sungai-sungai seperti ini terdapat di daerah-daerah yang musim kemaraunya lebih panjang dibandingkan musim penghujannya. 5. Interpretasi yang sesuai dengan isi teks laporan hasil observasi tersebut adalah ... A. Sebaiknya, sungai permanen dimanfaatkan sebesar-besarnya karena debit airnya tetap sepanjang musim. B. Sebaiknya, masyarakat diminta menjauh dari daerah aliran sungai periodik, terutama pada musim hujan karena debit airnya meningkat. C. Sebaiknya, sungai dengan berbagai jenisnya dijaga kelestariannya agar dimanfaatkan secukupnya oleh masyarakat. D. Sebaiknya, sungai episodik tidak dimanfaatkan karena debit airnya tidak dapat dipastikan jumlahnya. E. Sebaiknya, Pemerintah, terutama yang ada di Pulau Jawa, dapat memanfaatkan daerah aliran sungai.

1

0.0

Jawaban terverifikasi