Nur A

03 Maret 2024 03:34

Iklan

Iklan

Nur A

03 Maret 2024 03:34

Pertanyaan

Bagaimana unsur dibawah dalam membentuk ikatan ion! 20 Cl dan 17 Ca Please bantu jawab!!!

Bagaimana unsur dibawah dalam membentuk ikatan ion!

20 Cl dan 17 Ca

 

Please bantu jawab!!!

alt

5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

BimBim B

03 Maret 2024 03:59

Jawaban terverifikasi

<h2>Jawabannya adalah terbentuknya ikatan ionik dari 2 unsur tersebut dengan cara ion kalsium Ca<sup>2+</sup> dan dua ion klorida Cl<sup>-</sup> saling berikatan karena gaya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif mereka.</h2><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Penjelasan</u></strong></p><p>Unsur Ca (kalsium) dan Cl (klorin) dapat membentuk ikatan ionik karena sifat kimianya yang berbeda. Kalsium (Ca) adalah logam alkali tanah yang cenderung kehilangan dua elektron untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia, sementara klorin (Cl) adalah non-logam yang cenderung menerima satu elektron untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia. Ketika kalsium dan klorin bertemu, kalsium akan memberikan dua elektronnya ke klorin.</p><ol><li>Kalsium (Ca) memiliki 2 elektron di lapisan terluarnya (konfigurasi elektron: 2, 8, 8, 2).</li><li>Klorin (Cl) memiliki 7 elektron di lapisan terluarnya (konfigurasi elektron: 2, 8, 7).</li></ol><p>Untuk mencapai kestabilan, kalsium akan memberikan dua elektron kepada klorin. Setelah memberikan dua elektron, kalsium akan memiliki konfigurasi elektron yang sama dengan gas mulia argon (2, 8, 8). Sementara klorin, setelah menerima dua elektron dari kalsium, akan memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia argon (2, 8, 8).</p><p>Ketika kalsium memberikan dua elektron, ia menjadi ion kalsium positif (Ca<sup>2+</sup>), karena kehilangan dua elektron. Ketika klorin menerima dua elektron, ia menjadi ion klorida negatif (Cl<sup>-</sup>), karena mendapatkan dua elektron.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, ikatan ion CaCl<sub>2</sub> (klorida kalsium) terbentuk di mana ion kalsium Ca<sup>2+</sup> dan dua ion klorida Cl<sup>-</sup> saling berikatan karena gaya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif mereka. Ikatan ini sangat kuat dan bersifat ionik, yang berarti mereka terikat bersama karena tarikan elektrostatik antara ion-ion positif dan negatif.</strong></p>

Jawabannya adalah terbentuknya ikatan ionik dari 2 unsur tersebut dengan cara ion kalsium Ca2+ dan dua ion klorida Cl- saling berikatan karena gaya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif mereka.

 

Penjelasan

Unsur Ca (kalsium) dan Cl (klorin) dapat membentuk ikatan ionik karena sifat kimianya yang berbeda. Kalsium (Ca) adalah logam alkali tanah yang cenderung kehilangan dua elektron untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia, sementara klorin (Cl) adalah non-logam yang cenderung menerima satu elektron untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia. Ketika kalsium dan klorin bertemu, kalsium akan memberikan dua elektronnya ke klorin.

  1. Kalsium (Ca) memiliki 2 elektron di lapisan terluarnya (konfigurasi elektron: 2, 8, 8, 2).
  2. Klorin (Cl) memiliki 7 elektron di lapisan terluarnya (konfigurasi elektron: 2, 8, 7).

Untuk mencapai kestabilan, kalsium akan memberikan dua elektron kepada klorin. Setelah memberikan dua elektron, kalsium akan memiliki konfigurasi elektron yang sama dengan gas mulia argon (2, 8, 8). Sementara klorin, setelah menerima dua elektron dari kalsium, akan memiliki konfigurasi elektron seperti gas mulia argon (2, 8, 8).

Ketika kalsium memberikan dua elektron, ia menjadi ion kalsium positif (Ca2+), karena kehilangan dua elektron. Ketika klorin menerima dua elektron, ia menjadi ion klorida negatif (Cl-), karena mendapatkan dua elektron.

 

Jadi, ikatan ion CaCl2 (klorida kalsium) terbentuk di mana ion kalsium Ca2+ dan dua ion klorida Cl- saling berikatan karena gaya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif mereka. Ikatan ini sangat kuat dan bersifat ionik, yang berarti mereka terikat bersama karena tarikan elektrostatik antara ion-ion positif dan negatif.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

gimana caranya tau unsur logam dan non logam tanpa hafalin atau liat tabel periodik?

11

5.0

Jawaban terverifikasi