Resa K

13 November 2020 03:39

Iklan

Iklan

Resa K

13 November 2020 03:39

Pertanyaan

bagaimana prinsip kerja elemen kimia?


5

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dinda A

08 Februari 2022 02:26

Jawaban terverifikasi

Halo Resa, kaka coba bantu jawab ya Mungkin yang dimaksud yaitu cara kerja elemen kering pada baterai. Cara kerja elem kering pada baterai yaitu jika dua kutub sebuah sel dihubungkan dalam suatu rangkaian, maka akan terjadi reaksi kimia yang melibatkan batang karbon, seng, dan beberapa bahan kimia di dalam pasta. Hasilnya, batang karbon kekurangan elektron sehingga menjadi bermuatan positive. elektron-elektron yang mengumpul pada seng membuat seng kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negative pada sel kering tersebut. Akibatnya, timbullah arus listrik karena tegangan Zn lebih besar dari tegangan C sehingga mengalir dari Zn ke C.


Iklan

Iklan

A. Novi

13 November 2020 15:30

Jawaban: silahkan baca penjelasan Penjelasan: Prinsip dan cara kerja elemen kimia atau elemen volta Jika elektroda seng dan tembaga dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat, terjadilah reaksi kimia yang menyebabkan lempeng tembaga bermuatan listrik positif dan lempeng seng bermuatan listrik negatif. Hal ini menunjukkan bahwa lempeng tembaga memiliki beda potensial yang lebih tinggi daripada lempeng seng. Elektron akan mengalir dari keping elektroda seng ke keping elektroda tembaga. Jika kutub elemen volta ini dirangkaikan dengan lampu, arus listrik akan mengalir dari elektroda tembaga ke elektroda seng dan lampu akan menyala. Apakah nyala lampu akan bertahan lama? Beda potensial yang dihasilkan oleh elemen volta tidak bertahan lama dan lampu akan padam. Hal ini disebabkan oleh gelembung gas hidrogen yang dihasilkan oleh reaksi kimia larutan asam sulfat, akan melekat pada keping tembaga sehingga menghambat aliran elektron. gelembung hidrogen yang dihasilkan bersifat isolator.


A. Novi

13 November 2020 15:28

Jawaban: silahkan baca penjelasan Penjelasan:  Niania1 13.11.2016 Fisika Sekolah Menengah Pertama terjawab Jelaskan prinsip kerja elemen volta 1 LIHAT JAWABAN Masuk untuk menambahkan komentar Jawaban 3.8/5 25 tivonreggae Ambisius 29 jawaban 6.2 rb orang terbantu Prinsip dan Cara Kerja Elemen Volta Jika elektroda seng dan tembaga dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat, terjadilah reaksi kimia yang menyebabkan lempeng tembaga bermuatan listrik positif dan lempeng seng bermuatan listrik negatif. Hal ini menunjukkan bahwa lempeng tembaga memiliki beda potensial yang lebih tinggi daripada lempeng seng. Elektron akan mengalir dari keping elektroda seng ke keping elektroda tembaga. Jika kutub elemen volta ini dirangkaikan dengan lampu, arus listrik akan mengalir dari elektroda tembaga ke elektroda seng dan lampu akan menyala. Apakah nyala lampu akan bertahan lama? Beda potensial yang dihasilkan oleh elemen volta tidak bertahan lama dan lampu akan padam. Hal ini disebabkan oleh gelembung gas hidrogen yang dihasilkan oleh reaksi kimia larutan asam sulfat, akan melekat pada keping tembaga sehingga menghambat aliran elektron. gelembung gas hidrogen yang dihasilkan nersifat isolator.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

perhatikan gambar hasil pengukuran panjang kedua potong kayu berikut ini! Jika kayu X dan kayu Y di sambung memanjang,maka panjang kedua kayu tersebut adalah...

16

5.0

Lihat jawaban (1)