Hanna A

21 Maret 2020 02:13

Pertanyaan

bagaimanakah sikap bangsa indonesia setelah lama dijajah oleh bangsa barat?


245

3

Jawaban terverifikasi

A. Andrian

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

08 Januari 2022 09:53

Jawaban terverifikasi

Hallo Hanna A, Kakak bantu jawab ya. Sikap Indonesia setelah lama dijajah oleh bangsa Barat adalah menimbulkan kesadaran akan kebebasan dan perjuangan meraih kemerdekaan. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami pembahasan dibawah ini. Indonesia merupakan negara yang sangat berjuang dalam mencapai kemerdekaan. Saat kedatangan Eropa ke Indonesia, perjuangan Indonesia awalnya hanya bersifat kedaerahan dalam mengusir penjajahan. Namun seiring berkembangnya waktu, yaitu pada tahun 1908 perjuangan Indonesia mulai mengalami perubahan, karena munculnya pemuda pelajar yang berjuang pada kesejahteraan masyarakat pribumi dan bersatu dalam Sumpah Pemuda, lamanya penjajahan yang dilakukan oleh bangsa barat menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebebasan dan kemerdekaan. Kemerdekaan bukan hanya puncak pada perjuangan Indonesia, namun sebagai langkah awal kedepan dalam menentukan arah dan meraih cita-cita bangsa Indonesia serta menjaga kedaulatan bangsa. Semoga membantu ya.


Iklan

Santalum I

21 Maret 2020 08:18

awalnya warga negara indonesia selalu meyambut kedatangan bangsa barat ke tanah air indonesia dengan baik dan ramah, dan di sediakan tempat tinggal bangsa-bangsa barat karna tujuan mula mereka hanya berdagang. namun dugaan mereka salah, ternyata penduduk nusantara mengalami tragedi penjajahan sepanjang 3,5 abat .     setelah kedatangan jepang juga di sambut bahagia karna politik jepang mengaku sebagai saudara tuanya ,namun penjajahan jepang justru lebih parah dari pada belanda.     hingga sekarang keramah tamahan penduduk indonesia sangat di kenal dengan datangnya bangsa barat di sambut dengan tangan terbuka oleh bangsa indonesia dalam bidang kerjasama industri, teknologi, pendidikan dan lain sebagainya guna untuk memajukan bangsa sendiri. namun mulai bersikap waspada dengan penjajahan kembali yaitu dengan cara mendirikan pos-pos penjagaan batas wilayah oleh TNI dan polri sebagai penjaga keamanan dalam negara.


Fairuzahimsa R

21 Maret 2020 13:36

tetap menjaga kebersamaan, tidak mengolok atau mencaci maki negara yang pernah menjajah, menerima dengan ramah tanpa sikap membenci turis turis


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Sebutkan pengaruh kebijakan kerja paksa bentuk contoh akibat

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan