Monica K

31 Maret 2020 20:22

Iklan

Iklan

Monica K

31 Maret 2020 20:22

Pertanyaan

Bagaimana proses bergeraknya air laut


4

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Diah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

29 Desember 2021 06:46

Jawaban terverifikasi

Halo Monica, kakak bantu jawab ya Air laut bergerak karena adanya interaksi air laut tersebt dengan angin, interaksi bumi dengan planet lain, serta interaksi dengan bulan dan bintang. Pembahasan mengenai sistem gerakan air laut yang kompleks tersebut kemudian dipilah menjadi pembahasan yang lebih kecil. Sehingga gerak air laut dibedakan menjadi 3 yaitu arus laut, gelombang laut, dan pasang surut laut. 1. Arus Laut, yaitu gerakan massa air laut dari satu tempat ke tempat lainnya. Pergerakan tersebut terjadi karena pengaruh sinar matahari dan angin. Sinar matahari mengakibatkan perbedaan suhu air laut sehingga menimbulkan gaya yang berbeda pada air laut. Selain itu angin juga akan menyebabkan terbentuknya arus laut. 2. Gelombang Laut, yaitu sebuah ayunan air yang bergerak tanpa henti pada lapisan permukaan laut. Arus laut terjadi karena pengaruh angin, gempa di dasar laut, letusan gunung api, gerakan perahu, serta gaya gravitasi benda angkasa (bulan dan matahari). 3. Pasang Surut Laut, yaitu perubahan atau naik turunnya muka air laut secara periodik. Pasang surut terjadi karena pengaruh gravitasi benda angkasa (bulan dan matahari). Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

Khunute M

07 April 2020 05:13

proses terjadinya bergeraknya air laut itu kayaaknya melalui arus. alasannya karena arus adalah prese pergerakan masa air menuju kesetimbangan dan menyebabkan perpi dahan horizontal dan vertikal.


Kharisma P

02 April 2020 16:39

kesana dan kemari


Teguh T

04 April 2020 18:34

iya bisa jadi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Intan A

05 April 2020 08:38

Air laut bergerak mengikuti arus dan angin kayaknya


Maharani T

23 April 2020 23:03

setiap laut atau lautan memiliki gerakan air berbeda beda ada laut yang airnya bergerak tenang,sedang ,maupun deras.antara lain 1arus laut,2.gelombang laut 3. pasang air laut .


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ! Bulan lalu kebakaran hutan terjadi di Kalimantan Selatan. Penyebab kebakaran tersebut terjadi karena musim kemarau yang panjang sehingga memicu percikan api di lahan gambut.Pendekatan geografi yang tepat sesuai dengan paragraf di atas adalah.... ๏ฟผ

4

5.0

Lihat jawaban (1)