Gracia E

20 Juli 2023 07:28

Iklan

Gracia E

20 Juli 2023 07:28

Pertanyaan

Bagaimana mana gempa bumi bisa terjadi?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

01

:

41

:

22

Klaim

26

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Marisa M

20 Juli 2023 12:25

Jawaban terverifikasi

<p>Indonesia dilaiui tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.</p><p>&nbsp;Jika dia lempeng saling bertemu, keduanya bisa saling bergeser. Biasanya hal ini tidak dapat dirasakan manusia.&nbsp;</p><p>Ada saatnya, gerakan lempeng ini saling mengunci sehingga terjadi kumpulan energi yg berlangsung terus menerus. Kemudian bantuan pada lempeng tektonik yg tidak kuat menahan gerakan tersebut,, sehingga terjadi pelepasan energi mendadak. Saat itulah terjadi peristiwa yang disebut gempa bumi...&nbsp;</p><p>Semoga membantu.. &gt;&gt;πŸ˜‰</p>

Indonesia dilaiui tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

 Jika dia lempeng saling bertemu, keduanya bisa saling bergeser. Biasanya hal ini tidak dapat dirasakan manusia. 

Ada saatnya, gerakan lempeng ini saling mengunci sehingga terjadi kumpulan energi yg berlangsung terus menerus. Kemudian bantuan pada lempeng tektonik yg tidak kuat menahan gerakan tersebut,, sehingga terjadi pelepasan energi mendadak. Saat itulah terjadi peristiwa yang disebut gempa bumi... 

Semoga membantu.. >>πŸ˜‰


Gracia E

20 Juli 2023 12:29

Terimakasih 😁

β€” Tampilkan 2 balasan lainnya

Iklan

Rendi R

Community

20 Juli 2023 07:55

Jawaban terverifikasi

<p>bantu jwb ya kak, sebelumnya maap klo ga sesuai</p><p>&nbsp;</p><p>Gempa bumi terjadi sebagai hasil dari pelepasan energi yang terjadi di dalam kerak bumi. Energi ini dapat dilepaskan secara tiba-tiba ketika ada pergerakan yang cepat pada lempeng tektonik di dalam kerak bumi. Pergerakan ini menyebabkan retakan atau patahan pada batuan di sekitarnya, dan energi yang terakumulasi dilepaskan dalam bentuk getaran yang menyebar melalui bumi, yang dikenal sebagai gelombang seismik.</p><p>&nbsp;</p><p>Ada beberapa jenis gempa bumi, tetapi yang paling umum adalah gempa bumi tektonik, yang disebabkan oleh aktivitas tektonik di lempeng bumi. Ketika dua lempeng bertemu, saling terpisah, atau bergeser satu sama lain, tekanan yang terbentuk akibat gesekan dan gesekan ini melepaskan energi dalam bentuk gempa bumi.</p><p>&nbsp;</p><p>Berikut beberapa penyebab umum terjadinya gempa bumi:</p><p>1. Gempa Bumi Tektonik: Terjadi akibat pergerakan dan interaksi antara lempeng tektonik di permukaan bumi. Pergerakan lempeng ini menyebabkan retakan atau patahan pada batuan, yang menyebabkan pelepasan energi dalam bentuk gempa.</p><p>2. Gempa Bumi Vulkanik: Terjadi di sekitar gunung berapi dan disebabkan oleh aktivitas magma di bawah permukaan bumi. Ketika magma naik ke permukaan dan menyebabkan letusan, energi dilepaskan dalam bentuk gempa bumi.</p><p>3. Gempa Bumi Tektonik Dalam: Terjadi jauh di bawah permukaan bumi dan disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi di lapisan yang lebih dalam.</p><p>4. Gempa Bumi Guncangan: Terjadi karena aktivitas manusia, seperti peledakan tambang atau reservoir air besar.</p><p>&nbsp;</p><p>gempa bumi adalah fenomena alam yang tidak dapat dihindari, tetapi dengan pemahaman yang lebih baik tentang prosesnya, penelitian seismik, peringatan dini, dan infrastruktur yang kuat, dampaknya pada manusia dan lingkungan dapat dikurangi.</p>

bantu jwb ya kak, sebelumnya maap klo ga sesuai

 

Gempa bumi terjadi sebagai hasil dari pelepasan energi yang terjadi di dalam kerak bumi. Energi ini dapat dilepaskan secara tiba-tiba ketika ada pergerakan yang cepat pada lempeng tektonik di dalam kerak bumi. Pergerakan ini menyebabkan retakan atau patahan pada batuan di sekitarnya, dan energi yang terakumulasi dilepaskan dalam bentuk getaran yang menyebar melalui bumi, yang dikenal sebagai gelombang seismik.

 

Ada beberapa jenis gempa bumi, tetapi yang paling umum adalah gempa bumi tektonik, yang disebabkan oleh aktivitas tektonik di lempeng bumi. Ketika dua lempeng bertemu, saling terpisah, atau bergeser satu sama lain, tekanan yang terbentuk akibat gesekan dan gesekan ini melepaskan energi dalam bentuk gempa bumi.

 

Berikut beberapa penyebab umum terjadinya gempa bumi:

1. Gempa Bumi Tektonik: Terjadi akibat pergerakan dan interaksi antara lempeng tektonik di permukaan bumi. Pergerakan lempeng ini menyebabkan retakan atau patahan pada batuan, yang menyebabkan pelepasan energi dalam bentuk gempa.

2. Gempa Bumi Vulkanik: Terjadi di sekitar gunung berapi dan disebabkan oleh aktivitas magma di bawah permukaan bumi. Ketika magma naik ke permukaan dan menyebabkan letusan, energi dilepaskan dalam bentuk gempa bumi.

3. Gempa Bumi Tektonik Dalam: Terjadi jauh di bawah permukaan bumi dan disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi di lapisan yang lebih dalam.

4. Gempa Bumi Guncangan: Terjadi karena aktivitas manusia, seperti peledakan tambang atau reservoir air besar.

 

gempa bumi adalah fenomena alam yang tidak dapat dihindari, tetapi dengan pemahaman yang lebih baik tentang prosesnya, penelitian seismik, peringatan dini, dan infrastruktur yang kuat, dampaknya pada manusia dan lingkungan dapat dikurangi.


Gracia E

20 Juli 2023 07:57

Memang pas Rendi lagi pula kan kamu udah jawab dengan panjang 😁

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan