Era E

27 September 2023 09:32

Iklan

Era E

27 September 2023 09:32

Pertanyaan

bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi

bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

04

:

21

:

13

Klaim

11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

27 September 2023 09:33

Jawaban terverifikasi

<p>Cara Mencegah Terjadinya Karies Gigi</p><ol><li>Menyikat gigi secara rutin</li><li>Kurangi konsumsi camilan dan minuman manis</li><li>Konsumsi makanan yang menyehatkan gigi</li><li>Periksa gigi secara teratur.</li></ol>

Cara Mencegah Terjadinya Karies Gigi

  1. Menyikat gigi secara rutin
  2. Kurangi konsumsi camilan dan minuman manis
  3. Konsumsi makanan yang menyehatkan gigi
  4. Periksa gigi secara teratur.

Iklan

Rendi R

Community

27 September 2023 09:38

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi:</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Sikat gigi secara teratur</strong></p><p>Menyikat gigi secara teratur adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak, yaitu lapisan lengket yang terbentuk di permukaan gigi. Plak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan karies gigi.</p><p>Saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi berfluoride. Fluoride adalah mineral yang membantu memperkuat enamel gigi dan membuatnya lebih tahan terhadap asam.</p><p><strong>Flossing</strong></p><p>Flossing adalah cara yang efektif untuk membersihkan sisa makanan dan plak dari sela-sela gigi. Sisa makanan dan plak yang menumpuk di sela-sela gigi dapat menyebabkan karies gigi.</p><p><strong>Kunjungi dokter gigi secara rutin</strong></p><p>Dokter gigi dapat memeriksa gigi dan gusi Anda untuk tanda-tanda karies gigi atau masalah gusi lainnya. Dokter gigi juga dapat membersihkan gigi Anda secara profesional untuk menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk.</p><p>Selain upaya-upaya di atas, Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk membantu mencegah karies gigi:</p><ul><li><strong>Hindari makanan dan minuman manis</strong>. Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan bakteri di mulut menghasilkan lebih banyak asam.</li><li><strong>Minum air putih</strong>. Air putih dapat membantu membersihkan mulut dari sisa makanan dan plak.</li><li><strong>Hindari merokok</strong>. Merokok dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko karies gigi.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>referensi:&nbsp;</p><ul><li><strong>WebMD</strong> - How to Prevent Tooth Decay</li><li><strong>Mayo Clinic</strong> - Tooth Decay: Prevention</li><li><strong>NHS</strong> - Tooth Decay: Prevention</li><li><strong>CDC</strong> - Tooth Decay</li></ul>

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi:

 

Sikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak, yaitu lapisan lengket yang terbentuk di permukaan gigi. Plak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan karies gigi.

Saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi berfluoride. Fluoride adalah mineral yang membantu memperkuat enamel gigi dan membuatnya lebih tahan terhadap asam.

Flossing

Flossing adalah cara yang efektif untuk membersihkan sisa makanan dan plak dari sela-sela gigi. Sisa makanan dan plak yang menumpuk di sela-sela gigi dapat menyebabkan karies gigi.

Kunjungi dokter gigi secara rutin

Dokter gigi dapat memeriksa gigi dan gusi Anda untuk tanda-tanda karies gigi atau masalah gusi lainnya. Dokter gigi juga dapat membersihkan gigi Anda secara profesional untuk menghilangkan plak dan tartar yang menumpuk.

Selain upaya-upaya di atas, Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk membantu mencegah karies gigi:

  • Hindari makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis dapat menyebabkan bakteri di mulut menghasilkan lebih banyak asam.
  • Minum air putih. Air putih dapat membantu membersihkan mulut dari sisa makanan dan plak.
  • Hindari merokok. Merokok dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko karies gigi.

 

referensi: 

  • WebMD - How to Prevent Tooth Decay
  • Mayo Clinic - Tooth Decay: Prevention
  • NHS - Tooth Decay: Prevention
  • CDC - Tooth Decay

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan