Varell V

30 Mei 2024 14:56

Iklan

Varell V

30 Mei 2024 14:56

Pertanyaan

Belanja negara merupakan kewajiban pemerintah pusat yang diakui sebagai pengurang nilai kekayaan bersih, yang terdiri atas belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah. Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan A. organisasi, fungsi, dan jenisnya B. organisasi, fungsi, dan waktunya C. organisasi, waktu, dan jenisnya D. fungsi, jenis, dan sumbernya E. fungsi, waktu, dan sumbernya

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

12

:

09

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

30 Mei 2024 20:26

Jawaban terverifikasi

<p>Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan:</p><p>D. Fungsi, jenis, dan sumbernya.</p><p><strong>Fungsi</strong>: Berdasarkan tujuan penggunaannya, belanja negara dapat diklasifikasikan menjadi berbagai kategori seperti belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertahanan, dan sebagainya.</p><p><strong>Jenis</strong>: Belanja negara dapat dibagi berdasarkan jenisnya, seperti belanja modal (pembelian barang modal untuk investasi), belanja pegawai (gaji dan tunjangan pegawai), belanja barang dan jasa (pembelian barang dan jasa untuk operasional pemerintah), dan sebagainya.</p><p><strong>Sumber</strong>: Belanja negara juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber pendanaannya, seperti belanja yang didanai oleh pendapatan negara (pajak, penerimaan negara bukan pajak), belanja yang didanai oleh pinjaman (utang dalam negeri atau luar negeri), dan belanja yang didanai oleh dana hibah.</p>

Belanja negara dapat diklasifikasikan berdasarkan:

D. Fungsi, jenis, dan sumbernya.

Fungsi: Berdasarkan tujuan penggunaannya, belanja negara dapat diklasifikasikan menjadi berbagai kategori seperti belanja untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertahanan, dan sebagainya.

Jenis: Belanja negara dapat dibagi berdasarkan jenisnya, seperti belanja modal (pembelian barang modal untuk investasi), belanja pegawai (gaji dan tunjangan pegawai), belanja barang dan jasa (pembelian barang dan jasa untuk operasional pemerintah), dan sebagainya.

Sumber: Belanja negara juga dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber pendanaannya, seperti belanja yang didanai oleh pendapatan negara (pajak, penerimaan negara bukan pajak), belanja yang didanai oleh pinjaman (utang dalam negeri atau luar negeri), dan belanja yang didanai oleh dana hibah.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan