Abronia G

20 Juli 2022 16:31

Iklan

Iklan

Abronia G

20 Juli 2022 16:31

Pertanyaan

Bagaimana tahapan pada meiosis


8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Fauziah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

04 Oktober 2022 13:19

Jawaban terverifikasi

<p>Tahapan meiosis yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Meiosis merupakan tahap pembelahan sel dengan adanya pengurangan atau reduksi kromosom sehingga keturunan yang dihasilkan memiliki jumlah kromosom setengah dari induknya. Meiosis terdiri dari dua tahap yaitu meiosis I dan meiosis II. Meiosis I terdiri dari tahap profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis. Sementara meiosis II terdiri dari tahap profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.</p><p>&nbsp;</p><p>Perbedaan meiosis I dan meiosis II antara lain :&nbsp;</p><p>1. Meiosis I diawali dengan penggandaan materi genetik sementara meiosis II tanpa penggandaan materi genetik.&nbsp;</p><p>2. Pada meiosis I terjadi crossing over, sementara pada meiosis II tidak terjadi crossing over.&nbsp;</p><p>3. Pada meiosis I terjadi pemisahan kromosom di anafase I, sementara pada meiosis II terjadi pemisahan kromatid di anafase II.&nbsp;</p><p>4. Pada meiosis I dihasilkan 2 sel anakan yang bersifat haploid, sementara pada meiosis II dihasilkan 4 sel anakan yang bersifat haploid.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, tahapan meiosis yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.&nbsp;</p>

Tahapan meiosis yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. 

 

Meiosis merupakan tahap pembelahan sel dengan adanya pengurangan atau reduksi kromosom sehingga keturunan yang dihasilkan memiliki jumlah kromosom setengah dari induknya. Meiosis terdiri dari dua tahap yaitu meiosis I dan meiosis II. Meiosis I terdiri dari tahap profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis. Sementara meiosis II terdiri dari tahap profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II.

 

Perbedaan meiosis I dan meiosis II antara lain : 

1. Meiosis I diawali dengan penggandaan materi genetik sementara meiosis II tanpa penggandaan materi genetik. 

2. Pada meiosis I terjadi crossing over, sementara pada meiosis II tidak terjadi crossing over. 

3. Pada meiosis I terjadi pemisahan kromosom di anafase I, sementara pada meiosis II terjadi pemisahan kromatid di anafase II. 

4. Pada meiosis I dihasilkan 2 sel anakan yang bersifat haploid, sementara pada meiosis II dihasilkan 4 sel anakan yang bersifat haploid.

 

Jadi, tahapan meiosis yaitu profase I, metafase I, anafase I, telofase I dan sitokinesis, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

283

0.0

Jawaban terverifikasi