Hilya H

29 Januari 2024 19:28

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:28

Pertanyaan

Beberapa ahli ekonomi mengemukakan pendapatnya tentang ilmu ekonomi. Uraikan pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshal!

Beberapa ahli ekonomi mengemukakan pendapatnya tentang ilmu ekonomi. Uraikan pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshal!


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>menurut Alfred Marshal ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan materiel.</strong></p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah menurut Alfred Marshal ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan materiel.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:01

Jawaban terverifikasi

<p>Alfred Marshall, seorang ekonom Inggris yang hidup pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20, memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan ilmu ekonomi. Dalam bukunya yang terkenal, "Principles of Economics" yang diterbitkan pada tahun 1890, Marshall menyajikan pandangannya tentang ilmu ekonomi.</p><p>Pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall dapat diuraikan sebagai berikut:</p><p><strong>Definisi Ilmu Ekonomi:</strong></p><ul><li>Marshall mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai "studi tentang manusia dalam usaha sehari-hari hidupnya; itu adalah studi tentang tindakan umum dari umat manusia di pasar biasa."</li><li>Menurutnya, ilmu ekonomi memfokuskan pada perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas.</li></ul><p><strong>Pemikiran Tentang Manusia dan Sumber Daya:</strong></p><ul><li>Marshall menekankan peran manusia sebagai pribadi yang rasional dan mempertimbangkan dalam menghadapi keputusan ekonomi.</li><li>Sumber daya yang terbatas menjadi fokusnya, dan bagaimana manusia dapat mengalokasikan sumber daya ini untuk mencapai kepuasan tertinggi.</li></ul><p><strong>Analisis Permintaan dan Penawaran:</strong></p><ul><li>Marshall memberikan penekanan pada analisis permintaan dan penawaran sebagai dasar dalam memahami mekanisme pasar.</li><li>Dia mengembangkan konsep elastisitas permintaan dan penawaran untuk menjelaskan respons perubahan harga terhadap tingkat permintaan atau penawaran.</li></ul><p><strong>Pentingnya Keuntungan dan Biaya:</strong></p><ul><li>Marshall menyoroti pentingnya konsep keuntungan dan biaya dalam pengambilan keputusan ekonomi.</li><li>Dia memperkenalkan konsep surplus konsumentif dan surplus produsen sebagai indikator kesejahteraan dalam suatu pasar.</li></ul>

Alfred Marshall, seorang ekonom Inggris yang hidup pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20, memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan ilmu ekonomi. Dalam bukunya yang terkenal, "Principles of Economics" yang diterbitkan pada tahun 1890, Marshall menyajikan pandangannya tentang ilmu ekonomi.

Pengertian ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall dapat diuraikan sebagai berikut:

Definisi Ilmu Ekonomi:

  • Marshall mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai "studi tentang manusia dalam usaha sehari-hari hidupnya; itu adalah studi tentang tindakan umum dari umat manusia di pasar biasa."
  • Menurutnya, ilmu ekonomi memfokuskan pada perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas.

Pemikiran Tentang Manusia dan Sumber Daya:

  • Marshall menekankan peran manusia sebagai pribadi yang rasional dan mempertimbangkan dalam menghadapi keputusan ekonomi.
  • Sumber daya yang terbatas menjadi fokusnya, dan bagaimana manusia dapat mengalokasikan sumber daya ini untuk mencapai kepuasan tertinggi.

Analisis Permintaan dan Penawaran:

  • Marshall memberikan penekanan pada analisis permintaan dan penawaran sebagai dasar dalam memahami mekanisme pasar.
  • Dia mengembangkan konsep elastisitas permintaan dan penawaran untuk menjelaskan respons perubahan harga terhadap tingkat permintaan atau penawaran.

Pentingnya Keuntungan dan Biaya:

  • Marshall menyoroti pentingnya konsep keuntungan dan biaya dalam pengambilan keputusan ekonomi.
  • Dia memperkenalkan konsep surplus konsumentif dan surplus produsen sebagai indikator kesejahteraan dalam suatu pasar.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikut yang bukan manfaat ekonomi kreatif adalah... a. munculnya bisnis start-up b. munculnya bisnis rumahan c. percepatan inovasi d. bisnis menjadi lebih kompetitif

14

0.0

Jawaban terverifikasi