Alika W

05 Juni 2024 14:05

Iklan

Iklan

Alika W

05 Juni 2024 14:05

Pertanyaan

bagaimana peran nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari

bagaimana peran nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 14:10

Jawaban terverifikasi

<p>Penggunaan nanomtaerial sebagai bahan remediasi yakni menghilangkan dan menetralisir kontaminan air. Dengan nanomaterial yang berukuran kecil maka daoat digunakan untuk mendeteksi kontaminan yang sangat sensitif.</p><p>Nanoteknologi punya potensi dalam bidang energi dan ilmu lingkungan. Penerapannya digunakan dalam solar panel yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Sehingga di masa depan banyak alternatif sumber tenaga listrik selain nuklir, air, dan uap.</p><p>Nanoteknologi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat modern dan telah menjadi perhatian baru bagi para peneliti global. Nanoteknologi memiliki cakupan material yang sangat luas dan akan berperan penting dalam perkembangan teknologi masa depan.</p>

Penggunaan nanomtaerial sebagai bahan remediasi yakni menghilangkan dan menetralisir kontaminan air. Dengan nanomaterial yang berukuran kecil maka daoat digunakan untuk mendeteksi kontaminan yang sangat sensitif.

Nanoteknologi punya potensi dalam bidang energi dan ilmu lingkungan. Penerapannya digunakan dalam solar panel yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Sehingga di masa depan banyak alternatif sumber tenaga listrik selain nuklir, air, dan uap.

Nanoteknologi memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan masyarakat modern dan telah menjadi perhatian baru bagi para peneliti global. Nanoteknologi memiliki cakupan material yang sangat luas dan akan berperan penting dalam perkembangan teknologi masa depan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

Dijawab 5 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Nanomaterial memiliki peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki sifat dan karakteristik unik yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Beberapa peran penting nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari meliputi:</p><p><strong>Industri Elektronik dan Komputer</strong>: Nanomaterial digunakan dalam pembuatan komponen elektronik seperti transistor dan kapasitor. Selain itu, nanomaterial seperti graphene juga digunakan dalam pengembangan perangkat semikonduktor yang lebih efisien dan berkinerja tinggi.</p><p><strong>Kesehatan dan Kedokteran</strong>: Nanomaterial digunakan dalam bidang biomedis untuk pengembangan obat-obatan yang lebih efektif dan metode diagnosis yang lebih sensitif. Misalnya, nanopartikel obat dapat memberikan pengiriman obat yang tepat sasaran dalam tubuh.</p><p><strong>Industri Makanan dan Minuman</strong>: Nanomaterial digunakan dalam pengemasan makanan untuk meningkatkan ketahanan, keamanan, dan kualitas produk. Selain itu, nanopartikel juga digunakan sebagai aditif untuk meningkatkan sifat organoleptik produk makanan.</p><p><strong>Energi Terbarukan</strong>: Nanomaterial seperti nanotube karbon digunakan dalam pengembangan sel surya yang lebih efisien dan baterai dengan kapasitas penyimpanan energi yang lebih tinggi.</p><p><strong>Tekstil dan Pakaian</strong>: Nanomaterial digunakan dalam pembuatan kain anti-bakteri, anti-air, dan anti-bau. Selain itu, nanoteknologi juga digunakan dalam produksi kain anti-noda dan tahan luntur.</p><p><strong>Pembersihan Lingkungan</strong>: Nanomaterial digunakan dalam pengembangan teknologi pencemar air dan udara yang lebih efektif. Misalnya, nanopartikel logam berat dapat digunakan untuk menghilangkan polutan dari air limbah.</p><ol><li><br>&nbsp;</li></ol>

Nanomaterial memiliki peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki sifat dan karakteristik unik yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Beberapa peran penting nanomaterial dalam kehidupan sehari-hari meliputi:

Industri Elektronik dan Komputer: Nanomaterial digunakan dalam pembuatan komponen elektronik seperti transistor dan kapasitor. Selain itu, nanomaterial seperti graphene juga digunakan dalam pengembangan perangkat semikonduktor yang lebih efisien dan berkinerja tinggi.

Kesehatan dan Kedokteran: Nanomaterial digunakan dalam bidang biomedis untuk pengembangan obat-obatan yang lebih efektif dan metode diagnosis yang lebih sensitif. Misalnya, nanopartikel obat dapat memberikan pengiriman obat yang tepat sasaran dalam tubuh.

Industri Makanan dan Minuman: Nanomaterial digunakan dalam pengemasan makanan untuk meningkatkan ketahanan, keamanan, dan kualitas produk. Selain itu, nanopartikel juga digunakan sebagai aditif untuk meningkatkan sifat organoleptik produk makanan.

Energi Terbarukan: Nanomaterial seperti nanotube karbon digunakan dalam pengembangan sel surya yang lebih efisien dan baterai dengan kapasitas penyimpanan energi yang lebih tinggi.

Tekstil dan Pakaian: Nanomaterial digunakan dalam pembuatan kain anti-bakteri, anti-air, dan anti-bau. Selain itu, nanoteknologi juga digunakan dalam produksi kain anti-noda dan tahan luntur.

Pembersihan Lingkungan: Nanomaterial digunakan dalam pengembangan teknologi pencemar air dan udara yang lebih efektif. Misalnya, nanopartikel logam berat dapat digunakan untuk menghilangkan polutan dari air limbah.


  1.  

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah yang dimaksud perubahan dalam kebijakan luar negeri di Indonesia? bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk memperkuat hubungan diplomatik dan kerja sama internasional?

5

0.0

Jawaban terverifikasi