Wildaa W

22 Agustus 2023 01:31

Iklan

Iklan

Wildaa W

22 Agustus 2023 01:31

Pertanyaan

batang pendek berbentuk cakram yang terbungkus pelepah daun berlapis-lapis berisi cadangan makanan disebut..

batang pendek berbentuk cakram yang terbungkus pelepah daun berlapis-lapis berisi cadangan makanan disebut..


1

2


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 03:02

Batang pendek berbentuk cakram yang terbungkus pelepah daun berlapis-lapis dan berisi cadangan makanan disebut sebagai rizoma (rhizome). Rizoma adalah jenis modifikasi batang tanaman yang berfungsi sebagai organ penyimpanan cadangan makanan. Contoh tanaman yang memiliki rizoma adalah jahe, temu hitam, dan wortel liar. Penjelasan: Rizoma adalah jenis batang yang memanjang secara horizontal di bawah tanah atau di permukaan tanah dengan bentuk yang mirip dengan cakram atau akar. Rizoma biasanya terbungkus oleh pelepah daun yang berlapis-lapis, yang berfungsi melindungi rizoma serta membantu dalam proses penyerapan air dan nutrisi. Salah satu fitur utama dari rizoma adalah kemampuannya untuk menyimpan cadangan makanan dalam bentuk karbohidrat yang akan digunakan oleh tanaman saat masa pertumbuhan atau dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan. Rizoma juga memiliki kemampuan reproduksi vegetatif yang memungkinkan tumbuhan untuk berkembang biak dan menyebar secara efektif. Bagian ujung rizoma yang disebut tunas rizomatosa dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru dan membantu tumbuhan dalam berkembang biak. Beberapa contoh tanaman yang memiliki rizoma adalah jahe (Zingiber officinale), temu hitam (Curcuma aeruginosa), wortel liar (Daucus carota), dan beberapa jenis pakis seperti pakis haji (Nephrolepis biserrata) dan jenis pakis adiantum (Adiantum spp.). Rizoma memiliki peran penting dalam kehidupan tanaman, baik sebagai cadangan makanan, mekanisme reproduksi, serta memberikan kestabilan dan keberlanjutan tanaman dalam menjalani siklus hidupnya.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 07:55

<p>Deskripsi yang Anda berikan mengacu pada "umbi" atau "umbi batang." Umbi batang adalah bagian tanaman yang termodifikasi dan mengandung cadangan makanan yang digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan reproduksi. Umbi batang biasanya tumbuh di bawah tanah dan berfungsi sebagai cadangan energi bagi tanaman, serta sebagai sarana reproduksi vegetatif.</p><p>Umbi batang dapat berbentuk cakram dan dikelilingi oleh pelepah daun yang berlapis-lapis. Contoh yang paling umum dari jenis tanaman ini adalah kentang. Kentang adalah contoh umbi batang yang tumbuh di bawah tanah dan memiliki ciri-ciri yang Anda sebutkan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Deskripsi yang Anda berikan mengacu pada "umbi" atau "umbi batang." Umbi batang adalah bagian tanaman yang termodifikasi dan mengandung cadangan makanan yang digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan dan reproduksi. Umbi batang biasanya tumbuh di bawah tanah dan berfungsi sebagai cadangan energi bagi tanaman, serta sebagai sarana reproduksi vegetatif.

Umbi batang dapat berbentuk cakram dan dikelilingi oleh pelepah daun yang berlapis-lapis. Contoh yang paling umum dari jenis tanaman ini adalah kentang. Kentang adalah contoh umbi batang yang tumbuh di bawah tanah dan memiliki ciri-ciri yang Anda sebutkan.

 

 


 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

56

0.0

Jawaban terverifikasi