Ayueffendyy A

29 Maret 2024 11:45

Iklan

Iklan

Ayueffendyy A

29 Maret 2024 11:45

Pertanyaan

bagaimana struktur gemotofit pada polytrichum, sp

bagaimana struktur gemotofit pada polytrichum, sp


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

29 Maret 2024 12:44

Jawaban terverifikasi

<p>Polytrichum adalah genus lumut yang termasuk dalam kelompok lumut ekor kera. Struktur gametofit pada Polytrichum memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari lumut-lumut lainnya. Berikut adalah struktur gametofit pada Polytrichum:</p><p><strong>Batang</strong>: Gametofit Polytrichum memiliki batang yang tegak dan beruas-ruas. Batang ini tumbuh dari tunas-tunas lateral yang muncul dari prokambium, yang merupakan jaringan pembuluh yang memungkinkan pertumbuhan batang. Batang ini dapat mencapai beberapa sentimeter tingginya.</p><p><strong>Foliarium</strong>: Bagian utama batang terdiri dari sejumlah daun yang disebut foliarium. Daun-daun ini berbentuk lanceolate atau jarum dengan ujung yang tajam. Mereka dikelompokkan secara spiral di sepanjang batang.</p><p><strong>Gametangia</strong>: Struktur gametangial pada Polytrichum terletak di ujung batang. Gametofit Polytrichum memiliki dua jenis gametangia: anteridia (organ jantan) dan arkegonia (organ betina). Anteridia menghasilkan sperma, sementara arkegonia menghasilkan telur.</p><p><strong>Perichaetium</strong>: Perichaetium adalah struktur pelindung yang melindungi arkegonia. Biasanya terletak di sekitar pangkal daun. Perichaetium terdiri dari serat-serat jaringan yang melindungi dan memberikan dukungan.</p><p><strong>Rhizoid</strong>: Polytrichum memiliki rhizoid yang merupakan akar semu yang melekat pada substrat tempat lumut tersebut tumbuh. Rhizoid berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari lingkungan sekitarnya.</p><p><strong>Risoma</strong>: Risoma adalah struktur yang berperan dalam reproduksi vegetatif. Ini adalah stolon horizontal yang tumbuh di bawah tanah dan menghasilkan tunas baru.</p><p><br>&nbsp;</p>

Polytrichum adalah genus lumut yang termasuk dalam kelompok lumut ekor kera. Struktur gametofit pada Polytrichum memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari lumut-lumut lainnya. Berikut adalah struktur gametofit pada Polytrichum:

Batang: Gametofit Polytrichum memiliki batang yang tegak dan beruas-ruas. Batang ini tumbuh dari tunas-tunas lateral yang muncul dari prokambium, yang merupakan jaringan pembuluh yang memungkinkan pertumbuhan batang. Batang ini dapat mencapai beberapa sentimeter tingginya.

Foliarium: Bagian utama batang terdiri dari sejumlah daun yang disebut foliarium. Daun-daun ini berbentuk lanceolate atau jarum dengan ujung yang tajam. Mereka dikelompokkan secara spiral di sepanjang batang.

Gametangia: Struktur gametangial pada Polytrichum terletak di ujung batang. Gametofit Polytrichum memiliki dua jenis gametangia: anteridia (organ jantan) dan arkegonia (organ betina). Anteridia menghasilkan sperma, sementara arkegonia menghasilkan telur.

Perichaetium: Perichaetium adalah struktur pelindung yang melindungi arkegonia. Biasanya terletak di sekitar pangkal daun. Perichaetium terdiri dari serat-serat jaringan yang melindungi dan memberikan dukungan.

Rhizoid: Polytrichum memiliki rhizoid yang merupakan akar semu yang melekat pada substrat tempat lumut tersebut tumbuh. Rhizoid berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari lingkungan sekitarnya.

Risoma: Risoma adalah struktur yang berperan dalam reproduksi vegetatif. Ini adalah stolon horizontal yang tumbuh di bawah tanah dan menghasilkan tunas baru.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

30 Maret 2024 00:55

Jawaban terverifikasi

<p>Polytrichum adalah salah satu genus lumut yang termasuk dalam divisi Bryophyta. Struktur gametofit pada Polytrichum sp. memiliki beberapa ciri khas, termasuk:</p><p><strong>Batang (cauloid):</strong> Gametofit Polytrichum memiliki batang tegak yang tinggi. Batang ini terdiri dari sel-sel yang panjangnya tersusun secara spiral.</p><p><strong>Folia (daun):</strong> Daun-daun pada gametofit Polytrichum biasanya berbentuk selapis dan tersusun dalam spiral di sepanjang batang. Daun ini memiliki ujung yang runcing dan seringkali berlapis-lapis untuk mengurangi penguapan air.</p><p><strong>Rizoid:</strong> Seperti lumut pada umumnya, Polytrichum memiliki rizoid yang melekat pada substrat tempat tumbuhnya. Rizoid berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari lingkungan.</p><p><strong>Gametangia:</strong> Pada gametofit Polytrichum, terdapat dua jenis struktur gametangia, yaitu arkegonia (organ perempuan) dan anteridia (organ jantan). Arkegonia berada di ujung batang, sedangkan anteridia biasanya ditemukan pada daun-daun yang lebih muda.</p><p><strong>Sporofit:</strong> Polytrichum memiliki sporofit yang berkembang di atas gametofit. Sporofit ini terdiri dari kapsul yang berisi spora. Spora dilepaskan dari kapsul dan dapat tumbuh menjadi gametofit baru.</p>

Polytrichum adalah salah satu genus lumut yang termasuk dalam divisi Bryophyta. Struktur gametofit pada Polytrichum sp. memiliki beberapa ciri khas, termasuk:

Batang (cauloid): Gametofit Polytrichum memiliki batang tegak yang tinggi. Batang ini terdiri dari sel-sel yang panjangnya tersusun secara spiral.

Folia (daun): Daun-daun pada gametofit Polytrichum biasanya berbentuk selapis dan tersusun dalam spiral di sepanjang batang. Daun ini memiliki ujung yang runcing dan seringkali berlapis-lapis untuk mengurangi penguapan air.

Rizoid: Seperti lumut pada umumnya, Polytrichum memiliki rizoid yang melekat pada substrat tempat tumbuhnya. Rizoid berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari lingkungan.

Gametangia: Pada gametofit Polytrichum, terdapat dua jenis struktur gametangia, yaitu arkegonia (organ perempuan) dan anteridia (organ jantan). Arkegonia berada di ujung batang, sedangkan anteridia biasanya ditemukan pada daun-daun yang lebih muda.

Sporofit: Polytrichum memiliki sporofit yang berkembang di atas gametofit. Sporofit ini terdiri dari kapsul yang berisi spora. Spora dilepaskan dari kapsul dan dapat tumbuh menjadi gametofit baru.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

3

0.0

Jawaban terverifikasi