Rafael M

06 Maret 2024 11:13

Iklan

Iklan

Rafael M

06 Maret 2024 11:13

Pertanyaan

Bagaimana pengaruh konsentrasi larutan terhadap penurunan tekanan uap jenuh larutan?

Bagaimana pengaruh konsentrasi larutan terhadap penurunan tekanan uap jenuh larutan?


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

J. SIREGAR

07 Maret 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah hubungan konsentrasi larutan dengan penurunan tekanan uap larutan adalah <strong>berbanding lurus artinya semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan atau sebaliknya</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>Jika air yang diuapkan ditambahkan dengan zat terlarut (tidak mudah menguap) pada tekanan dan suhu tertentu, maka air dalam larutan tersebut akan menguap dan menyebabkan adanya tekanan uap pelarut. Tekanan uap pelarut akan turun harganya bila ada pelarut yang ditambahkan oleh zat terlarut. Penambahan zat terlarut ke dalam pelarut akan menyebabkan penurunan tekanan uap. Penurunan tekanan uap larutan dirumuskan sebagai berikut:</p><p>∆P = Xt × P°</p><p>Keterangan :</p><ul><li>P = penurunan tekanan uap larutan</li><li>P° = tekanan uap pelarut murni</li><li>X<sub>t </sub>= mol zat terlarut</li></ul><p>Berdasarkan rumus diatas dapat disimpulkan semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan. Hal ini karena sifat koligatif suatu larutan bergantung pada jumlah partikel zat terlarut.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Jadi,, hubungan konsentrasi larutan dengan penurunan tekanan uap larutan adalah berbanding lurus artinya semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan atau sebaliknya</u>.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Jawabannya adalah hubungan konsentrasi larutan dengan penurunan tekanan uap larutan adalah berbanding lurus artinya semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan atau sebaliknya.

 

Jika air yang diuapkan ditambahkan dengan zat terlarut (tidak mudah menguap) pada tekanan dan suhu tertentu, maka air dalam larutan tersebut akan menguap dan menyebabkan adanya tekanan uap pelarut. Tekanan uap pelarut akan turun harganya bila ada pelarut yang ditambahkan oleh zat terlarut. Penambahan zat terlarut ke dalam pelarut akan menyebabkan penurunan tekanan uap. Penurunan tekanan uap larutan dirumuskan sebagai berikut:

∆P = Xt × P°

Keterangan :

  • P = penurunan tekanan uap larutan
  • P° = tekanan uap pelarut murni
  • Xt = mol zat terlarut

Berdasarkan rumus diatas dapat disimpulkan semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan. Hal ini karena sifat koligatif suatu larutan bergantung pada jumlah partikel zat terlarut. 

 

Jadi,, hubungan konsentrasi larutan dengan penurunan tekanan uap larutan adalah berbanding lurus artinya semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar penurunan tekanan uap larutan atau sebaliknya.

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh kebijakan Raffles terhadap kehidupan masyarakat Indonesia min. 3

3

0.0

Jawaban terverifikasi