Jessica S

10 Februari 2023 04:52

Iklan

Jessica S

10 Februari 2023 04:52

Pertanyaan

bagaimana proses pembuatan tepung?kenapa alergi tepung?

bagaimana proses pembuatan tepung?kenapa alergi tepung?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

23

:

39

:

48

Klaim

1

2


Iklan

Christensen D

10 Februari 2023 05:52

<p>proses pembuatan tepung</p><p><strong>1. Pertama Seleksi Gandum</strong><br>Tahap awal yaitu proses pemilihan gandum yang layak, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang memiliki tujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas. Pada tahap ini Anda harus bisa mengkelompokkan gandum yang sesudah dipanen ke dalam varietasnya masing-masing agar memudahkan prosesnya.</p><p><strong>2. Kedua Pembersihan</strong><br>Proses kedua yaitu pembersihan dilakukan setelah gandum selesai di seleksi karena gandum yang baru dipanen tentu masih kotor serta masih tercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya. Dalam proses ini juga gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum dapat di proses dengan mudah.</p><p><strong>3. Gristing</strong><br>Proses ketiga ialah Gristing merupakan proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Tahapan ini memiliki tujuan untuk memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Misalnya untuk mendapatkan tepung terigu yang memiliki protein tinggi harus di tambahkan gluten dengan kadar protein yang tinggi juga.</p><p><strong>4. Penggilingan</strong><br>Tahapan ke empat yaitu milling atau proses penggilingan. Dalam hal ini terdapat 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang memiliki bentuk seperti gulungan agar kulit arinya dapat terpisah dengan bagian dalam yang berwarna putih, kemudian akan mendapatkan bagian inti gandum, namun sebelum melanjutkan proses selanjutnya saringlah kulit ari terlebih dahulu agar tidak terbawa pada proses selanjutnya. Sedangkan untuk tahapan yang kedua yaitu pengubahan inti-inti gandum menjadi serbuk putih yang akhirnya diubah menjadi tepung terigu.</p><p><strong>5. Pengemasan</strong><br>Setelah gandum selesai digiling dan berubah bentuk menjadi tepung, maka proses selanjutnya yaitu pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu. Dikalangan masyarakat yang terkenal merupakan jenis tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah dan masih banyak lagi sehingga perlu mengemasnya dengan baik dan benar.</p><p>&nbsp;</p><p>kenapa alergi tepung&nbsp;</p><p>Gluten yang terdapat dalam tepung terigu jadi musuh dari banyak orang. <strong>Tingginya kandungan gluten dan protein memicu timbulnya ruam merah pada kulit</strong>. Pada beberapa kasus, mata berair dan diare juga menjadi reaksi yang dialami penderita. Untuk kamu yang alergi gluten, hindari konsumsi roti karena terbuat dari tepung.</p>

proses pembuatan tepung

1. Pertama Seleksi Gandum
Tahap awal yaitu proses pemilihan gandum yang layak, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang memiliki tujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas. Pada tahap ini Anda harus bisa mengkelompokkan gandum yang sesudah dipanen ke dalam varietasnya masing-masing agar memudahkan prosesnya.

2. Kedua Pembersihan
Proses kedua yaitu pembersihan dilakukan setelah gandum selesai di seleksi karena gandum yang baru dipanen tentu masih kotor serta masih tercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya. Dalam proses ini juga gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum dapat di proses dengan mudah.

3. Gristing
Proses ketiga ialah Gristing merupakan proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Tahapan ini memiliki tujuan untuk memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Misalnya untuk mendapatkan tepung terigu yang memiliki protein tinggi harus di tambahkan gluten dengan kadar protein yang tinggi juga.

4. Penggilingan
Tahapan ke empat yaitu milling atau proses penggilingan. Dalam hal ini terdapat 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang memiliki bentuk seperti gulungan agar kulit arinya dapat terpisah dengan bagian dalam yang berwarna putih, kemudian akan mendapatkan bagian inti gandum, namun sebelum melanjutkan proses selanjutnya saringlah kulit ari terlebih dahulu agar tidak terbawa pada proses selanjutnya. Sedangkan untuk tahapan yang kedua yaitu pengubahan inti-inti gandum menjadi serbuk putih yang akhirnya diubah menjadi tepung terigu.

5. Pengemasan
Setelah gandum selesai digiling dan berubah bentuk menjadi tepung, maka proses selanjutnya yaitu pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu. Dikalangan masyarakat yang terkenal merupakan jenis tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah dan masih banyak lagi sehingga perlu mengemasnya dengan baik dan benar.

 

kenapa alergi tepung 

Gluten yang terdapat dalam tepung terigu jadi musuh dari banyak orang. Tingginya kandungan gluten dan protein memicu timbulnya ruam merah pada kulit. Pada beberapa kasus, mata berair dan diare juga menjadi reaksi yang dialami penderita. Untuk kamu yang alergi gluten, hindari konsumsi roti karena terbuat dari tepung.


Iklan

Kurnia K

11 Februari 2023 00:24

Bagaimana proses tepung? Tahapan proses pengolahan tepung pada umumnya terdiri dari pemilihan bahan, pembersihan, pengcilan ukuran, pengeringan, penggilingan/ penepungan, dan penyaringan Kenapa alergi tepung? Gluten yang terdapat dalam tepung terigu jadi musuh dari banyak orang. Tingginya kandungan gluten dan protein memicu timbulnya ruam merah pada kulit. Gejala ‌Area nyeri: daerah perut atau sendi. ‌Jenis nyeri: panas di dada. ‌Gastrointestinal: begah, diare, lemak dalam tinja, mual atau flatulen ‌Juga umum: kegelisahan, kelelahan, kram, penurunan berat badan, ruam kulit atau ulkus mulut.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan