Josua C

05 September 2023 07:01

Iklan

Josua C

05 September 2023 07:01

Pertanyaan

beda potensial listrik dihasilkan oleh

beda potensial listrik dihasilkan oleh

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

13

:

31

:

51

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sasa S

05 September 2023 10:28

Jawaban terverifikasi

<p>Beda potensial listrik dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara dua titik atau benda. Jika dua benda memiliki muatan listrik yang berbeda, maka akan terjadi beda potensial antara kedua benda tersebut.&nbsp;</p><p>Misalnya, ketika kabel listrik dihubungkan ke sumber listrik, maka akan terjadi beda potensial antara kedua ujung kabel akibat adanya perbedaan muatan listrik antara sumber listrik dan kabel.&nbsp;</p><p>Beda potensial listrik juga dapat dihasilkan dari reaksi kimia, seperti pada baterai atau sel volta. Pada baterai, beda potensial listrik dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara elektroda positif dan elektroda negatif.</p>

Beda potensial listrik dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara dua titik atau benda. Jika dua benda memiliki muatan listrik yang berbeda, maka akan terjadi beda potensial antara kedua benda tersebut. 

Misalnya, ketika kabel listrik dihubungkan ke sumber listrik, maka akan terjadi beda potensial antara kedua ujung kabel akibat adanya perbedaan muatan listrik antara sumber listrik dan kabel. 

Beda potensial listrik juga dapat dihasilkan dari reaksi kimia, seperti pada baterai atau sel volta. Pada baterai, beda potensial listrik dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara elektroda positif dan elektroda negatif.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 13:03

Jawaban terverifikasi

<p>Beda potensial listrik, atau tegangan listrik, dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara dua titik dalam medan listrik. Dalam konteks ini, tegangan adalah energi potensial per muatan yang akan menggerakkan muatan tersebut dalam arah tertentu. Beberapa faktor yang dapat menghasilkan perbedaan potensial listrik (tegangan) antara dua titik dalam medan listrik meliputi:</p><p><strong>Muatan Listrik</strong>: Perbedaan jumlah muatan positif dan negatif antara dua titik akan menciptakan beda potensial. Semakin besar selisih muatan, semakin besar beda potensialnya.</p><p><strong>Jarak</strong>: Jarak antara dua titik dalam medan listrik juga memengaruhi tegangan. Semakin jauh kedua titik tersebut, semakin kecil beda potensialnya.</p><p><strong>Sifat Konduktor</strong>: Konduktivitas atau kemampuan suatu material untuk menghantarkan muatan listrik juga berperan. Material konduktor yang baik memungkinkan muatan untuk mengalir lebih mudah dan menciptakan tegangan yang lebih rendah dibandingkan dengan material yang kurang konduktif.</p><p><strong>Geometri Medan Listrik</strong>: Bentuk dan distribusi muatan dalam medan listrik juga dapat memengaruhi beda potensial. Terdapat medan listrik yang homogen (sama di seluruh tempat) dan medan listrik yang heterogen (tidak sama di seluruh tempat).</p><p><strong>Sumber Tegangan</strong>: Sebuah sumber tegangan seperti baterai atau generator listrik juga dapat menciptakan beda potensial antara dua titik dalam sirkuit. Sumber tegangan menggerakkan muatan listrik dari satu titik ke titik lainnya.</p><p>Dalam sirkuit listrik, tegangan sering diukur dalam satuan volt (V). Satuan ini menggambarkan beda potensial antara dua titik dalam medan listrik. Tegangan positif mengindikasikan bahwa muatan positif akan bergerak dari titik dengan potensial lebih tinggi ke titik dengan potensial lebih rendah. Tegangan negatif adalah sebaliknya, yaitu muatan positif akan bergerak dari titik dengan potensial lebih rendah ke titik dengan potensial lebih tinggi.</p>

Beda potensial listrik, atau tegangan listrik, dihasilkan oleh perbedaan muatan listrik antara dua titik dalam medan listrik. Dalam konteks ini, tegangan adalah energi potensial per muatan yang akan menggerakkan muatan tersebut dalam arah tertentu. Beberapa faktor yang dapat menghasilkan perbedaan potensial listrik (tegangan) antara dua titik dalam medan listrik meliputi:

Muatan Listrik: Perbedaan jumlah muatan positif dan negatif antara dua titik akan menciptakan beda potensial. Semakin besar selisih muatan, semakin besar beda potensialnya.

Jarak: Jarak antara dua titik dalam medan listrik juga memengaruhi tegangan. Semakin jauh kedua titik tersebut, semakin kecil beda potensialnya.

Sifat Konduktor: Konduktivitas atau kemampuan suatu material untuk menghantarkan muatan listrik juga berperan. Material konduktor yang baik memungkinkan muatan untuk mengalir lebih mudah dan menciptakan tegangan yang lebih rendah dibandingkan dengan material yang kurang konduktif.

Geometri Medan Listrik: Bentuk dan distribusi muatan dalam medan listrik juga dapat memengaruhi beda potensial. Terdapat medan listrik yang homogen (sama di seluruh tempat) dan medan listrik yang heterogen (tidak sama di seluruh tempat).

Sumber Tegangan: Sebuah sumber tegangan seperti baterai atau generator listrik juga dapat menciptakan beda potensial antara dua titik dalam sirkuit. Sumber tegangan menggerakkan muatan listrik dari satu titik ke titik lainnya.

Dalam sirkuit listrik, tegangan sering diukur dalam satuan volt (V). Satuan ini menggambarkan beda potensial antara dua titik dalam medan listrik. Tegangan positif mengindikasikan bahwa muatan positif akan bergerak dari titik dengan potensial lebih tinggi ke titik dengan potensial lebih rendah. Tegangan negatif adalah sebaliknya, yaitu muatan positif akan bergerak dari titik dengan potensial lebih rendah ke titik dengan potensial lebih tinggi.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan