Yourirfa S

17 Mei 2024 13:25

Iklan

Iklan

Yourirfa S

17 Mei 2024 13:25

Pertanyaan

bagaimana literasi digital dapat merawat kebinekaan bangsa?

bagaimana literasi digital dapat merawat kebinekaan bangsa?


7

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salman A

17 Mei 2024 22:50

Jawaban terverifikasi

Dengan literasi digital, kita bisa ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฏ๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ถ๐˜ ๐—ถ๐˜€๐˜‚-๐—ถ๐˜€๐˜‚ ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐˜€๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ป๐—ฒ๐—ด๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ. Selain itu, literasi digital juga membuat kita bisa menyaring informasi yang bisa memecah kebinekaan. Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan pengguna. Sebagai informasi, literasi digital adalah kemampuan untuk memahami informasi berbasis teknologi dengan baik. Artinya, kita bisa cakap memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi dan jaringan internet. Menurut David Bawden, literasi digital terdiri atas beberapa aspek. Aspek literasi digital meliputi: 1. Kemampuan membangun informasi dari berbagai sumber terpercaya. 2. Kemampuan menyajikan dan memahami informasi dengan verifikasi, validitas, dan kelengkapan sumber di internet. 3. Kemampuan membaca dan memahami isi informasi yang tidak berurutan dan berubah-ubah. 4. Kemampuan menghubungkan informasi dalam media konvensional seperti koran dengan media berjaringan seperti internet. 5. Kemampuan menyaring atau memilah informasi yang diperoleh. 6. Kemampuan mengomunikasikan dan membagikan informasi. Aspek literasi digital ini bisa dijadikan acuan dalam memberikan literasi digital kepada masyarakat luas.


Iklan

Iklan

Putu N

17 Mei 2024 23:51

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Literasi digital dapat merawat kebinekaan bangsa dengan menyediakan akses informasi yang luas dan beragam, memfasilitasi komunikasi lintas budaya, dan memperkuat pemahaman bersama tentang isu-isu sosial dan politik.</li><li>Literasi digital juga dapat membantu masyarakat mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam masyarakat informasi global, seperti menggunakan teknologi komunikasi dan media sosial.</li><li>Selain itu, literasi digital dapat mempromosikan inklusi dan kesetaraan dengan memberikan akses yang sama kepada semua individu untuk mengkritik dan memantau media secara kritis.</li></ol><p>Dengan demikian, literasi digital memiliki peran penting dalam merawat kebinekaan bangsa dengan cara meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan inklusi dalam masyarakat informasi global.</p>

  1. Literasi digital dapat merawat kebinekaan bangsa dengan menyediakan akses informasi yang luas dan beragam, memfasilitasi komunikasi lintas budaya, dan memperkuat pemahaman bersama tentang isu-isu sosial dan politik.
  2. Literasi digital juga dapat membantu masyarakat mengembangkan keterampilan digital yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam masyarakat informasi global, seperti menggunakan teknologi komunikasi dan media sosial.
  3. Selain itu, literasi digital dapat mempromosikan inklusi dan kesetaraan dengan memberikan akses yang sama kepada semua individu untuk mengkritik dan memantau media secara kritis.

Dengan demikian, literasi digital memiliki peran penting dalam merawat kebinekaan bangsa dengan cara meningkatkan pemahaman, partisipasi, dan inklusi dalam masyarakat informasi global.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya diskriminasi di masyarakat adalah A Melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya toleransi dan saling menghormati. B Semua jawaban di atas benar. C Memperkuat peran lembaga-lembaga yang menangani masalah diskriminasi. D Menerapkan hukum yang tegas bagi pelaku diskriminasi. SOAL SEBELUMNYA RAGU-RAGU SOAL

8

0.0

Jawaban terverifikasi