Setiawan A

23 Juni 2022 13:48

Iklan

Iklan

Setiawan A

23 Juni 2022 13:48

Pertanyaan

Baling-baling kipas berputar dengan kecepatan sudut konstan 2 rad/s selama 10 s. Besar periode dan sudut tempuh suatu titik yang ada di tepi baling-baling berturut-turut adalah...


49

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Ang

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

23 Juni 2022 15:45

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah π s dan 20 rad. Gerak melingkar beraturan didefinisikan sebagai gerak suatu benda menempuh lintasan melingkar dengan vektor kecepatan sudut tetap. Kecepatan sudut adalah hasil bagi sudut pusat yang ditempuh partikel dengan selang waktu tempuhnya. Secara matematis persamaannya adalah : ω = 𝜃/t = 2π/T Keterangan : ω = kecepatan sudut (rad/s) 𝜃 = sudut tempuh (rad) t = selang waktu (s) T = periode (s) Diketahui : ω = 2 rad/s t = 10 s Ditanya : T dan 𝜃 Pembahasan : Periode dihitung dengan : ω = 2π/T T = 2π/2 T = π s Sudut tempuh titik pada tepi baling-baling dihitung dengan : ω = 𝜃/t 𝜃 = ω t 𝜃 = (2)(10) = 20 rad Jadi periode dan sudut tempuh suatu titik yang ada di tepi baling-baling berturut-turut adalah π s dan 20 rad.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada suhu 15°C kecepatan merambat bunyi di udara 328 m/det. Jika setiap kenaikan 1°C kecepatan merambat bunyi bertambah 0,6 m/det. Tentukan kecepatan merambat bunyi pada suhu 8°C!

167

1.0

Jawaban terverifikasi