Fira A

17 Maret 2020 03:32

Iklan

Iklan

Fira A

17 Maret 2020 03:32

Pertanyaan

bagaimana mekanisme daur nitrogen


12

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Chanisya

11 Januari 2022 13:03

Jawaban terverifikasi

Halo Fira, kakak bantu jawab ya. Daur nitogen dapat dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu fiksasi nitrogen, amonifikasi, nitrifikasi, asimilasi, dekomposisi, dan denitrifikasi. Sekarang mari kita bahas! Daur nitrogen merupakan salah daur siklus biogeokimia, pada daur nitrogen akan terjadi daur ulang atau perubahan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik dan kemudian kembali menjadi nitrogen anorganik. Daur nitogen dapat dibagi menjadi beberapa tahapan. Berikut merupakan penjelasan mengenai tahapan daur nitrogen: 1. Fiksasi nitrogen adalah proses pengikatan nitrogen bebas di udara oleh bakteri fiksasi nitrogen yaitu ๐˜™๐˜ฉ๐˜ช๐˜ป๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฎ, ๐˜ˆ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜‹๐˜ช๐˜ข๐˜ป๐˜ฐ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ง. Nitrogen kemudian akan diubah menjadi nitrogen. 2. Amonifikasi terjadi pada akar tumbuhan, nitrogen diubah menjadi ammonia (NHโ‚ƒ). 3. Pada tahapan nitrifikasi, ammonia akan diubah menjadi ammonium (NHโ‚„โบ). Ammonium kemudian diubah menjadi nitrat (NOโ‚ƒโป) atas bantuan bakteri ๐˜•๐˜ช๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ด pada akar. 4. Asimilasi adalah proses penyerapan nutrisi oleh tanaman. Tanaman akan menyerap senyawa nitrogen dalam bentuk ion amonium (NHโ‚„โบ) dan nitrat (NOโ‚ƒโป). yang telah bercampur dengan air. 5. Dekomposisi merupakan proses penguraian organisme yang sudah mati, sehingga akan dilepaskan ammonia (NHโ‚„โบ) di dalam tanah. 6. Denitrifikasi merupakan proses dimana ammonia akan diubah menjadi nitrat (NOโ‚ƒโป) untuk digunakan tanaman dan untuk diubah kembali menjadi nitrogen sehingga dapat kembali lagi ke atmosfer dengan bantuan bakteri denitrifikasi seperti ๐˜—๐˜ด๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ด dan ๐˜Š๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ต๐˜ณ๐˜ช๐˜ฅ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฎ. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Iskia A

20 Maret 2020 14:22

Tahap pertama daur nitrogen adalah transfer nitrogen dari atmosfer ke dalam tanah. Selain air hujan yang membawa sejumlah nitrogen, penambahan nitrogen ke dalam tanah terjadi melalui proses fiksasi nitrogen yang dapat dilakukan oleh bakteri yang dapat mengikat nitrogen seperti bakteri rhizobium dan azetobacter. Selain itu, ganggang hijau-biru dalam air juga memiliki nitrogen


Iskia A

20 Maret 2020 14:25

Tahap kedua, nitrat yang dihasilkan oleh fiksasi biologis digunakan oleh produsen (tumbuhan) diubah menjadi molekul protein. Selanjutnya jika tumbuhan atau hewan mati, makhluk penguraiย merombaknya menjadi gas amoniak dan garam amonium yang larutย dalam air. Proses ini disebut dengan amonifikasi. Selanjutnya adalah proses nitrifikasi. Bakteri nitrifikasi (Nitrosomonas) mengubah amoniak dan senyawa amonium menjadi nitrat oleh bakteri nitfrifikasi lainnya (Nitrobacter). Apabila oksigen dalam tanah terbatas, nitrat dengan cepat ditransformasikan menjadi gas nitrogen atau oksida nitrogen oleh proses yang disebut denitrifikasi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan dampak pencemaran lingkungan

4

0.0

Jawaban terverifikasi